Home » » Komunitas Rakom Seputar Jabotabek

Komunitas Rakom Seputar Jabotabek

Dunia Rakom atau radio komunikasi menggunakan Rig atau HT di tunjang dengan fasilitas Repeater atau Pancar Ulang (RPU) menjadi komunikasi antar pengguna semakin baik.  Beberapa komunitas Rakom briker / ngebrik masih cukup di mininati baik mobile maupun di base station (rumah).
Beberapa komunitas Rakom ini teryata  masih bisa di jumpai di seputaran jabotabek dan di mininati pula oleh warga ibukota khususnya.  Kalau anda dijalan melihat kendaraan dengan antenna tinggi kemungkinan besar itu digunakan untuk rakom.  Ataupun di perumahan menggunakan antenna yg tinggi berjenih Telex atau helical.  
Bahkan kadang dapat kita temui pengedera roda dua dengan antenna juga memanfaatkan fasilitas rakom untuk saling berkomunikasi. Saya mencoba mengajak beberapa komunitas Rakom yg ada di Jabotabek antara lain :



Komunitas 494
Untuk Rakom Mobil atau stasiun bergerak yg cukup dikenal adalah komunitas 494 diseputaran Jakarta, siapapun bisa saling sapa di frekuesi ini secara direct.  Ada banyak rekan dipagi hari yg bisa kita temui untuk di ajak berkomunikasi. Yg terpenting menyapa dgn sopan dan menyebutkan nama atau identitas kita, banyak hal yg bisa kita bicarakan dgn frekuensi ini dgn santai, krn memang tujuannya untuk menghilangkan jenuh di tengah kemacetan Jakarta.
Komunitas 222
Selain itu masih ada komunitas stasiun bergerak lainnya, dikenal dgn triple dua (222), komunitas ini sdh memanfaatkan RPU (pancar ulang) di frekuensi 142. 220 (lokal Pondok gede) tapi setiap pagi dan sore ramai digunakan sebagai sarana komunikasi antar pengguna khususnya yg sedang bergerak (mobile). 
Dengan menggunakan HT masih bisa menangkap dengan jelas apabila kita di sekitara Jakarta Timur hingga ke cikarang.  Modulasi masih jelas terdengar. Untuk masuk ke frekuensi ini krn menggunakan RPU maka perlu di setting untuk Input dan Tonenya. Kalau tidak kita hanya bisa mendengarkan saja.
Komunitas 033
Komunitas ini punya jorgan “Frekuensi kebersamaan” para brikernya mulai dari Jakarta Timur, hingga Sukabumi, baik stasiun bergerak dgn KR4 atau KR2.  Sebenarnya RPU 033 ini milik anggota Rapi di bojong Gede, dgn posisi RPU di Gunung salak sehingga pancarannya cukup jauh.  RPU ini selalu ramai sepanjang hari, rata-rata anggotanya cukup elocme dgn pengguna pemula yg belum memiliki call-sign.  Karena menggunakan RPU tentunya perlu di setting untuk Input dan Tonenya. Kalau tidak kita hanya bisa mendengarkan saja.
Komunitas 031
Komunitas ini sudah lama berdiri bahkan anggotanya sdh banyak, namun krn suatu hal RPU 031 ini sempat vakum. Tapi Kini 031 hadir kembali kalau tidak salah bulan Agutus 2018, di fasilitasi oleh Rapi Bogor dan Komunitas Mobil di Banten akhirnya 031 dapat kembali hadir.   RPU ini dipancarkan dari Gunung  salak sehingga memancar sangat baik diterima oleh pengguna di Jabotabek.  Komunitas 031 terbuka bagi briker untuk bergabung di RPU ini anda dapat mensetting perangkat HT/Rig  dengan settingan :

  • Output :140.310
  •  Input : 140.30
  • Tone : 88.5

Pengalaman Rekan-rekan yg sudah mencoba, dgn HT saja masih bisa di terima dgn baik.

Komunitas 017
Teryata banyak juga ya komunitas briker yg bermain di frekuensi 140.xxx, salah satunya frekuensi 140.170 atau yg lebih dikenal dgn 017. Selama pemantaun kami, frekuensi ini  milik komunitas Rapi bekasi tepatnya seputaran Jati Asih.  Dapat diterima sempurna untuk rekan-rekan di daerah Jakarta Timur dan bekasi tentunya.  Karena menggunakan RPU tentunya perlu di setting untuk Input dan Tonenya.  Untuk  mengetahui  Input dan Tonenya, rekan-rekan bisa direct ke member yg sedang mengudara.  Biasanya mereka akan menginformasikannya. 
Frekuensi RPU lainnya sbb :

·        143.700  (RPU Rapi Kramat Jati)
·        143.550  (RPU Rapi Nasional)
·        143.757  (RPU Rapi DKI Jakarta 1)
·        143.720  (RPU Rapi DKI Jakarta 2)
·        143.200  (RPU Tangerang Raya – Halimun)


·        Akan ditambahkan bila ada frekuensi lainnya.
Sedangkan Frekuensi non RPU alias direct (Jabotabek)

·        141.020 ( Depok dan sekitarnya)
·        141.660 ( Jakarta Timur sekitarnya)
·        141.380 ( Jaktim dan Jaksel)
·        Akan ditambahkan bila ada frekuensi lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar yang temen-teman berikan, semoga bermanfaat bagi kita bersama. Salam dari Gappala

 
Site Support : Komunitas Archive Gappala | Komunitas Petualang Indonesia
Copyright © 2013. Gappala Unity - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gappala
Proudly powered by Blogger