Home » » ULAR & PENDAKI

ULAR & PENDAKI

Komunitas Petualang Indonesia ::

Petualangan Alam Terbuka => Mendaki Gunung => Topic started by: jenggot on April 09, 2007, 09:17:38 AM



Title: ULAR & PENDAKI
Post by: jenggot on April 09, 2007, 09:17:38 AM
Ular dan Pendaki

Pentingnya Mengenal Ular
Jika suatu ketika kita bertemu ular, segeralah diam, jangan melakukan gerakan, apalagi berteriak, meskipun ular termasuk binatang yang tidak bisa mendengar. Kemudian kenali jenis ular tersebut, perhitungkan jarak kita dengan ular agar kita dapat melakukan tindakan selanjutnya dengan mengalihkan perhatian si ular tadi.
sekilas, tip ketika kita bertemu ular di atas tampak mudah untuk dilakukan. Namun nyatanya, banyak dari kita malah melakukan tindakan yang berlawanan dengan tip di atas. Selain refleks untuk bergerak atau lari, biasanya kita juga berteriak. Kalau pada saat itu kita kebetulan bertemu ular beracun, celakalah kita! Karena bakal dikejar dan digigit.
Bahayanya lagi kalau kita sama sekali tidak mengerti tentang seluk-beluk ular sehingga tidak tahu mana ular yang berbisa atau tidak, mana yang berbahaya atau bersahabat. Nah untuk itulah seyogianya kita mengenal ular. Karena ular ada di mana saja, di alam bebas atau di sekitar rumah kita sekalipun.

Perlu diingat, ular hanya akan menggigit bila mulutnya atau tubuhnya sedang sakit, atau dia sedang hamil atau sedang mencari jodoh saat bulan purnama. Maka dari itu jangan sekali-kali bergiat di alam terbuka pada malam hari tanpa penerangan, dan waspada bila bergiat saat bulan purnama, sebab biasannya itu musim mereka (ular) mencari jodoh.
Satu tip agar Anda terhindar atau paling tidak mengurangi risiko bertemu ular adalah dengan memberikan bau-bauan seperti minyak tanah, parfum atau bensin di sekitar tenda jika kita berkemah. Sebab itu terbukti lebih efektif dibanding garam. Selain itu ular segan dengan binatang berkuku tajam seperti kucing. source SIOUX

Tiga Jenis Ular Berbahaya Ditemukan Di Papua
SIAPA bilang ular kobra paling berbahaya? Kini kobra memiliki saingan baru. Peneliti dari Badan Suaka Alam Dunia (WWF), yang pernah melakukan penelitian di kawasan hutan belantara Irian Jaya, menemukan tiga jenis ular yang lebih berbahaya dari ular cobra.
Tiga jenis ular yang sikapnya agresif menyerang dengan gigitan yang mematikan itu adalah Papuan Snake, Papuan Black Snake, dan Papuan Whip Snake. Menurut laporan peneliti itu, Papuan Taipan Snake kepalanya panjang dua hingga tiga meter, perutnya berwarna kuning cream dengan noda-noda jingga.

Pada bagian punggungnya bergaris jingga bila ular ini dalam keadaan marah dan kalau hendak menyerang mangsanya, pupil mata semakin bulat. Habitat hidup ular tersebut adalah padang rumput dan di kawasan hutan yang berbatu. Ular jenis ini jika mendengar bunyi telapak kaki orang atau binatang yang lewat di dekatnya langsung menyerang dan menggigitnya.

Ular jenis Papuan Taipan Snake sangat aktif di siang hari, terutama pada musim hujan. Sedang ular jenis Papuan Black Snake aktif dalam segala cuaca dan gigitannya beracun dan setelah menggigit sulit di lepas kalau tidak ditarik. Jenis ular ini panjangnya sekitar dua meter, berwarna hitam kecoklatan dan perutnya berwarna biru laut. Ular ini hidup bebas di pepohonan, rerumputan atau semak.

Sementara ular jenis Papuan Whip Snake, habitatnya di tempat kering. ular yang satu ini banyak dijumpai di wilayah Pantai Selatan Irja dan aktif pada musim kemarau. Ular tersebut panjangnya mencapai 1,5 meter, warna kepalanya coklat tua, dagu dan bibir bagian bawah berwarna putih dan cream di sekitar mata. Ular ini badannya kurus berwarna kuning berbintik hitam kemerahan, ekornya berwarna coklat tua, mata besar, gerakannya sangat gesit jika memagut lawan.

Tiga jenis ular Papua itu harus diwaspadai karena gigitannya beracun dan mematikan. Masyarakat selama ini mengira tidak ada ular lain di dunia yang berbahaya seperti kobra, katanya.

Menurut data WWF, kematian terbanyak penduduk di pedalaman Irja diduga akibat gigitan tiga jenis ular tersebut.
source Antara


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: jenggot on April 09, 2007, 09:27:17 AM
The World's 5 most Deadly Snakes

5.Micrurus fulvius (Coral)
http://h.1asphost.com/jenggot/snakeCoral5.jpg

4.Echis carinatus(Viper)
http://h.1asphost.com/jenggot/snakessViper4.jpg

3.Bungarus candidus(Krait/Welang)
http://h.1asphost.com/jenggot/Welang3.jpg

2.Pseudonaja textilis(Brown)
http://h.1asphost.com/jenggot/snakeBrown2.jpg

1.Oxyuranus microlepidotus(Fierce)
http://h.1asphost.com/jenggot/snakeFierce1.jpg


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: Ho Chi Minh on April 09, 2007, 12:30:01 PM
MakNyuss.. makNyuuS..

iki baru top Mark*t*p..
mBah.. bagi site yg lbh lengkap lg dunksz..

mBah.. kok blm dikirimi artikel ttg BACKPACKING nye..
ditungguin nihh!!

thanks



Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: GENDON on April 09, 2007, 03:42:35 PM
Tambahan aja :
Ada 1 lg ular berbisa yang bisa hidup di segala medan, julukan nya " Trousers Snake ", kalo orang Jawa bilang, " Uler Katok " ....


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: djoko on April 10, 2007, 11:26:05 AM
Masih ingat pelajaran bagi pramuka ditahun 1965an dulu ( dulu istilah pramuka masih baru. Atau masih pandu ? ). Kalau kita berkemah, supaya ular tidak mendatangi / masuk ke tenda kita, gelar tali ijuk ( tali dari ijuk yang hitam dan ada "nyrongot-nyrongot"nya itu ) di tanah melingkari sekeliling tenda.

Katanya sih ular nggak mau melintasi tali ijuk ( mungkin perutnya geli kalau kena "sikat gigi" kayak itu ).
Entah benar entah cuman gosip infotainment nggak tahu deh. Mungkin perlu dicoba.


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: DjieBot on April 10, 2007, 11:30:58 AM
Oh iya...gw mau mastiin nih...kalo kata emak-emak ato kolot baheula, ular itu takut ama garam. makanya di sekeliling tenda juga perlu ditaburi garam....kenapa ya ya ular takut garam....???

apa dia takut nasibnya sama kaya ikan yang diasinin...???( ikan asin ato asinan ikan, apalah namanya itu....) heheheh....


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: dZIEL on April 10, 2007, 02:46:05 PM
bisa jadi tu ular takut Darah tinggi,,,, ;D
secara tu tampang ular dah pada sanggar,
die ga pada mo lebih serem lagi... ;D ;D

tapi, gw sering denger juga apa kata mas djoko tuch,
kalo tali ijuk bikin ular malas/ga mau lewat.


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: jenggot on April 13, 2007, 03:43:38 AM
ndon.... ular lu dah dikandangin belum?
jangan sampe lepas di alam liar ya...... :D :D :D

khusus ewin ga usah comment post gw ini.....
lu kan mo SPMB jgn ngikut obrolan pensiunan. ;D ;D


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: Ho Chi Minh on April 13, 2007, 09:56:56 AM
nasib.. nasib..!!
da disuruh ronda malem mulu..
ehh, skarang malah dilarang ngePost..


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: hijjau on May 01, 2007, 12:14:24 PM
ada yang tahu mungkin, pohon apa saja yg ditakuti ular atau yang membuat mereka 'nggak mau dekat2.


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: djoko on May 01, 2007, 03:20:21 PM
Seingat saya, saya pernah baca tulisan/teori bahwa semua jenis ular -khususnya ular yang jiwanya sehat- ternyata takut ama pohon terbakar. Entah mengapa mereka nggak berani mendekati pohon terbakar.


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: djoko on May 02, 2007, 09:19:03 AM
Gimana , apa ada yang sudah pernah lihat pohon yang nama daerahnya pohon kebakar ? Nama latinnya Fireangus Javanica Kobongius. Ada ribuan species didunia ini, tapi paling banyak ditemukan dihutan tropis Indonesia terutama di Kalimantan dan Sumatera.

Ciri-ciri pohon Kobongius : Hidup dielevasi antara 5 - 2500 mdpl. warna batangnya merah membara. Yang lebih tua lagi warnanya hitam kelam. Kurang menyukai air ( kalau kebanyakan air malah mati ).

Populasinya melonjak pada musim kemarau. Suka bersemi dalam kelompok- kelompok hutan vegetasi hot spot.

Jenis pohon ini disukai para petani/peladang lokal tapi sangat ditakuti oleh ular. Bukan hanya ular yang takut , tapi para pemilik ular ( apalagi yg memiliki profesi sebagai pilot ) juga takut. Kata mereka banyaknya hutan pohon Kobongius bisa mengurangi jarak pandang.

Orang Malaysia & Singapore sangat tidak menyukai pohon jenis ini ( mungkin mereka sebetulnya cuman iri karena nggak punya jenis vegetasi yang sangat potensial itu -sangat laku dieksport oleh Indonesia )

{ ngomong-ngomong soal eksport, saya sekalian nitip mengingatkan/warning teman-teman semua, khususnya yang bidang pekerjaannya banyak berurusan dengan L/C Letter of Credit dan Peraturan Perdagangan Internasional , apakah anda eksportir, importer atau sekedar karyawan bagian exim, waspadai dan pelajarilah mulai sekarang, karena mulai 1 Juli 2007 nanti UCP 500 -Peraturan International untuk buka/terima LC- nggak berlaku lagi dan UCP 600 akan mulai diberlakukan. Banyak pasalnya alias articles nya yang berubah. Jangan sampai kita berada diposisi yang lemah atau tertipu }

Gitulah sekelumit kisah "bumi" ku Indonesia yg memprihatinkan karena terus saja meningkatkan kuota eksport hasil sampingan hutan Kobongius kenegara tetangga.

Selamat Hari Bumi. We didn't inherit the earth from our parents ....... We are borrowing it from our children.


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: djoko on May 02, 2007, 10:18:26 AM
2 posting saya sebelum ini isinya guyonan/becanda ( seriusnya cuman sedikit/nggak bernilai ). Ada waktunya guyon ada waktunya serius. OK kalau yang dibawah ini bukan guyonan tapi sedikit serius :

aaa
Sebetulnyalah saya nggak tahu jenis pohon apa saja yang dibenci oleh ular. Kalau ada yang tahu, sayapun ingin tahu/menimba ilmu. yang sudah saya yakini adalah ular nggak suka pohon yang banyak durinya terutama yang durinya rapat-rapat ( cactus dsb ).

bbb
Ular nggak suka pohon/pepohonan "yang jarang" ( kecuali jenis-jenis ular yg memang suka dipadang pasir atau tempat kering gersang atau celah-celah batu ). yang sangat banyak adalah ular yang menyukai tempat yang rimbun dan hutan lebat karena disana selain nyaman untuk tinggal juga menjanjikan lebih mudah mencari makanan. Sebagai contoh rawa yang banyak tanaman airnya sangan mengundang katak , dan katak yg banyak tentu berdampak ular suka milih tempat kost disana.

jadi kalau rumah anda didekat hutan, untuk mengurangi resiko sering dimasuki ular, lakukan 2 hal :

- "Kosongkan" area tanpa pepohonan & rumput tinggi sekeliling rumah minimal 10 meter lebarnya. Kalau tidak ada wilayah kosong dan pepohonannya ada dimana-mana sampai kedekat jendela anda, ular juga kadang singgah kesana. Daerah kosong ini ( dgn rumput yg rajin dipangkas ) bahaya kebakaran juga menurun.

- Tutup semua pintu pada siang hari ( Ular cuman shopping siang hari dan kalau malam lebih senang tidur ).

bbb
Banyak situs ttg cara menghadapi ular. salah satunya misalnya http://www.kingsnake.com/suncoastherpsociety/SHSven.htm
Boleh pula Pakcik tengok di http://www.dflt.org/awareness/snakes-spiders.htm

Tak kurang pula eloknya bile pakcik tengok laman http://abc.net.au/rn/features/walkpark/prog10.htm ( ampun duli bile saye tak benar tulis aras web termaktub. Berkemungkin abc.net.au .....itu selayaknya abc.nat.au .... )

Semoga pakcik bisa berpuas diri soal ular-menular itu.


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: jenggot on May 02, 2007, 10:42:53 AM
nokturnal :
aktif di malam hari (welang/viper/bushmaster/deatheder)
diurnal :
aktif di siang hari (cobra/mamba/boomslang/)
mereka semuanya mematikan dan hanya 3 jenis yang sudah ada antiveninnya.

WARNING!!!... ular welang (bungarus fasciatus/candidus) belum ada antibisanya dan banyak terdapat di Indonesia (Jawa)....

pohon yang ditakuti ular.... agree with on djoko berduri dll.
tapi gw punya pengalaman dengan batang pohon ketela (singkong)... bisa mengusir ular (phyton,cobra)
mungkin karena getah dari pohon itu or karena takut gw pelototin jg waktu itu.


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: djoko on May 02, 2007, 12:13:08 PM
Lho kalau singkong ditakuti ular, mestinya pohon enau, sagu, aren dsb yg batangnya bisa ditumbuk dan kaya ( karbohidrat ? ) & diperas jadi bermacam sagu juga bikin keder ular dong.

Daun singkong khan enak direbus , campur teri & santan jadi sayur oblok-oblok atau masakan Ampera Padang "Basuo Bundo". Ulat takut sembunyi dipohon singkong khan karena nalurinya takut kalau nggak sengaja ikut kena "ciduk"/garuk alias ikut kerebus.

Sembunyi di pohon sagu juga nggak aman bagi dunia ular mengular. Salah-salah ikut kena peras.

Saya kenal sebutan ( bahasa Jawa ) "Ulo weling" alias ular weling. Apa bedanya ular welang ama weling. Apa kalau jantan ular welang dan yang betina ular weling ( semacam nama Aan dan Iin ), ataukah welang itu sama dengan weling.

Yang pasti kalau belang itu artinya pasti beda ama beling.

Wah info paling menarik dari anda adalah ular welang belum ada serum anti bisanya. Apakah bisanya ular welang sendiri kalau diproses nggak bisa jadi serum anti bisa ular welang ya ?


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: Ho Chi Minh on May 02, 2007, 03:15:59 PM

2 Hari Lalu hansip nonton program "National Geographic"..
Kebetulan pembahasannya mengenai Ular..
Tak terpotong satu segmen pun, tapi sayangnya.. kga kena bahas pohon apa aja yang ditakuti ular..!!
Kebetulan waktu itu, NG lebih menyoroti Ular jenis King Cobra di semenanjung Brazil.. Tepatnya di sekitar Hutan Sungai Amazon..
Tapi sepertinya tak ada satupun pohon yang menghalangi laju gerak ular..
Tapi itu untuk jenis King Cobra ya.. gak tau dehh kalo yg lain..!!

Tapi menurut hansip, pohon jenis Xerofit (jenis tanaman berdaun duri) memang ampuh untuk menakut-nakuti ular..
Pasalnya, Ular akan kegelian kalo maksa juga harus lewat tu pohon..

;D :D ;D :D ;D :D ;D


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: jenggot on May 02, 2007, 09:03:12 PM
koreksi kalo salah

ular welang (bungarus fasciatus) jarak cincin melingkar dari awal kepala sampai ekor kerapatannya cenderung sama.
ular weling (bungarus candidus) jarak cincin melingkar di awal kepala agak renggang dan merapat di ekor
bentuk dan warna kepala juga cukup khas dari 2 ular ini...

antibisa emang dibuat dari bisa itu sendiri, tapi emang kenyataannya belum ada antibisa ular ini.... gw rasa research buat program ini ga ada yang danain jadi ga ketemu2....


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: Andi SERGAP ! on December 22, 2008, 07:29:53 AM
hm,,,bahaya Ular memang harus di waspadai,,,terutama pada saat malam hari,,,,
tp Alhamdulilah selama berpetualang tidak pernah ketemu ular ;)

salam sergap ;D


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: Tarzanndeso on December 22, 2008, 04:12:51 PM
wah di share film ada tuch film mengenai ular.....

kalo mau hanyuuuk ikutan patungannya....


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: Kitinx on January 08, 2009, 11:23:10 AM
tp Alhamdulilah selama berpetualang tidak pernah ketemu ular ;)


Kencan pertamaku dengan ular malah waktu belum senang naik gunung, masih sebatas trekking doang. Waktu itu jalan2 di sekitar Kalikuning, di selatan Gunung Merapi. Karena pengen nyoba jalur yg belum pernah dilalui sebelumnya, kami berempat masuk ke dalam gua kecil, lebih tepatnya terowongan sih. Panjangnya sekitar 20-an meter dan tingginya paling satu meter sehingga badan harus membungkuk, di dalamnya sangat lembab dan di bagian bawah terbentang pipa air berdiameter cukup besar.

Ketika tinggal beberapa meter sebelum mencapai ujung gua, teman yg di depanku nyeletuk "Apaan nih, licin2? Eh, ULAARRR!!!" Temanku langsung lari ke luar sambil melempar ular tsb ke belakang.

Nah, kami yg di belakang sekarang panik, apalagi ular itu lantas ngambil sikap waspada dengan bagian atas tubuhnya yang tegak ke arah kami. Terus terang kami cuma bisa pasrah, ga mungkin lari ke belakang sambil membungkuk. Ibarat katanya Warkop DKI, Maju kena, mundur kena! Untunglah ular itu akhirnya dengan kesadaran sendiri memilih berlalu. Fiiuuhhh.... lega rasanya.


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: catwoman on January 09, 2009, 06:38:24 PM
tp Alhamdulilah selama berpetualang tidak pernah ketemu ular ;)


Kencan pertamaku dengan ular malah waktu belum senang naik gunung, masih sebatas trekking doang. Waktu itu jalan2 di sekitar Kalikuning, di selatan Gunung Merapi. Karena pengen nyoba jalur yg belum pernah dilalui sebelumnya, kami berempat masuk ke dalam gua kecil, lebih tepatnya terowongan sih. Panjangnya sekitar 20-an meter dan tingginya paling satu meter sehingga badan harus membungkuk, di dalamnya sangat lembab dan di bagian bawah terbentang pipa air berdiameter cukup besar.

Ketika tinggal beberapa meter sebelum mencapai ujung gua, teman yg di depanku nyeletuk "Apaan nih, licin2? Eh, ULAARRR!!!" Temanku langsung lari ke luar sambil melempar ular tsb ke belakang.

Nah, kami yg di belakang sekarang panik, apalagi ular itu lantas ngambil sikap waspada dengan bagian atas tubuhnya yang tegak ke arah kami. Terus terang kami cuma bisa pasrah, ga mungkin lari ke belakang sambil membungkuk. Ibarat katanya Warkop DKI, Maju kena, mundur kena! Untunglah ular itu akhirnya dengan kesadaran sendiri memilih berlalu. Fiiuuhhh.... lega rasanya.


Waduh, pengalaman yg cukup menegangkan tuh tinx..sampe ikut deg2an. :o


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: pilar on January 10, 2009, 10:28:34 AM
tp Alhamdulilah selama berpetualang tidak pernah ketemu ular ;)


Kencan pertamaku dengan ular malah waktu belum senang naik gunung, masih sebatas trekking doang. Waktu itu jalan2 di sekitar Kalikuning, di selatan Gunung Merapi. Karena pengen nyoba jalur yg belum pernah dilalui sebelumnya, kami berempat masuk ke dalam gua kecil, lebih tepatnya terowongan sih. Panjangnya sekitar 20-an meter dan tingginya paling satu meter sehingga badan harus membungkuk, di dalamnya sangat lembab dan di bagian bawah terbentang pipa air berdiameter cukup besar.

Ketika tinggal beberapa meter sebelum mencapai ujung gua, teman yg di depanku nyeletuk "Apaan nih, licin2? Eh, ULAARRR!!!" Temanku langsung lari ke luar sambil melempar ular tsb ke belakang.

Nah, kami yg di belakang sekarang panik, apalagi ular itu lantas ngambil sikap waspada dengan bagian atas tubuhnya yang tegak ke arah kami. Terus terang kami cuma bisa pasrah, ga mungkin lari ke belakang sambil membungkuk. Ibarat katanya Warkop DKI, Maju kena, mundur kena! Untunglah ular itu akhirnya dengan kesadaran sendiri memilih berlalu. Fiiuuhhh.... lega rasanya.

aah, mas kitink daku jadi tatut :'( :'( :'(

kalau waktu di pangrango daku megang yang licin...licin itu Pacet ;D
waaaaaaaaa nempel di kaki.. :'( :'( :'( kapok..kapok..kapok,.... :'( :'(


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: kripiktempe on January 13, 2009, 10:44:23 PM
hmmm................ular ya??? ::) ::) ::)
takut sih...tp seandainya ketemu ular waktu naek gunung (lebih baek gak deh),mo q pegang trus q goreng!! ;D
itung-itung wat lauk cz rasanya tuh gurih n enak selain tu ular juga bisa wat ngobatin gatal-gatal lho..........
makanya,banyak-banyaklah makan daging ular biar gatal-gatal yang da di tubuh pada rontok semua!!!hehe... ;D ;D


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: d' leh on January 13, 2009, 11:01:47 PM
oia...tp jangan asl bkr,grng atau mkn sj bro..

ingt bagian kepalanya...di penggal tu ular...

biar ga kena bisanye gettu


:) :) :)
salam


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: Krupoek_MLarat on February 18, 2009, 03:36:16 AM
Penyiasatan diri terhadap ular mungkin berbagai macam tekniknya...tp yang pasti...ingat selalu menguras bisa ular tersebut sebelum mengkonsumsinya... ;D ;D
shalhamhan... :-*


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: Aku Ganteng on February 26, 2009, 12:31:43 AM
pacet? tidak sinkron.
lembaga studi ular indonesia 'SIOUX' belum lama ini mengadakan workshop perihal ular dan telah dibuktikan ular tidak takut akan garam..
gue tidak paham dgn jenis ular,kecuali ular cobra. Banyak pencinta alam (atau pendaki,y?) tdk mengetahui jenis ular yg berbahaya dan tdak berbahaya. Mungkin ada baiknya diketahui lbih dulu jenis ular yg b'bahaya.


Title: takut ular
Post by: devil on April 11, 2009, 03:08:39 PM
gimana ya kalo pengen mendaki gunung tapi takut ular :'( hmmm apa pendaki lain bisa memahami atau malah2 jadi isengin tuh pendaki yg takut ??? apa setiap pendakian pasti ketemu sama ular ?? maap newbie banyak tanya ;D


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: ivan on April 19, 2009, 10:44:39 PM
selama saya naik gunung, Alhamdulillah gak pernah bermasalah dengan ular. dan ular juga cenderung menghindari jalur pendakian. tapi hati2 bertualang ke alam bebas saat bulan purnama, karena itu waktunya ular2 pada kawin ;D


Title: Re: takut ular
Post by: sandal_bakiak on June 24, 2009, 05:11:19 PM
gimana ya kalo pengen mendaki gunung tapi takut ular :'( hmmm apa pendaki lain bisa memahami atau malah2 jadi isengin tuh pendaki yg takut ??? apa setiap pendakian pasti ketemu sama ular ?? maap newbie banyak tanya ;D

hmm..sama kok om devil saya juga takut ma ULAR... w^
klopun kita ketemu ma ular yg penting kita pake motto : STOP....
S : stop
T : thinking
O : observation
P : positive

yg the best seh : DON'T PANIC w^
cz ular tuh ga bisa liat...dy tuh cuma mrasakan gerakan aja...

namanya juga hutan om,,,semua mahkluk yg hidup maupun yg halus tinggal disana...

n$
[/color]


Title: Re: ULAR & PENDAKI
Post by: dZIEL on September 24, 2010, 05:28:21 PM
Ada Yang Pernah Ketemuan Sama Ular Di Atas Ketinggian 2000 -2500 m dpl ?

Sepertinya Jarang Kita Ketemuan Sama Ular di daerah Puncak puncak gunung. apakah Memang Jarang atau mungkin tidak ada ular Di atas Ketinggian Tsb, Kalo pun ada Kira2 kira Ular Jenis Seperti Apa ya,... ??

trims... [[peace]]


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar yang temen-teman berikan, semoga bermanfaat bagi kita bersama. Salam dari Gappala

 
Site Support : Komunitas Archive Gappala | Komunitas Petualang Indonesia
Copyright © 2013. Gappala Unity - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gappala
Proudly powered by Blogger