Home » » Pendaki & Paralayang ....

Pendaki & Paralayang ....

Komunitas Petualang Indonesia ::

Petualangan Alam Terbuka => Mendaki Gunung => Topic started by: GENDON on March 05, 2007, 04:49:52 PM



Title: Pendaki & Paralayang ....
Post by: GENDON on March 05, 2007, 04:49:52 PM
Sejarah Paralayang Indonesia
Bermula dari Kaum Pendaki
Geliat dunia paralayang Indonesia boleh dibilang tak bisa dilepaskan dari kiprah para pendaki gunung. Keinginan turun dengan cepat setelah puas melahap sejuta tanjakan dalam pendakian ternyata melahirkan bentuk petualangan lain. Sebuah mainan baru pemacu adrenalin dalam tubuh. Sensasi yang dihasilkan pun tak kalah mengasyikkan.
”Tahun-tahun awal perkembangan paralayang di negara kita memang didominasi oleh pendaki gunung. Sebab, mereka suka naik gunung tapi kepengennya cepat turun. Ya, kalau mau cepat harus pakai parasut (terbang) ‘kan,” ujar Gendon Subandon, salah seorang pencetus paralayang di Indonesia. Itu sebabnya, pada awal kelahirannya di Indonesia, paralayang populer dengan sebutan terjun gunung.
Bersama Alm. Dudi Arief Wahyudi, Gendon mendirikan kelompok terjun gunung Merapi di Yogyakarta pada Januari 1990. ”Karena mainan baru, waktu itu kelompok ini baru ada dua anggotanya. Saya dan (alm) Dudy itu,” kata Gendon melanjutkan kisah. Mereka pun belajar dan latihan secara mandiri. Buku, majalah dan manual parasut jadi ”santapan” sehari-hari. ”Wah, dulu itu nggak ada yang namanya instruktur. Kami belajar dari buku, majalah dan manual parasut saja. Apalagi saat itu Internet belum ada, pokoknya betul-betul dari nol.”
Selama tiga bulan, kedua tokoh paralayang ini giat berlatih. Dari teknik mengembangkan parasut, latihan terjun sampai cara mengendalikannya di angkasa. Medan latihan pun berpindah-pindah, kadang di kampus atau bukit-bukit pasir Parangtritis. ”Waktu terbang perdana, kami pinjam payung milik Lody (Korua, pemilik operator wisata arung jeram di Sungai Citarik –Red.). Tipenya Drakkar produksi Parachute de France tahun 1987. Termasuk payung untuk pemulalah,” kenang Gendon sambil tersenyum.
Setahun kemudian, terjun gunung mulai dilirik para petualang lainnya. Nama-nama beken seperti Wien Soehardjo, Bismo, Daweris Taher dan Ferry Maskun mulai meramaikan panggung dunia pembangkit adrenalin ini. Dua nama awal adalah pendaki dan pemanjat asal klub Skienege sedang sisanya penerbang gantolle. ”Sebelumnya, David A. Teak juga telah aktif terbang dengan paralayang,” ungkap Gendon.
Pada tahun 1992, komunitas paralayang bertambah banyak. Tapi sayangnya pertumbuhan bagus itu tak diiringi dengan ketersediaan alat. Tercatat hanya ada lima buah parasut sampai akhir tahun 1992. Agar teroganisir rapi, para penerbang ini sepakat membentuk wadah berskala nasional, Pusat Paralayang Indonesia (PPI).
Di tahun-tahun berikut, paralayang makin mendapat tempat di hati petualang lokal. ”Karena berkesan seram, kami berpikir untuk mengganti sebutan terjun gunung untuk olahraga ini. Kok kalau disebut terjun gunung, seolah-olah kita melompat dari gunung begitu saja tanpa bekal apa-apa. Setelah rembukan dengan teman-teman, pada 23 Mei 1993 istilah paralayang resmi dibakukan untuk mengganti nama sebelumnya itu,” tutur Gendon. Peresmian nama itu dilakukan di Gunung Haruman, Jawa Barat.

Dipertandingkan
Perkembangan paling pesat terjadi pada periode 1993 hingga 1996. Alat bertambah banyak, penerbangnya juga terus bertambah. Mereka tak lagi terbatas pada kaum pendaki saja, tapi melebar ke berbagai kalangan alias umum. Kegiatan yang dijalankan mulai teratur. Pada tahun 1994, paralayang secara resmi masuk ke dalam pembinaan PB FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) di bawah naungan Pusat Gantolle Indonesia. Masih di tahun yang sama, diadakan eksibisi ketepatan mendarat paralayang pertama di Puncak, Bogor, pada bulan April. Ada 20 penerbang dari Jakarta, Bogor, dan Yogyakarta yang mengikuti acara ini.
”Walau sudah masuk pembinaan FASI, kami belum resmi masuk ke dalam tubuh organisasi ini. Sebab belum disahkan melalui munas (musyawarah nasional),” ujar Gendon yang sempat tiga kali gagal terbang dari puncak Gunung Merapi, Yogyakarta. Lewat Munas V PB FASI pada tahun 1996 di Lembang, Bandung, paralayang resmi menjadi bidang tersendiri yang kedudukannya sejajar dengan gantolle di bawah Pusat Layang Gantung Indonesia (PLGI).
Saat PON XV tahun 2000 di Jawa Timur digelar, paralayang telah dinyatakan sebagai salah satu mata lomba yang dipertandingkan. Ada empat medali emas yang disediakan. Peserta yang ikut sebanyak 32 atlet dari delapan kontingen.
Karena makin populer, banyak akses ke lokasi peluncuran paralayang tak lagi harus ditempuh dengan jalan kaki atau bersusah payah mendaki sebuah gunung. Sebut saja, Kampung Toga di Sumedang, Wonogiri dan Parangtritis.
Kenikmatan yang dicari sedikit banyak telah bergeser dari sensasi mendaki gunung lalu terbang dari puncaknya menjadi hobi terbang saja. Peminat terbang dari puncak gunung memang agak kendor. Kisah-kisah petualangan tenggelam dengan kesibukan mengejar prestasi. Boleh jadi itu imbas dari kepopuleran tadi.
Soal itu, Gendon mengaku tak khawatir. ”Ya, nggak jadi masalah. Kalau dia (penerbang -Red) memang serius berlatih dan bercita-cita menjadi atlet, kenapa harus dihalang-halangi? Bagi yang hanya ingin sekadar hobi, kami juga ada wadahnya. Ekspedisi terbang ke gunung juga masih dilakukan. Beberapa waktu lalu, kami sempat terbang dari lereng Gunung Guntur di Garut,” tuturnya


Title: Apa Itu Paralayang?
Post by: GENDON on March 05, 2007, 10:59:57 PM
(http://www.paragliding.web.id/images/album/1_4_1.jpg)

Olahraga paralayang adalah salah satu cabang olahraga terbang bebas. Paralayang dapat diartikan sebagai sebuah parasut yang dapat diterbangkan dan dapat mengangkat badan penerbang. Parasut atau pesawat ini lepas landas dan mendarat menggunakan kaki penerbang.

Olahraga paralayang lepas landas dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin. Angin yang dipergunakan sebagai sumber daya angkat yang menyebabkan parasut ini melayang tinggi di angkasa terdiri dari dua macam yaitu, angin naik yang menabrak lereng (dynamic lift) dan angin naik yang disebabkan karena thermal (thermal lift). Dengan memanfaatkan kedua sumber itu maka penerbang dapat terbang sangat tinggi dan mencapai jarak yang jauh. Yang menarik adalah bahwa semua yang dilakukan itu tanpa menggunakan mesin, hanya semata-mata memanfaatkan angin.

Peralatan paralayang sangat ringan, berat seluruh perlengkapannya (parasut, harness, parasut cadangan, helmet) sekitar 10 - 15 kg. Peralatan paralayang juga sangat praktis karena dapat dimasukkan ke dalam ransel yang dapat digendong di punggung. Olahraga Paralayang juga sangat kecil ketergantunganya dengan wahana lainnya.

Siapa Saja yang Boleh Terbang?

Siapa saja boleh ikut terbang, laki-laki atau perempuan, tua atau muda, asal sehat jasmani dan rohani, tidak mengidap penyakit jantung, dan epilepsi. Umur peminat yang disarankan adalah antara 14 s/d 60 tahun. Peminat yang berumur kurang dari 18 tahun harus mendapat restu dan ijin dari orangtua/wali.

Berbahayakah Paralayang?

Banyak yang masih menganggap bahwa olahraga paralayang itu berbahaya, benarkah demikian? Kita mengetahui bahwa semua olahraga mempunyai resiko, itu pasti. Naik sepeda di jalan raya pun mengandung unsur bahaya yang sangat besar, bukankah demikian? Di dalam melakukan olahraga, terutama olahraga alam bebas, resiko yang mungkin akan terjadi sangat tergantung dari bagaimana cara para pelaku itu melakukan kegiatannya. Demikian pula di dalam olahraga paralayang, jika kita melakukan dengan prosedur dan tata cara yang benar maka resiko yang akan terjadi pun akan sangat minimal. Jika anda baru bisa berjalan maka anda jangan berlari, begitu kata orang bijak. Dalam peningkatan kemampuan seorang penerbang paralayang harus dilakukan setahap demi setahap.

Apa Sih Kenikmatan dan Keasyikkan Terbang dengan Paralayang?

Menikmati udara bebas siapa yang tak suka? Olahraga paralayang adalah olahraga di alam bebas. Kalau anda pernah bermimpi jadi burung, maka terbang dengan paralayang adalah salah satu kenyataan yang dapat anda lakukan. Hanya dengan memanfaatkan angin anda dapat melayang-layang tinggi di angkasa luas dan merasakan desiran angin dalam kesunyian. Bayangkan saja, beberapa saat sebelumnya anda menginjak bumi namun beberapa saat kemudian anda sudah memandang bumi dari sisi lain, dari sebuah ketinggian di angkasa raya. Ini adalah sensasi lain yang tidak semua orang dapat melakukannya. Sensasi ini tentu saja berbeda dengan kehidupan sehari-hari anda. Ketika anda melayang di ketinggian secara tidak langsung anda akan lebih menghargai kehidupan anda dengan cara lain.

Ketika anda telah cukup mahir maka anda akan lebih menikmati penerbangan anda, ketrampilan yang anda punyai membuat anda lebih percaya diri. Kalau cuaca mendukung maka anda akan dapat terbang sesuai keinginan anda. Mau terbang tinggi, atau mau terbang jauh itu terserah anda. Berikutnya tentu anda sendiri yang akan merasakan bagaimana asyik dan nikmatnya terbang dengan paralayang.

Tetapi jangan begitu saja percaya dengan apa yang kami ungkapkan ini. Ini hanya sekadar ungkapan dengan kata-kata, benarkah demikian asyiknya dalam kenyataannya? Tidak ada cara lain untuk merasakan keasyikkan itu kecuali anda mencobanya untuk terbang sendiri. Jangan mau hanya mendengar dari orang lain, rasakan sendiri keasyikkannya.

Perlengkapan Apa Saja yang Dibutuhkan?

Perlengkapan utama dalam olahraga paralayang antara lain parasut utama dan cadangan, harness, dan helmet. Perlengkapan pendukung terbang yang diperlukan antara lain variometer, radio/HT, GPS, windmeter, peta lokasi terbang, dll. Sedang perlengkapan pakaian penerbang antara lain baju terbang/flight suit, sarung tangan, dan sepatu berleher tinggi/boot.
Jenis parasut yang dipergunakan sangat tergantung dari tingkat kemampuan penerbang dan berat penerbang. Setidak-tidaknya terdapat tiga jenis parasut paralayang yaitu, parasut untuk pemula, parasut untuk penerbang menengah, dan parasut untuk penerbang mahir. Ukuran parasut juga harus sesuai dengan berat penerbangnya. Ukuran yang tersedia antara lain XS, S, M, L serta LL untuk terbang berdua/tandem.

Di mana Saya Dapat Berlatih Paralayang?

Berlatihlah kepada orang yang tepat yaitu instruktur/pelatih paralayang yang bersertifikat dan diakui oleh organisasi paralayang di masing-masing negara. Di Indonesia, lisensi untuk pelatih paralayang dikeluarkan oleh Persatuan Olahraga Dirgantara Layang Gantung Indonesia – Federasi Aero Sport Indonesia / PLGI – FASI.

Pada umumnya pelatih-pelatih tersebut telah bergabung di klub atau klub pendidikan yang bernaung di bawah FASIDA di mana klub tersebut berada yang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Keuntungan anda berlatih dengan pelatih yang bersertifikat dan diakui oleh PLGI - PB FASI antara lain:

1. Pelatih telah memahami prosedur kepelatihan paralayang yang aman, sehingga akan menekan resiko dan mempercepat peningkatan kemampuan anda.
2. Memperoleh Kartu Santunan Kecelakaan Paralayang dengan jaminan maksimal sebesar Rp. 2.500.000,00. Santunan khusus untuk kecelakaan paralayang ini berlaku untuk kategori meninggal dan cacat tetap, keterangan lebih lengkap tanyakan pada instruktur anda
3. Setelah selesai mengikuti pelatihan dasar dan dinyatakan lulus akan mendapatkan lisensi yang diakui PLGI PB FASI sesuai tingkatannya.


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: toge on March 06, 2007, 08:52:17 AM
masalah budgetnya tolong disinggung dong om gendon
biar tambah lengkap dan jelas....


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: Ho Chi Minh on March 06, 2007, 09:02:53 AM
Akhirnya "gendon" dapat menulis dengan indahnya!!
OoO.. so sweet Ndon for your effort.. congratulation brother..!!

NdOn.. pusat pelatihan paralayang nihh di mane!? Sekalian dong kalo lu tau situsnya!!
Ndon.. gw da reg ke pendaki.web.id.. tinggal nunggu balesan dari moderatornye!!

To TOgE: gw di bintaro ge!!.. tapi gw kuliah di UnTar grogol!!..


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: toge on March 06, 2007, 10:50:55 AM
oh lo diUNTAR temen gawe gw juga jebolan situ anak PA juga mungkin lo kenal namanya roni...anak arsitek


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: GENDON on March 06, 2007, 01:23:44 PM
Ini beberapa temen paraglider yang bisa di hubungi bila mau mengikut pelatihan paralayang, info lebih detail coba aja hub mereka ....

Jawa Timur
Kontak Sdr. Riska, Sdr. Agap
Telepon 0341-571255, 0816534401 (Agap)

Bali
Kontak Sdr. Bima Putera, Klub Timbis Bali
Telepon 0811394633

Yogyakarta
Kontak Sdr. Capung, Klub Merapi Yogyakarta
Telepon 0274-625772

Jawa Barat
Kontak Sekretariat Bidang Paralayang PLGI
Telepon 0251-256123

Sumatera Barat
Kontak Sdr Weris, Klub Paralayang Maninjau
Telepon 0741 –21703, 08126608334

Sulawesi
Kontak Arief Darmawan, Klub paralayang Maleo
Telepon 0451-424453, 0816240145

Papua
Kontak Mujiono Klab Paralayang Papua
Telepon (0967) 593850 Fac. (0967) 591434
Email mujiono_sar@yahoo.com

DKI Jakarta
Coba hubungi Bucek Depp, Iwan Trisakti, Danoe, dll ...



Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: Izoel on March 08, 2007, 02:22:54 AM
Gw pikir seh nih olahraga bisa dikategorikan olahraga yg membutuhkan adrenalin tinggi,ya sempet seh pingin coba,kayanya asik jg...cuma ga sekarang deh,mungkin laen waktu.Gw mesti banyak belajar,berlatih dan kayanya perlu menambah berat badan jg,soalnya jujur aj badan gw kayanya jauh dari istilah proporsional alias (kurus)....utk temen2 selagi sempet, selamat mencoba ya..!!!!
Thanx.


izoel_cirebon
Not Just Adventure


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: benny on March 08, 2007, 07:47:51 AM
kan alatnya mahal tuch...bisa diganti pake payung aja g...truz loncat dari gunung yang tingginya 5000 kaki ntu tuch adrenalin yg diperlukan lebih tinggi..hehehehe... ;D
ad yg brani g...show me your spirit... :Dhehehe...


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: ade on March 08, 2007, 08:07:19 AM
..gw pernah mau coba..catet..mau nyoba..di suatu kawasan kebun teh Puncak sono..Gak single, tapi tandem..

Baru siap-siap..lari...eh..angin nya tiba2 memutarkan parasut
nya..paniklah gw..!! Akhirnya gak jadi..ampe skrang gw ogah liat tuch parasut... :'(


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: GENDON on March 08, 2007, 10:01:19 AM
hahaha ....
Jangan kapok, itu lu kena cross wind, ga papa sih, cuma untungnya lu masih ground, kalo lu ud terbang, lu akan spin (berputar) ... Kalo gak kuat bisa pusing dan akhirnya muntah ...


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: ade on March 08, 2007, 10:25:19 AM
..itu aja gw udah pusing..belom ampe jackpot,siih..
secaraaaa...lo tauk sendiri kan body gw...langsing... ;D
..bisa-bisa...kebawa angin... ;D ;D


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: GENDON on March 08, 2007, 11:22:18 AM
Payung itu jenisnya macem2, sama kayak ransel, ada ukuran dan kapasitasnya masing2 ...
Ada basic, intermediate dan advance ...
Biasanya untuk seorang pemula, payung yang dipergunakan adalah basic ...
Berat badan bukan halangan untuk temen2 yang mau mencoba olahraga ini, sebagai contoh, Ada temen gue namanya Kodok (ini beneran, De ... ga nyindir), tinggi 150 cm, berat ga sampai 50kg, die ikut Klub di Batu - Malang, cuma kalo die mo pakai payung intemediate, ya die pake pemberat, kalo ga pake ya ga turun-turun die ....
Kalo masalah alat yang mahal, itu bisa di cariin solusi kok, yang penting ada niat dan tekad ...
Special to Benny :
Kalo pake payung yang itu, coba hub DORAEMON ... hihihihi ...
So, siapa mau coba ....
Hub temen2 yang ud gue sebutin pada posting gue terdahulu ...


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: jenggot on March 09, 2007, 12:18:12 AM
don... kalo temen lu "kodok" aja beratnya 50 pake pemberat
palagi kodok yang ini (aming) 45 deh kayanya jadi ga pake pemberat lagi, tapi pas terbang lu glendotin aja dari bawah supaya ga ketarik gravitasi bulan.... ;D ;D ;D ;D

peace...... ;)


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: tol on March 09, 2007, 01:15:06 AM
bukan payung yg ntu..tp payung buat ujan kan murah meriah..ayo coba sapa yg brani..tak ksi saweran hehehe... ;D ;D


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: Ho Chi Minh on March 09, 2007, 12:54:41 PM
Ingat topic.. "Feeling gw tentang hilangnya Adam Air"..

Murah tapi gak selamet.. Mau kaya gitu!!
Ihh,, aing teh ogah layau!!.. jadi bala-bala anget..


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: GENDON on March 09, 2007, 04:25:06 PM
Tol .... (ga enak banget sih manggilnya, jadi inget adik sendiri ..)
Aku dulu pernah bawa payung di Bukit Suharto (kondisi gerimis kecil,tahun 1999), ud gitu ada ibu-ibu menghampiriku, aku pikir dia mau tandem kaya Ade di Puncak ....
Eh gak taunya dia minta tolong aku nganterin ke mobilnya di parkiran ...
Dipikirnya ojek payung kayak di Blok M ....


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: tol on March 10, 2007, 12:05:45 AM
ciap boz...tp kan lebih enak lagi klo murah meriah..hehehe... ;D ;D


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: Ho Chi Minh on March 10, 2007, 08:30:54 AM
Haa.. haa.. haa..

Mungkin sekilas diliat dari penampakannya, mang gEnDon mirip kali!!..


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: jenggot on March 10, 2007, 09:36:00 PM
kebalik win.....

Tukang Ojek Payungnya mirip GEndon ;D ;D ;D ;D


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: Hotmazter on September 16, 2007, 12:31:24 AM
Inget Paralayang inget gunung Guntur di garut, dulu ane pernah di mintain tolong, sama anak2 MAPALA, untuk naik gunung bareng, bawaaanye banyak banget, gw baru tau...pas di puncak di tinggal lompat, enak kale yeee,


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: Hotmazter on September 16, 2007, 12:38:58 AM
Haa.. haa.. haa..

Mungkin sekilas diliat dari penampakannya, mang gEnDon mirip kali!!..

win ente kemana aje, lama tak bersuo.... ;D


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: GENDON on September 16, 2007, 03:15:12 PM
Inget Paralayang inget gunung Guntur di garut, dulu ane pernah di mintain tolong, sama anak2 MAPALA, untuk naik gunung bareng, bawaaanye banyak banget, gw baru tau...pas di puncak di tinggal lompat, enak kale yeee,

Enak Bos ...


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: gendon subandono on October 11, 2007, 07:07:57 PM
salam buat penggagas diskusi ini. Paralayang memang olahraga baru, meski sudah hampir 17 tahun, tetapi paralayang tetap belum banyak dilirik orang. Namun demikian olahraga ini dari ke hari makin banyak saja yang meminati. Kata orang olahraga ini berbahaya, kata orang olahraga ini juga mahal. Apakah benar? Olahraga udara - seperti halnya paralayang memang sering dikonotasikan seperti itu. Ada sedikit kecelakaan saja gaungnya ke mana-mana. Menurut anda bahaya mana paralayang dengan mengendarai motor di jalan raya?

Bahaya paralayang tergantung tingkah laku orang yang menjalaninya. Makin teledor, makin sok, makin over confidence, maka makin dekat dengan bahayalah. Tetapi kalau anda taat prosedur maka anda akan makin jauh dengan resiko..........

Soal mahal.......relatif. Jangan bandingkan olahraga paralayang dengan olahraga yang tidak setara.....untuk sesama olahraga terbang, paralayang paling murah karena tidak tergantung dengan alat lain.......tidak perlu landasan, tidak perlu airport, tidak perlu mobil khusus untuk membawa ke tempat take off, jalan kaki pun jadi asal kuat nggendong ransel seberat 15-20 kg.....

keasyikannya jangan dikira.....coba saja sendiri....sekali coba pasti ketagihan....

salam dari gendon subandono


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: gendon subandono on October 11, 2007, 07:19:23 PM
Inget Paralayang inget gunung Guntur di garut, dulu ane pernah di mintain tolong, sama anak2 MAPALA, untuk naik gunung bareng, bawaaanye banyak banget, gw baru tau...pas di puncak di tinggal lompat, enak kale yeee,

Enak Bos ...

udah pernah ya....terbang dari gunung guntur?....


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: Ho Chi Minh on October 12, 2007, 09:42:01 AM
Hallo bang Glo-Mod..
Sorry bang, ngurusin soal masa depan..
Bang yan sehat..??


geNdOn marmoyo!! daerah sktr parongpong, ada kga yee yg buka pelatihan / rental paralayang..!!

schok gw ada kejutan di hari raya yang fitri,
ada member baru yg namanya percis bgt sama boss mody yg dr bali..!!


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: jenggot on October 12, 2007, 10:15:29 AM
ada.... samping patung kuda warna item 100 lewat pasar parongpong persis samping A**A Mart.


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: Ho Chi Minh on October 12, 2007, 10:43:16 AM
OoO.. situ..
kalo kga salah itu lapangan bola dahh gGot..
ato lap. tembak kavaleri..
spotNy dimananye..??


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: jenggot on October 12, 2007, 10:53:03 AM
hehe.... coba aja lu survey samping persis samping A*FA Mart


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: gendon subandono on October 17, 2007, 08:21:55 AM
Hallo bang yan..
Sorry bang, ngurusin soal masa depan..
Bang yan sehat..??


geNdOn marmoyo!! daerah sktr parongpong, ada kga yee yg buka pelatihan / rental paralayang..!!

schok gw ada kejutan di hari raya yang fitri,
ada member baru yg namanya percis bgt sama boss mody yg dr bali..!!

iya nih mas ewin.....pengin kenalan dengan yang namanya sama........... apa kabar bung gendon marmoyo?


Title: tingkatan kesulitan lokasi paralayang
Post by: gendon subandono on October 17, 2007, 08:33:10 AM
Tingkatan Lokasi Terbang di Indonesia
Wilayah Indonesia yang berbukit-bukit dan banyak pegunungan tinggi sangat potensial untuk perkembangan olahraga paralayang. Banyak tempat yang dapat digunakan untuk terbang, baik yang mudah dijangkau dengan kendaraan maupun yang harus ditempuh dengan jalan kaki. Tinggal memilih mana lokasi yang paling menarik dan menantang untuk diterbangi. Bagi beberapa kelompok penerbang, susahnya medan lepas landas tak menjadi persoalan meski harus berjalan kaki berjam-jam dan menggendong “pesawat” di punggungnya. Boleh jadi itulah yang justru dicari, berpetualang di darat kemudian dilanjutkan di udara. Kombinasi ini tentu menjadi paduan petualangan yang sangat mengasyikkan.
Pada umumnya lokasi-lokasi terbang ini merupakan daerah tujuan wisata yang sudah cukup terkenal seperti kawasan Perkebunan Teh di Puncak, Bogor; Batu, Malang; Danau Maninjau, Bukit Tinggi; Gunung Bromo, Probolinggo; Gunung Batur, Bali dan lain-lain. Lokasi-lokasi tersebut menawarkan berbagai tantangan sesuai tingkat kesulitan masing-masing .

Secara umum lokasi terbang ini dapat dibedakan menjadi tiga kelas kesulitan yaitu: mudah (kelas I), sedang (kelas II) dan sulit (kelas III). Setiap penerbang yang akan terbang di lokasi-lokasi ini harus mengetahui batas-batas kemampuannya agar dapat terbang aman dan nyaman. Penentuan tingkat kesulitan ini berdasarkan kondisi obyektif lokasi penerbangan, seperti bagaimana kemiringan lokasi lepas landas, jauh dekatnya lokasi pendaratan dan lepas landas, lokasi untuk pendaratan darurat, dan tentu saja kecenderungan kondisi angin dan awan yang berlangsung sehari-hari. Namun demikian tingkat kesulitan ini bisa saja meningkat, saat cuaca dan angin berubah drastis. Lokasi yang tadinya dikatakan mempunyai tingkat kesulitan I atau mudah dapat menjadi sulit dan membahayakan bagi penerbang paralayang.

Lokasi Terbang Kelas I (Mudah) antara lain: Puncak, Bogor. Bukit Toga, Sumedang. Gunung Banyak, Batu, Malang. Pantai Timbis, Nusa Dua, Bali. Bukit Kemuning, Karanganyar, Surakarta. Watukandang, Bojonegara, Merak.

Lokasi Terbang Kelas II (Sedang) antara lain: Bukit Kasur, Cipanas, Cianjur. Gunung Haruman, Garut. Gunung Guntur, Garut. Danau Maninjau, Bukit Tinggi. Sipiso-Piso, Danau Toba. Bukit Matan Timali, Palu. Bukit 15, Gunung Dempo, Pagar Alam. Pantai Candi Dasa, Bali. Gunung Batur, Bali.

Lokasi Terbang Kelas III (Sulit) antara lain: Gunung Gajah Mungkur, Wonogiri. Gunung Bromo. Pantai Air Manis, Padang. Pantai Parangtritis, Yogyakarta. Gunung Merapi, Magelang. Gunung Merbabu, Magelang. (Gendon Subandono)


Title: Paralayang Itu Mudah !
Post by: gendon subandono on October 17, 2007, 09:10:55 AM
Olahraga paralayang masih dianggap olahraga dirgantara yang berbahaya dan mahal. Karenanya banyak yang masih sangsi untuk mencoba melakukannya dan menjauhi olahraga dirgantara yang sudah muncul sejak tahun 1990 ini. Dari ngobrol dengan banyak orang, ternyata masih banyak juga orang tua/pacar/kakak yang melarang keinginan anak/pacar/adiknya mengikuti kegiatan terbang paralayang karena dianggap berbahaya. Sementara yang lain menganggap biaya berkegiatan paralayang masih mahal. Bagaimana pendapat anda tentang olahraga ini?







Title: Re: Paralayang Itu Mudah !
Post by: Andik on October 17, 2007, 10:11:11 AM
kalo diliat dari peminatnya, selain kurang familiar, olah raga ini juga tergolong cukup mahal (menurut gw). Belum lagi lokasi dan perlengkapan yang juga tergolong susah buat di cari, kalupun ada itu mungkin tidak seperti halnya olah raga-olah raga yang lain. Perizinan dan resikonya pun mungkin tergolong cukup sulit dan tinggi. Karena, biar bagaimanapun juga orang yang akan melakukan kegiatan tersebut harus mempuyai materi khusus yang cukup sulit untuk didapet, dan mungkin juga belum sampai untuk mencoba nya, orang tersebut harus terlebih dahulu mengeluarkan cost yang cukup tinggi untuk mendapat pengetahuan atau materi dari olahraga itu sendiri.
contohnya : orang tersebut harus kursus atau privat yang berujung tandom dengan si instruktur paralayang itu sendiri. Otomatis, dia juga akan mengeluarkan biaya doong. Itu sekilas pandangan gw menurut pra-paralanyang. Tapi kalo memang ada yang mo ngajarin gw (tandem) yang gratisan si...boleh juga tuh... ::)


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: Ho Chi Minh on October 17, 2007, 10:52:20 AM

Bang Gendon MarMoyo, tuhh bang Gendon SubanDono mo kenalan..!!
Bang Gendon SubanDono, masih sodara yaa maa Anissa SubanDono..??

Parang tritis bisa paralayang yaa..?
Kalo gk salah berenang aja skarang da gk bolehh kang??


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: Andik on October 17, 2007, 12:02:14 PM
Salah kang , yang bener Bang gendon marmoyo ama bang gendon subandono itu punya anak yang namanya anissa marmoyo subandono ;D ;D ;D,
kalo landingnya di pas lautnya si y jelas gak boleh kang, cuma kang yang gw tau khan daerah "paris" sampe pantai baron itu merupakan daerah tebing karang yang emang cuocuok buat terbang. ya khan bang gendon...?


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: martinnn on October 17, 2007, 05:52:28 PM
wah paralayang... hehe pgn coba juga sih.... mahal gak sih nyewanya??? tapi buat pemula ada tandemnya kan??? jgn suru terbang sendiri.. ntar terbang gak turun turun lagi hahaha ;D


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: gendon subandono on October 19, 2007, 06:29:14 AM
parangtritis oke juga buat terbang....cuma take offnya itu agak curam. jadi memang orang-orang yang punya cara take off yang bagus yang bisa terbang disitu. soalnya kalau gagal...dasar tebing 100 meteran menanti. Cuma kalau di "paris" ini tidak setiap waktu bisa diterbangi, hanya saat angin dari barat selatan yang pas untuk terbang.


Title: Re: Paralayang Itu Mudah !
Post by: gendon subandono on October 19, 2007, 06:47:54 AM
saat ini peminatnya paralayang grafiknya naik terus, artinya makin banyak peminat yang mencobanya.biasanya kalau udah coba ya ketagihan. Tempat untuk belajar antara lain di Riunhg Gunung , Puncak; Bukit Toga, Sumedang; Gunung Banyak, Batu; Pantai Timbis, Bali; Bukit Kemuning di Karanganyar, Solo; kalau di Sulawesi ada di Palu. Buat peminat baru untuk bergabung bisa ikut skolah atau klub di kota terdekat. Untuk belajar memang ada tahapannya, dan harus dilakukan secara bertahap dan urut. seperti kalau kata pepatah..kalau belum bisa berjalan jangan berlari....! Kalau sudah lulus ujian praltek dan teori setiap pemula akan di keluarkan lisensi terbang sesuai dengan tingkatannya. Nah kalau udah ada lisensi ini artinya mereka sudah punya "ijin" untuk terbang. tetapi kalau belum mau belajar terbang tandem dulu pun ok agar bisa merasakan keasyikannya...murah lah antara 200ribu s/d 300ribu.

Untuk belajar bisa berbagai cara kok...kalau rombongan biaya pasti bisa murah..apalagi mereka mahasiswa/pelajar, biasanya dapat diskon khusus....
lama belajar sekitar 7 hari untuk pemula untuk sekitar 40 kali terbang..... yang diajarkan memang banyak, tak hanay soal teknis tetapi juga pengetahuan umumnya. jadi karena dapat ilmu ya wajarlah kalau kita harus keluar cost...

Soal alat memang sepertinya susah dicari karena memang tidak tersedia di toko-toko, tetapi kalau sudah gabung di komunitas paralayang akan gampang carinya kok. Harga barunya berkisar antara 2000 s/d 3500 usd (lumayan juga sih). tetapi ini murah lho kalau pembandingnya sama-sama olahraga dirgantara karena tidak tergantung dengan alat lain - mobil, pesawat, landasan, airtrafic control dll. kalau kita mau terbang..naik kendaraan umumpun bisa......




Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: gendon subandono on October 19, 2007, 07:00:10 AM
hayo...pada coba paralayang dong....tandem cuma 200ribu untuk wislok, kalau wisman 300ribu......kalau di jawabarat ada di Puncak, kalau di Jawa Tengah ada DI Bukit Kemuning Karanganyar, Solo; kalau di Jawatimur ada di Gunung Banyak Songgoriti Batu, Malang. Buat yang sudah sekolah paralayang dan tergabung dengan anggota klub sewa alat untuk satukali terbang murah kok cuma sekitar 25 ribu rupiah.......


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: Andik on October 20, 2007, 01:51:01 PM
Karena kebetulan tempat yang mas bandono rekomendasikan paling dekat dengan tempat saya adalah daerah puncak (jabar), maka dengan itu saya mohon bantuannya untuk.... :Ddi ajak dooonggg. :D..peeengeeeen kalo cuma 25 rb doang mah... :'( :'(


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: gendon subandono on October 21, 2007, 05:21:31 AM
hayo kapan.......atau datang aja langsung ke puncak.................banyak teman-teman di sana yang juga hobi naik gunung kok.


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: martinnn on October 21, 2007, 06:33:37 PM
sekali terbang 200 ribu??? gile......berat tuh buat gw :'(


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: ade on October 22, 2007, 08:43:50 AM
hahahaha...hare geneee 25rb????

klo inget paralayang....hihihihi...inget tuh parasut gak megar...
cuman gara2 angin,,gw semangat 45,,eh tuh parasut nyestrok ke muka gw...
padahal gw tandem....dan niat gw langsung mundur ..ampe skarang.... ;D ;D


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: Andik on October 22, 2007, 10:57:10 AM
hayo kapan.......atau datang aja langsung ke puncak.................banyak teman-teman di sana yang juga hobi naik gunung kok.


Trus, kalo dah nyampe yang mo ditemuin namanya siapa...?


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: ade on October 27, 2007, 08:40:57 AM
Hallo bang Glo-Mod..
ada member baru yg namanya percis bgt sama boss mody yg dr bali..!!





Gendon Mody asal Bali = body gede (mao ngetik gemuk,takut kesalahan..maklum ama orang tua), rada janggutan dikit, rambut ABCD (Abri Bukan Cepak Doang), bininya baeeekk... :D
trus kalo makan yang berkolesterol harus minum obat dulu.. 8)

Gendon Subandono = Instruktur Paralayang, body kuyuz..(kalo gw kan menggemaskan..kalo Bapak satu ini...emmmm...gak tauk,deh), ada kumiz, dan gw belom kenalan ;D


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: toge on October 30, 2007, 02:39:39 PM
wuih lumayan juga ngocek kantongnya kalo cuma untuk sekali melayang...
tuk pendidikannya berapa biayanya tuch...


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: dZIEL on October 30, 2007, 03:10:18 PM
buat boz TOGE ape sich yg ga kena(bisa),
tp kalo mo murah tinggal loncat aje dari pinggir2 kebon teh di puncak.... ;D :D


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: Ho Chi Minh on October 31, 2007, 03:08:32 PM

hihihihihihii...
DzieL bisa aja nihh..

iya bener tu gee..
dari pada kayak gini..

(http://ketawa.com/img.php?nama=0050.jpg)


kalo begitu, mendingan dari kebun teh kan locatnye..




Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: toge on October 31, 2007, 04:58:09 PM
mending gw ndarat dipengungsian g.kelud udah ada fasilitas kesehatannya...tapi waktu pak pres!!! berkunjung sih...kalo sekarang mendarat disitu mah salah alamat kali yeee...fasilitas udah dicabut coz pak pres!!! dah pulang.. ;D ;D


Title: Re: Paralayang Itu Mudah !
Post by: GENDON on November 01, 2007, 10:43:55 PM
Met kenal Om Gendon Subandono, gimana kabar Tante dan si Kecil ....
Kapan mau ngadain kursus lagi di Timbis - Bali ....


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: GENDON on November 01, 2007, 10:59:15 PM

Bang Gendon MarMoyo, tuhh bang Gendon SubanDono mo kenalan..!!
Bang Gendon SubanDono, masih sodara yaa maa Anissa SubanDono..??

Parang tritis bisa paralayang yaa..?
Kalo gk salah berenang aja skarang da gk bolehh kang??

Huuuuuusssss ..... jangan pada becanda lu ...
Om Gendon Subandono ini salah satu perintis Olahraga Paralayang di Indonesia ...
Beliau ini levelnya ud instrukturnya instruktur ....
Gue aja ampe sekarang mau belajar ma beliau belum kesampaian ....

Salam kenal juga Om Gendon, kebetulan nama depan kita sama, cuma beda nasib aja, kalo situ TOP, kalo saya TOB .... hihihihi ....
Saya pernah belajar sedikit sama Om Riska, Om Capung, Om Iwan, Om Ahmadi, dll ...
Saya pingin banget minta ilmunya walau cuma seujung kuku, saya cuma modal nekat aja, gak pernah belajar secara resmi (bersertifikat), belajar ground handling aja gak pernah.
Gunung Guntur saya belum pernah, pernah di Semeru (Ranu Kumbolo n Ajeg-Ajeg), Gunung Banyak, sialnya lagi belum pernah berhasil terbang di TIMBIS (kata temen thermalnya pas lagi gak bagus), padahal deket ma rumah ....
Kalo mau ngadain kursus di Bali, mohon saya di kabari ya Om ...
Thanks ....


Title: Re: Paralayang Itu Mudah !
Post by: gendon subandono on November 03, 2007, 11:48:10 PM
selamat kenal juga. Belum tahu kapan ke Bali tuh.....tetapi ada rencana karena ada pelatihan untuk Asian Beach Games. Paralayang kebetulan ikut dilombakan di Bali tahun 2008 nanti. Karena venuesnya di Timbis....ke depan akan sering berlatih di sana.....


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: gendon subandono on November 03, 2007, 11:51:39 PM
lha gitu.........berarti kita pernah ketemu dong? yang disebut itu guru-guru saya semua.....tuh......


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: GENDON on November 30, 2007, 10:41:14 PM
Ah ... Om Gendon terlalu merendah ...
Mereka semua itu kan di bawah Om ....
Kapan ke Bali, Om ?
Payung yang buatan Israel masih ada gak ?
Saat ini saya di tawari payung 2nd merk Energy, DHV 2-2,5, maksudnya apa ya itu Om ?


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: GENDON on December 27, 2007, 10:52:15 PM
terbang .... terbang .... dan terbang ....
masa pada gak kepingin sih ....


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: ade on December 28, 2007, 08:04:54 AM
terbang .... terbang .... dan terbang ....
masa pada gak kepingin sih ....


gw mah sama sekali enggak....sumpah...!!
mending gw nungguin aje deh di bawah...


Title: Re: Paralayang Itu Mudah !
Post by: ajiekrist on January 24, 2008, 02:34:17 AM
ADA YG BISA JUALIN PARACHUTE PARAFOIL 2000 Ukuran 270s..Harga 8jt.kondisi baru. dpt menghubungi dharmawan 08883938281 atau dharmawan.arian@gmail.com


Title: Re: Paralayang Itu Mudah !
Post by: GENDON on January 25, 2008, 10:27:51 PM
Coba tawarkan di www.paragliding.web.id (http://www.paragliding.web.id), thanks ...


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: gimbal alas indonesia on March 04, 2008, 10:24:59 PM
gw mah sama sekali enggak....sumpah...!!
mending gw nungguin aje deh di bawah...

Ketemu lagi Mbak.
Betul kata mas gendon, terbang itu asyik, sensasinya luar biasa.
Aku pernah melakukan semua petualangan, tapi yang paling mengasyikkan ya paralayang.
Kalo mau, pas ke Malang, Mbak nanti bisa aku ajak terbang tandem, bagaimana mbak ?
Mau ?


Title: Re: Paralayang Itu Mudah !
Post by: gimbal alas indonesia on March 04, 2008, 10:28:55 PM
selamat kenal juga. Belum tahu kapan ke Bali tuh.....tetapi ada rencana karena ada pelatihan untuk Asian Beach Games. Paralayang kebetulan ikut dilombakan di Bali tahun 2008 nanti. Karena venuesnya di Timbis....ke depan akan sering berlatih di sana.....

Salam kenal, Mas Gendon Subandono. Ni masih sodaraan sama mas Gendon Marmoyo ta, kok mirip namanya ?
Dari Klub Merapi siapa aja yang berangkat ke try out ke Malaysia ?


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: ade on March 05, 2008, 07:48:34 AM
Kalo mau, pas ke Malang, Mbak nanti bisa aku ajak terbang tandem, bagaimana mbak ?
Mau ?



eeeeenggaaaak.,,deh...Makasih...
gw penah jajalin waktu di puncak,,tandem juga,,eh..ada kejadian gak ngenakin..
sejak itu..gw mah ogah,,deh...
ampun-ampunan,dah


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: Andik on March 05, 2008, 10:48:05 AM
terbang .... terbang .... dan terbang ....

Trus, jatuh,,,,jatuh,,,,dan jatuh,....!!!


masa pada gak kepingin sih ....

Pengan nggak yah,.... ??? ::) ::)


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: GENDON on March 05, 2008, 08:56:45 PM
eeeeenggaaaak.,,deh...Makasih...
gw penah jajalin waktu di puncak,,tandem juga,,eh..ada kejadian gak ngenakin..
sejak itu..gw mah ogah,,deh...
ampun-ampunan,dah

Gak ngenakan gimana, De ....
Ditelek i burung ye ....

Emang bener kata Doger, sensasinya luar biasa, kita serasa punya sayap, asyik banget deh, gue aja ampe muncrat dua kali ..... Puas beneeeeeer ......


Title: Re: Pendaki & Paralayang ....
Post by: GENDON on March 05, 2008, 08:58:47 PM
terbang .... terbang .... dan terbang ....

Trus, jatuh,,,,jatuh,,,,dan jatuh,....!!!



pan ade safety prosedurnyeeeeee .... bang ....


1 komentar:

  1. postingan yg bagus...
    artikelnya sangat berguna dan bermanfaat :D

    BalasHapus

Terimakasih atas komentar yang temen-teman berikan, semoga bermanfaat bagi kita bersama. Salam dari Gappala

 
Site Support : Komunitas Archive Gappala | Komunitas Petualang Indonesia
Copyright © 2013. Gappala Unity - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gappala
Proudly powered by Blogger