Home » » hati-hati dengan hipotermia

hati-hati dengan hipotermia

Komunitas Petualang Indonesia ::

Petualangan Alam Terbuka => Mendaki Gunung => Topic started by: GUGUN on January 26, 2006, 07:04:52 PM



Title: hati-hati dengan hipotermia
Post by: GUGUN on January 26, 2006, 07:04:52 PM
Hipotermia [Penyakit Dingin]

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terlalu lama kedinginan, khususnya dalam cuaca berangin dan hujan, dapat menyebabkan mekanisme pemanasan tubuh terganggu sehingga menyebabkan penyakit kronis. Hipotermia adalah suatu keadaan dimana tubuh merasa sangat kedinginan. Setelah panas dipermukaan tubuh hilang maka akan terjadi pendinginan pada jaringan dalam dan organ tubuh. Kedinginan yang terlalu lama dapat menyebabkan tubuh beku, pembuluh darah dapat mengerut dan memutus aliran darah ke telinga, hidung, jari dan kaki. Dalam kondisi yang parah mungkin korban menderita ganggren (kemuyuh) dan perlu diamputasi.

Udara dingin yang basah disertai angin yang bertiup kencang, seringkali dijumpai para pendaki ketika melakukan pendakian gunung. Tidak jarang badai dan hujan lebat menyertai hawa dingin. Malam yang cerah seringkali membuat udara semakin dingin dan berembun. Di puncak musim kemarau justru di sekitar puncak gunung seringkali muncul kristal-kristal es yang menempel pada daun-daunan dan bunga edelweis.

Pakaian yang basah, kaos kaki yang basah semakin menambah dinginnya badan. Keadaan akan semakin parah bila pendaki tidak memperhatikan makanan sehingga tubuh tidak memperoleh ernergi untuk memanaskan badan. Dinginnya udara seringkali membuat perut kembung sehingga enggan untuk makan, kecuali memang kehabisan makanan.

Gejala -gejala kedinginan biasanya Pendaki akan menggigil kedinginan, gigi gemeretakan, merasa sangat letih dan mengantuk yang sangat luar biasa. Selanjutnya pandangan mulai menjadi kabur, kesigapan mental dan fisik menjadi lamban.

Gejala kedinginan yang lebih parah akan membuat gerakan tubuh menjadi tidak terkoordinasi, berjalan sempoyongan dan tersandung-sandung. Pikiran menjadi kacau, bingung, dan pembicaraannya mulai ngacau. Kulit tubuh terasa sangat dingin bila disentuh, nafas menjadi pendek dan lamban. Denyut nadi pun menjadi lamban, seringkali menjadi kram bahkan akhirnya pingsan.

Untuk membantu penderita sebaiknya jangan cepat-cepat menghangatkan korban dengan botol berisikan air panas atau membaringkan di dekat api atau pemanas. Jangang menggosok-gosok tubuh penderita. Jika korban pingsan, baringkan dia dalam posisi miring. Periksa saluran pernafasan, pernafasan dan denyut nadi. Mulailah pernafasan buatan dari mulut dan menekan dada.

Pindahkan ke tempat kering yang teduh. Ganti pakaian basah dengan pakaian kering yang hangat, selimuti untuk mencegah kedinginan. Jika tersedia, gunakan bahan tahan angin, seperti alumunium foil atau plastik untuk perlindungan lebih lanjut.

Panas tubuh dari orang lain juga bagus untuk diberikan, suruh seseorang melepas pakaian, dan berbagi pakai selimut dengan si korban. Jika penderita sadar, berikan minuman hangat jangan memberikan minuman alkohol. Segeralah cari bantuan medis.

Seperti halnya terlalu kepanasan, anak muda dan orang tua merupakan sasaran paling banyak. Alasannya, tubuh kurang efisien dalam mengatur temperatur tubuh. Namun, orang dewasa yang fitpun, dapat kedinginan jika terlalu lama berada di air dingin, udara dingin atau di cuaca dingin tanpa pelindung. Selain itu minuman beralkohol dan narkotika juga mengurangi mekanisme pemanasan tubuh.

Untuk menghadapi bahaya kedinginan bawalah beberapa lapis pakaian kering. Siapkan mantel hujan, jaket tebal, dan kantung tidur. Masukkan pakaian kedalam kantong plastik sebelum dimasukkan ke dalam tas. Gunakan cover pelindung air untuk membungkus tas. Bawalah bekal makanan yang cukup, ada baiknya membawa bekal lebih guna menghapi tertundanya perjalanan karena cuaca atau harus beristirahat karena sakit. Pelajari jalur yang akan ditempuh sebelum melakukan pendakian, hal ini bisa ditanyakan ke petugas pos penjagaan. Rencanakan dan pilih tempat yang akan digunakanan untuk beristirahat, berlindung, memasak, dan mendirikan tenda.

Pilihlah pendakian pada musim kemarau, karena pada musim penghujan curah hujannya tinggi sering ada badai dan tanah longsor, di musim kemaraupun di gunung sering turun hujan namun tidak sebanyak dan sesering di musim hujan. Musim kemarau yang cerah suhu di gunung sangat dingin sekali bisa minus dibawah nol, dibeberapa gunung misal gunung semeru sering muncul kristal-kristal es. Bila cuaca sangat buruk dan sudah tidak sanggup menghadapi udara yang semakin dingin sebaiknya tidak melanjutkan pendakian, karena bisa berakibat sangat fatal.

Dalam menembus cuaca yang sangat dingin harus berusaha mengatasi rasa lapar, kelelahan dan mengantuk. Beristirahatlah sebentar saja bila terlalu lama badan justru akan semakin dingin dan semakin mengantuk, dengan berjalan badan biasanya menjadi hangat bahkan berkeringat. Termos kecil berisi kopi hangat sangat praktis untuk membantu mengatasi rasa dingin dan mengantuk. Sepatu bot dengan kaos kaki yang tebal dan kering sangat membantu. Sebaliknya sepatu basah, kaos kaki basah, dan sendal, dapat membuat kaki serasa beku. Beristirahat di antara hempasan angin dingin dan tebalnya kabut, justru semakin membuat badan menjadi menggigil, untuk itu carilah batu besar atau celah-celah batu untuk berlindung dari hempasan angin dingin. Bila ingin istirahat tunggulah sampai kabut menghilang, karena beristirahat di tengah kabut membuat pakaian basah dan berembun, sehingga semakin menyiksa badan. Kaos tangan, kerudung kepala, kaos kaki, jaket tebal bisa membantu mengatasi rasa dingin. Bila memungkinkan dan tidak membahayakan lingkungan bisa membuat api unggun untuk menghangatkan badan dan beristirahat.


Ketika hendak mendirikan tenda carilah tempat yang terlindung dari hempasan angin, dan usahakan tempat yang kering. Di tempat yang basah dan lembab embun dan kabut mudah terbentuk sehingga pakaian dan peralatan kita menjadi basah, berembun dan dingin.

Bila ingin minum obat minumlah pada waktu istirahat mau tidur jangan minum obat pada saat melakukan perjalanan sangat berbahaya. Beberapa jenis obat bisa membuat kita menjadi mengantuk atau tenggorokan kering.


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: sifa on April 04, 2006, 12:02:19 PM
apakah hipothermia bisa menyebabkan kematian?


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: hijjau on May 14, 2006, 04:03:04 PM
Tentu sama.
Selain tersesat / jatuh ke jurang, hipotermia juga salah satu penyebab banyaknya pendaki yang meninggal duniam terutama pada saat kondisi cuaca yang extrem.
Penurunan suhu tubuh 1-2 derajat saja sangat membahayakan sipendaki. Perbekalan yang cukup dan juga peralatan yg memadai sangatlah penting dipenuhi oleh seorang pendaki, demikian juga halnya dengan teknik dasar alam bebas.


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: goku on September 08, 2006, 02:34:05 PM
kalau kita terserang hypotermia wkt survival gimana
apa yang harus kita lakukan :-[


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: hijjau on September 08, 2006, 03:03:30 PM
kalau kita terserang hypotermia wkt survival gimana
apa yang harus kita lakukan :-[


Pertama cari tempat yg terlindung dari angin, lalu ganti pakaian yg basah / lembab dengan yang kering.
Selimuti tubuh biar hangat dan nyaman.
Bila ada teman, temannya itu sebaiknya memeluk korban hipotermia.


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: Ho Chi Minh on September 13, 2006, 05:33:27 PM
Halo GUGUN!!! wajah lo mirip ma Batistustas dech!!!Itu beneran pa kaga!!! ???
Perkenalin gw Ewin....

Seperti biasa gw kasih sharing menurut pengalaman gw!!! Menurut pengalaman gw, kalo kita terserang hipotermia,,,adalah:
1. Ganti semua baju atau apa apapun yang kita kenakan bila dalam keadaan lembab atau basah!!
2. Dekatkan diri anda ke dekat api, tapi jangan terlalu dekat, nanti kamu meleleh!!! kalo belum buat
cepetan buat!!!
3. Nach terus kalo kamu ada teman yang agak gemuk peluk aja dia!! kan hangat tuch!! :-*
4. Usahakan minum banyak air, makan banyak coklat!!! ;)
5. Gak usah terlalu banyak minum obat itu obat ini dech!! Cara alami aja kali yah...
Itu loh menurut pendapat gw kalo kita terserang hipotermia.. Gimana menurut rimbawan Indonesia lainnya!!!
Ditunggu loch balasannya!!!

|ewin@MAPALA FTI 2006|


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: jenggot on November 19, 2006, 03:15:25 AM
hmmm.....
menurut gw hipotermia lebih cenderung terjadi karena human error... muatan teknis nya dikit
kalo diterangin panjang jadi link aja yah.... ;)

http://tantapala.somee.com/asp/Artikel1.asp?txtfield1=Hipotermia

save our forest bro....


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: Hotmazter on January 18, 2007, 09:45:59 AM
Memang jarang terjadi secara teknis
tapi sering terjadi bila pendaki kurang siap dalam soal kesiapannya
contoh mudah adalah Kesehatan...,Obat2an dan yang paling penting juga mental
krn mental tanpa didukung oleh faktor pendukung lainnya maka ya pasti ada yang kurang, namanya juga berhubungan dengan Alam maka segalanya kita yang harus menyiapkan diri ;D


Title: Perlu Belajar Teori jg Bro...
Post by: Izoel on February 14, 2007, 02:20:14 AM
Ya hal ini sangt prinsipil bngt,cz bnyk para pendaki yg segan untk belajr ato skedar ingin tau mengenai teori mountainering dasar .So gak usah gengsi2an deh klo ngerasa lom bnyk tau ttg hal2 dasar spt ini,Hiportemia tidak perlu ditakutkan ???,tetapi perlu dipelajari dan diantisipasi so terus banyaklah belajar Bro....!!!sblm kita menghadapinya di alam bebas.Lo jangn ambil resiko klo cm nanjak2 doang dg mengesmpingkn hal2 tsb,apalagi tidak memperdulikan kelestarian alam/Gunung yg lo kunjungi.Gue kira temen2 smua jg setuju :) :) :)

Izoel_cirebon
Not Just Adventure's....!!!


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: dZIEL on February 14, 2007, 05:29:49 AM
BTulll BGT, gw stuju ma bnyk pendapat disini,
mulai dari human error, kesiapan pendakian, sampai ke masalah teori2 mountenering. ya,, smua tu penting!
kita mang musti bener2 ngebekalin diri kita tentang pengetahuan2 yg berhubungan ma hipotermia dan berbagai penyakit2 lain, ksiapan alat2 yg mendukung pendakian demi keselamatan perjalanan, juga fisik dan mental diri pribadi.
blh gw tambah dikit mengenai fisik,
yang gw liat dari pengalaman gw,
sekiranya daya tahan tubuh juga perlu dpt latihan2 fisik pd saat sebelum mengadakan pendakian, misal; olah raga teratur. demi menjaga kestabilan power yang akan kita butuhkan pada saat pendakian, biar ga tekor gitu... :o


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: GENDON on March 01, 2007, 01:32:45 PM
Gimane tu mas Gugun atao temen yang lainnya, ditagih tu bang Sibog ....


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: Ho Chi Minh on March 01, 2007, 03:03:38 PM
jEngGot da kasi jawaban paling tepat tuhh..
Buka aje link yang dikasi beliau!!...

http://tantapala.somee.com/asp/Artikel1.asp?txtfield1=Hipotermia


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: djoko on March 07, 2007, 04:25:37 PM
CMIIW ( Tolong dikoreksi jika saya keliru ).

Ada Hipotermia ( Hypothermia ) dan ada "hipotermia". Sebetulnya sih cuman ada 1 aja. Hipotermia ya hipotermia , tapi saya pisah jadi 2 , yang satu pakai tanda kutip, itu cuman gaya bahasa saya aja untuk membedakan 2 kondisi.

Istilah hipotermia ( secara sederhananya ) ya yang teman-teman sebut ( penyakit karena over ) kedinginan alias anjloknya suhu tubuh. Menurut saya nggak perlu sampai di amputasi. Kalau "hipothermia"nya sampai terpaksa harus di amputasi, saran saya, jangan pakai istilah hipotermia lagi, tapi ada istilah khususnya yaitu Frostbite ( orangnya atau bagian tubuh lainnya silahkan disebut kena hipotermia tapi bagian yang harus diamputasi -biasanya jadi kehitaman seperti hangus dan jaringannya mati/rusak- kita sebut kena frostbite. Gejala awal frostbite ( sebelum menghitam , alias frostbite tingkat ringan ) , bagian kulit akan terlihat membengkak , kemerah-merahan dan terlihat licin mengkilat.

Tentang angin atau kecepatan aliran udara, itu memang bisa/akan menurunkan temperatur menjadi lebih rendah beberapa point. Pada temperatur yang semakin tinggi, pengaruh itu kurang terasa , tetapi setiap perubahan kecepatan angin ditempat bersuhu rendah, bisa sangat meningkatkan bahaya ( menurunkan suhu dan mempercepat timbulnya frostbite ), gejala ini disebut Wind Chill. Wind chill mulai terasa pada suhu sekitar 0 derajat celcius. Semakin rendah, bahaya wind chill semakin tinggi.

Kita bisa menghitung sendiri anjloknya suhu akibat wind chill dengan rumus matematik , tapi juga ada tabel wind chill yang tinggal pakai/baca.

Ada banyak situs/link kok yang bicara seputar wind chill. Saya sendiri memasukkan materi wind chill tsb. dalam basic training di klub saya AMC 1969 ( kita bersyukur bahwa belum pernah ada korban dalam usia 38 thn klub kita. Doakan ya kedepan akan aman-aman terus selama safety kita perhatikan/kenali baik-baik ).

Kalau tertarik belajar wind chill lebih jauh, silahkan cari pakai search engine Google atau lainnya.

Semoga kita semua senantiasa aman dan sehat dalam pendakian & petualangan.

Salam Rimba, gunung , lembah, sungai dan laut

Djoko / A-008


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: GENDON on March 07, 2007, 04:40:24 PM
Saya pikir kalo pingin belajar Wind Chill ga usah ke Google Search Engine lah, cukup beli tiket ke Surabaya dan search Mas Djoko, mosok yo mentolo ga gelem nguruk i adik-adik e sing mendo-mendo iki ...


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: djoko on March 10, 2007, 10:21:22 AM
Saya berikan sedikit bonus kecil untuk teman2 pendaki. Tapi terlanjur postingnya ditopik "Gempa Sumbar". Cuman bonus kecil jadi maaf kalau kurang bermanfaat.


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: GENDON on March 10, 2007, 10:55:20 AM
Wah, jualan kacang deh gue ....


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: djoko on March 10, 2007, 11:16:09 AM
Lho Mas Gendon jualan kacang ?
Kita sama dong. Saya juga jualan kacang ( bikin asosiasi yuk ).

Yang busuk dan nggak bisa dimakan buang/tumpahin aja.
Kacang saya banyak yang gratis lho. Cuman cara membagikannya yang sulit karena kacangnya panjang panjang. Ngasihnya kayaknya perlu dari tangan ketangan.



Title: obat-obatan yang dibawa waktu mendaki
Post by: martinnn on October 05, 2007, 08:39:57 PM
guys....g pgn nanya nih ^^

ada gak obat yg harus diminum sebelum atau sesudah naik gunung ?

g pernah waktu pulang turun gunung malah kena malaria... :'( :'( :'(


Title: Re: obat-obatan yang dibawa waktu mendaki
Post by: Andik on October 06, 2007, 11:53:25 AM
Yang gw tau si nyamuk malari aitu adanya di daerah sekitar pantai, terurtama di perairanair dangkal (hutan mangrove/bakau). TApi gak papah si, untuk jaga2 martinn bisa minum PIL KINA sebelum dan sesudah berangkat.


Title: Re: obat-obatan yang dibawa waktu mendaki
Post by: martinnn on October 07, 2007, 05:50:48 PM
oh iya lupa bukan waktu g turun gunung, tapi waktu g pulang dari taman nasional ujung kulon...... haha


Title: KOREKSI Cara Penanganan Hypotermia !!!
Post by: jenggot on December 22, 2007, 08:46:45 PM
jaga2 aja karena musim hujan tiba tapi pendakian masih marak......

ketika terkena hypotermia maka yang paling pertama harus dihangatkan (distabilkan suhunya) adalah organ dalam tubuh (jantung, paru dll) !!!!
jika ada yang menggunakan cara lama dengan menghangatkan tubuh (kulit), akan sangat beresiko karena jika organ dalam tetap dingin maka toxic di saluran utama darah akan mengalir ke jantung dan fatal.

teknis :
hangatkan organ dalam dengan memasukan minuman hangat ke tubuh korban (infus kalo ada), setelah itu sisanya biarkan jantung yang memproduksi panas dan bekerja menghangatkan tubuh yang lain dengan sendirinya via darah yang mengalir ke seluruh tubuh.

solusi :
kenali lebih dekat hypotermia dengan memahami metabolisme tubuh manusia.

semoga bermanfaat.
source : buletin national documentary foundation


Title: Re: KOREKSI Cara Penanganan Hypotermia !!!
Post by: KluxKluxKlan on February 14, 2008, 12:48:37 PM
nambahin satu...

biasanya kalo di gunung, jika ada yang menderita hypotermia, segera buka baju penderita terus dekap badannya sehingga panas badan bisa ditransfer....

tapi jangan berpikir2 yang aneh2 ya....... ::)


Title: Re: obat-obatan yang dibawa waktu mendaki
Post by: KluxKluxKlan on February 14, 2008, 01:47:35 PM
elo jangan lupa bawa DIAPET...


Title: Re: obat-obatan yang dibawa waktu mendaki
Post by: Andik on February 14, 2008, 06:35:59 PM
Penghilang rasa nyeri (paresetamol), peregang otot, obat anti masuk angin, trombopop salep juga jangan lupa ATP & Surbek-T buat stamina.


Title: Re: obat-obatan yang dibawa waktu mendaki
Post by: Ho Chi Minh on February 16, 2008, 11:39:21 AM
sekedar tambahan;

ikan teri atau ikan asin sebagai obat lapar..


Title: Re: obat-obatan yang dibawa waktu mendaki
Post by: bonzaik on February 17, 2008, 10:13:45 AM
ide yang cemerlang bung erwin... :D


sekedar tambahan;

ikan teri atau ikan asin sebagai obat lapar..


Title: Re: KOREKSI Cara Penanganan Hypotermia !!!
Post by: bonzaik on February 17, 2008, 10:19:13 AM
om jenggot..? kayaknya masih banyak deh tips2 buat nanganin hypotermia....

please kasih lagi dong tips2nya

makasih om,

pernah jadi korban soalnya, jadi masih sedikit trauman gituh.......please tips2nya di tambahin yah.



jaga2 aja karena musim hujan tiba tapi pendakian masih marak......

ketika terkena hypotermia maka yang paling pertama harus dihangatkan (distabilkan suhunya) adalah organ dalam tubuh (jantung, paru dll) !!!!
jika ada yang menggunakan cara lama dengan menghangatkan tubuh (kulit), akan sangat beresiko karena jika organ dalam tetap dingin maka toxic di saluran utama darah akan mengalir ke jantung dan fatal.

teknis :
hangatkan organ dalam dengan memasukan minuman hangat ke tubuh korban (infus kalo ada), setelah itu sisanya biarkan jantung yang memproduksi panas dan bekerja menghangatkan tubuh yang lain dengan sendirinya via darah yang mengalir ke seluruh tubuh.

solusi :
kenali lebih dekat hypotermia dengan memahami metabolisme tubuh manusia.

semoga bermanfaat.
source : buletin national documentary foundation


Title: Re: obat-obatan yang dibawa waktu mendaki
Post by: GENDON on February 22, 2008, 09:58:18 PM
P3K !


Title: Re: obat-obatan yang dibawa waktu mendaki
Post by: Ho Chi Minh on February 23, 2008, 09:34:50 AM
Tambah lebih baik kalo ada orang yang ngerti Basic Rescue, River and Forest Rescue, First Aid, CPR, dan DR ABC..
kira2 begitu dehh..
ada obat juga kalo gak ngerti langkah real penangulangannya juga bo'ong..


Title: Re: KOREKSI Cara Penanganan Hypotermia !!!
Post by: jenggot on February 23, 2008, 09:14:40 PM
http://gappala.or.id/forum/index.php/topic,16.15.html


Title: Re: obat-obatan yang dibawa waktu mendaki
Post by: GENDON on February 25, 2008, 09:27:41 PM
Tambah lebih baik kalo ada orang yang ngerti Basic Rescue, River and Forest Rescue, First Aid, CPR, dan DR ABC..
kira2 begitu dehh..
ada obat juga kalo gak ngerti langkah real penangulangannya juga bo'ong..

Namanya juga topik tentang obat, kalo tentang orangnya, jadi gini dong judulnya : " Orang-Orangan Yang Dibawa Waktu Mendaki ..... "

Hihihihihiihi ..... Ewin .... Ewin ....


Title: Re: obat-obatan yang dibawa waktu mendaki
Post by: dZIEL on February 26, 2008, 10:42:59 AM
he,,, hhe... betuull om......
bisa adja om gendon nech.......

tp, pa EWIN juga ada benernye,
(gimane kalo mpe salah obat/dosis,,, tambah repotz khan ?!!)
cuma masalah 'topik yg kurang pas....

lagian.... sapa juga yg mo sakit/repot di gunung, khan Prepare...
Semua bakal jadi baik, dan lebih baik lagi.
skill .... Prepare .....

Nb. (nambah... dikit, )
---- Obat2an Pribadi, spt obat2 yg berhubungan ma penyakit personal pendaki.
dan paling tidak (lebih baik) orang tsb mengerti cara penanggulangan nya.



Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: newyogyes_top on August 30, 2008, 08:27:39 AM
apakah hipothermia bisa menyebabkan kematian?
Hipotermia adalah suatu keadaan dimana tubuh merasa sangat kedinginan. Setelah panas dipermukaan tubuh hilang maka akan terjadi pendinginan pada jaringan dalam dan organ tubuh. Kedinginan yang terlalu lama dapat menyebabkan tubuh beku, pembuluh darah dapat mengerut dan memutus aliran darah ke telinga, hidung, jari dan kaki. Dalam kondisi yang parah mungkin korban menderita ganggren (kemuyuh) dan perlu diamputasi. Dan hipothermia dapat menyebabkan kematian


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: pendakilemot on November 03, 2008, 12:41:31 AM
apakah hipothermia bisa menyebabkan kematian?

Iya banget, hipotermi emang bisa menyebabkan kematian. Pravelensinya juga tinggi (bener ga ya pemilihan katanya, maklum hanya orang biasa/bukan medis yang masih belajar).

Kalo ga salah tuh, kita ni bukan dari golongan spesies berdarah panas, so kita ga bisa nyesuaiin sm suhu lingkungan (di postingan awal udh lengkap banget tuh). Jadi, mau ga mau, penurunan suhu lingkungan akan sangat berdampak pada kita. Besar kecilnya pengaruh tergantung pada kemampuan kita dalam mengkompensasi perubahan tersebut. Kadang respon yang diaktifkan oleh dingin seperti menggigil, lapar, peningkatan aktivitas voluntar, peningkatan sekresi epinefrin dan norepinefrin, vasokontriksi kulit, blababla.... belum bisa mempertahankan suhu tubuh sehingga menyebabkan hipotermi. Dan hipotermi sendiri apabila tidak ditangani sesegera mungkin taruhannya adalah nyawa.

Proses metabolik dan fisiologis (termasuk enzimatik) sel dan organ tubuh kita memerlukan suhu optimum, di luar suhu optimum tersebut, prosesnya akan terganggu dan bahkan bisa terjadi kegagalan multi organ. Penurunan sedikit saja suhu tubuh bisa menyebabkan kecepatan pernafasan turun, denyut jantung melambat, tekanan darah drop, kesadaran menghilang, dan akhirnya kematian. Dan kalau kita nenilik kasus kematian di gunung, hipotermi ini menduduki peringkat pertama penyebab kematian. Jadi waspasai selalu hipotermi, kenali tanda-tandanya dan cara penanganannya.

Kalau salah mohon dikoreksi ya

Salam sayang
Pendaki lemot


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: toge on November 03, 2008, 09:23:44 AM
semoga gw selalu waspada terhadap hypo...sehingga tidak berujung pada kematian


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: pilar on November 03, 2008, 12:39:02 PM
Berarti aku termasuk hiportemi donk :'( :'( :'(


aku emang nggak bisa nahan dingin....gmn donk ??? hiksss....
tapi pengalaman di pasar bubrah kemaren di jadikan pelajaran dech...


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: 4ndre on November 03, 2008, 09:01:41 PM

aku emang nggak bisa nahan dingin....gmn donk ??? hiksss....
tapi pengalaman di pasar bubrah kemaren di jadikan pelajaran dech...


setau gw sih kalo stamina bagus makin kuat nahan dingin.
rajin joging aj buat ningkatin stamina.
:)


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: dZIEL on December 12, 2008, 11:19:13 AM
Mesti Kudu Lebih Waspada kalo Pendakian musim Hujan Kayak skarang neh, Prepare Perlengkapan Musti kudu lebih siap ngadepin Cuaca...

Untuk Nahan Dingin (kedinginan), Modal Pertama Saya rasa Me-reCharge / suplay makanan sbg Pembakaran yg menghasilkan Tenaga (sumber hawa pada tubuh)
Selanjutnya (pasti) Baru Lapisan Pakaian dan Perlengkapan penahan dingin ...
( tapi kan Lebih baik lg kalo ada tenaga dan Perlengkapan :) )

salam.Koreksi kalo salah. :)


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: Dwee on December 12, 2008, 06:56:13 PM
Mesti Kudu Lebih Waspada kalo Pendakian musim Hujan Kayak skarang neh, Prepare Perlengkapan Musti kudu lebih siap ngadepin Cuaca...

Untuk Nahan Dingin (kedinginan), Modal Pertama Saya rasa Me-reCharge / suplay makanan sbg Pembakaran yg menghasilkan Tenaga (sumber hawa pada tubuh)
Selanjutnya (pasti) Baru Lapisan Pakaian dan Perlengkapan penahan dingin ...
( tapi kan Lebih baik lg kalo ada tenaga dan Perlengkapan :) )

salam.Koreksi kalo salah. :)

;) ;) ;) ;) ;) ;) ;)

setuju om dziel, modal pertama suplay makanan yang cukup. klw tubuh udah cukup kuat, makan yang lain tinggal menyesuaikan ajah. . .

salam . . .


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: Krupoek_MLarat on December 14, 2008, 06:12:27 AM
Mesti Kudu Lebih Waspada kalo Pendakian musim Hujan Kayak skarang neh, Prepare Perlengkapan Musti kudu lebih siap ngadepin Cuaca...

Untuk Nahan Dingin (kedinginan), Modal Pertama Saya rasa Me-reCharge / suplay makanan sbg Pembakaran yg menghasilkan Tenaga (sumber hawa pada tubuh)
Selanjutnya (pasti) Baru Lapisan Pakaian dan Perlengkapan penahan dingin ...
( tapi kan Lebih baik lg kalo ada tenaga dan Perlengkapan :) )

salam.Koreksi kalo salah. :)

;) ;) ;) ;) ;) ;) ;)

setuju om dziel, modal pertama suplay makanan yang cukup. klw tubuh udah cukup kuat, makan yang lain tinggal menyesuaikan ajah. . .

salam . . .
Setubuh juga ama om Dziel....(ngemeng2 kemane aje om? ;D ) Mengingat...Ketahanan tubuh sangat penting dan diperlukan sekali dalam menghadapi berbagai "medan", kalo body dah kuat, tenaga cukup...mungkin semua itu ga bakal terjadi pada diri kita...amin.... :-* :-*


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: jojon on December 15, 2008, 02:18:37 PM
betul hati-hati dengan yang satu ini. dan bulan januari - maret adalah saat yang rawan untuk musibah-musibah baik di darat laut udara. waspada lah para petualang indonesia


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: dZIEL on December 15, 2008, 06:08:22 PM
Mesti Kudu Lebih Waspada kalo Pendakian musim Hujan Kayak skarang neh, Prepare Perlengkapan Musti kudu lebih siap ngadepin Cuaca...

Untuk Nahan Dingin (kedinginan), Modal Pertama Saya rasa Me-reCharge / suplay makanan sbg Pembakaran yg menghasilkan Tenaga (sumber hawa pada tubuh)
Selanjutnya (pasti) Baru Lapisan Pakaian dan Perlengkapan penahan dingin ...
( tapi kan Lebih baik lg kalo ada tenaga dan Perlengkapan :) )

salam.Koreksi kalo salah. :)

;) ;) ;) ;) ;) ;) ;)

setuju om dziel, modal pertama suplay makanan yang cukup. klw tubuh udah cukup kuat, makan yang lain tinggal menyesuaikan ajah. . .

salam . . .
Setubuh juga ama om Dziel....(ngemeng2 kemane aje om? ;D ) Mengingat...Ketahanan tubuh sangat penting dan diperlukan sekali dalam menghadapi berbagai "medan", kalo body dah kuat, tenaga cukup...mungkin semua itu ga bakal terjadi pada diri kita...amin.... :-* :-*

Gw ada om Krupuk....
sedang agak2 kena gejala Hypo kantong dan hypotime@datelines.... maklum akhir taun... :p


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: Krupoek_MLarat on December 16, 2008, 01:02:06 AM
Mesti Kudu Lebih Waspada kalo Pendakian musim Hujan Kayak skarang neh, Prepare Perlengkapan Musti kudu lebih siap ngadepin Cuaca...

Untuk Nahan Dingin (kedinginan), Modal Pertama Saya rasa Me-reCharge / suplay makanan sbg Pembakaran yg menghasilkan Tenaga (sumber hawa pada tubuh)
Selanjutnya (pasti) Baru Lapisan Pakaian dan Perlengkapan penahan dingin ...
( tapi kan Lebih baik lg kalo ada tenaga dan Perlengkapan :) )

salam.Koreksi kalo salah. :)

;) ;) ;) ;) ;) ;) ;)

setuju om dziel, modal pertama suplay makanan yang cukup. klw tubuh udah cukup kuat, makan yang lain tinggal menyesuaikan ajah. . .

salam . . .
Setubuh juga ama om Dziel....(ngemeng2 kemane aje om? ;D ) Mengingat...Ketahanan tubuh sangat penting dan diperlukan sekali dalam menghadapi berbagai "medan", kalo body dah kuat, tenaga cukup...mungkin semua itu ga bakal terjadi pada diri kita...amin.... :-* :-*

Gw ada om Krupuk....
sedang agak2 kena gejala Hypo kantong dan hypotime@datelines.... maklum akhir taun... :p
Buuuueeehhhh....muantebbb dah...T.O.P.B.G.T...ngejer setoran yee om dziel? ;D ;D
Gw tunggu yee undangannyeeee ;D ;D
Hekuahkaeuhkahkahka....
ShaLhamhan.... :-*


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: pilar on December 16, 2008, 10:03:02 AM
Mesti Kudu Lebih Waspada kalo Pendakian musim Hujan Kayak skarang neh, Prepare Perlengkapan Musti kudu lebih siap ngadepin Cuaca...

Untuk Nahan Dingin (kedinginan), Modal Pertama Saya rasa Me-reCharge / suplay makanan sbg Pembakaran yg menghasilkan Tenaga (sumber hawa pada tubuh)
Selanjutnya (pasti) Baru Lapisan Pakaian dan Perlengkapan penahan dingin ...
( tapi kan Lebih baik lg kalo ada tenaga dan Perlengkapan :) )

salam.Koreksi kalo salah. :)

;) ;) ;) ;) ;) ;) ;)

setuju om dziel, modal pertama suplay makanan yang cukup. klw tubuh udah cukup kuat, makan yang lain tinggal menyesuaikan ajah. . .

salam . . .
Setubuh juga ama om Dziel....(ngemeng2 kemane aje om? ;D ) Mengingat...Ketahanan tubuh sangat penting dan diperlukan sekali dalam menghadapi berbagai "medan", kalo body dah kuat, tenaga cukup...mungkin semua itu ga bakal terjadi pada diri kita...amin.... :-* :-*

Gw ada om Krupuk....
sedang agak2 kena gejala Hypo kantong dan hypotime@datelines.... maklum akhir taun... :p
Buuuueeehhhh....muantebbb dah...T.O.P.B.G.T...ngejer setoran yee om dziel? ;D ;D
Gw tunggu yee undangannyeeee ;D ;D
Hekuahkaeuhkahkahka....
ShaLhamhan.... :-*


Pilar juga nunggu undangannya nich om :-* ;D


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: Andi SERGAP ! on December 16, 2008, 04:07:33 PM
untuk mencegah hypo selain makanan yang harus OK.
Perlengkapan pada saat mendaki kudu wajib bin harus :
1.pake sepatu ( krn demam bisa terjadi krn kaki kedinginan)
2.jacket wind proof dan lapis jaket polar (standarlah)

nah kalo lagi saat ngecamp:
1.tenda ( kalo bisa tertutup dan ada teras agar bisa menyalakan api di teras)
2.sleeping bag ( yang tahan minimal under 5 derajat)

tambahan : jgn biarkan tubuh anda terus terbungkus pakaian basah,,ganti secepatnya dengan pakaian kering

hm,Insya Allah hypo bisa terhindarkan... ;)

salam sergap ;)


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: dZIEL on December 17, 2008, 10:06:46 AM
" Pilar juga nunggu undangannya nich om" :-* ;D

Nunggu Undangan ?? ??? ???
Gw Undang Ngopi Di mandala wangi aja maouk??

tapi tetep pake sepatu, jacket wind proof dan lapis jaket polar, jng Lupa Matras kesayangan yahhh.... :o
( repot.. repot deh, nyang Penting bisa ngopi disana. )


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: pilar on December 17, 2008, 11:17:01 AM
" Pilar juga nunggu undangannya nich om" :-* ;D

Nunggu Undangan ?? ??? ???
Gw Undang Ngopi Di mandala wangi aja maouk??

tapi tetep pake sepatu, jacket wind proof dan lapis jaket polar, jng Lupa Matras kesayangan yahhh.... :o
( repot.. repot deh, nyang Penting bisa ngopi disana. )

Boleh...Boleh... :)


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: Dwee on December 17, 2008, 04:14:27 PM
untuk mencegah hypo selain makanan yang harus OK.
Perlengkapan pada saat mendaki kudu wajib bin harus :
1.pake sepatu ( krn demam bisa terjadi krn kaki kedinginan)
2.jacket wind proof dan lapis jaket polar (standarlah)

nah kalo lagi saat ngecamp:
1.tenda ( kalo bisa tertutup dan ada teras agar bisa menyalakan api di teras)
2.sleeping bag ( yang tahan minimal under 5 derajat)

tambahan : jgn biarkan tubuh anda terus terbungkus pakaian basah,,ganti secepatnya dengan pakaian kering

hm,Insya Allah hypo bisa terhindarkan... ;)

salam sergap ;)

;) ;) ;)

Setubuh deh bang andi . . .


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: Krupoek_MLarat on December 18, 2008, 01:38:43 AM
" Pilar juga nunggu undangannya nich om" :-* ;D

Nunggu Undangan ?? ??? ???
Gw Undang Ngopi Di mandala wangi aja maouk??

tapi tetep pake sepatu, jacket wind proof dan lapis jaket polar, jng Lupa Matras kesayangan yahhh.... :o
( repot.. repot deh, nyang Penting bisa ngopi disana. )
Gimane kalo kita ngupi di mandalawangi, makan bubur oreg tempe di merapi, dan nebeng tidur di bromo bos??biar lebih repot dah.... ;D ;D ;D
ShaLhamhan....

*Sorry OOT... :-*


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: sandal_bakiak on December 20, 2008, 12:24:03 PM
Untuk menghadapi bahaya kedinginan bawalah beberapa lapis pakaian kering. Siapkan mantel hujan, jaket tebal, dan kantung tidur. Masukkan pakaian kedalam kantong plastik sebelum dimasukkan ke dalam tas. Gunakan cover pelindung air untuk membungkus tas. Bawalah bekal makanan yang cukup, ada baiknya membawa bekal lebih guna menghapi tertundanya perjalanan karena cuaca atau harus beristirahat karena sakit. Pelajari jalur yang akan ditempuh sebelum melakukan pendakian, hal ini bisa ditanyakan ke petugas pos penjagaan. Rencanakan dan pilih tempat yang akan digunakanan untuk beristirahat, berlindung, memasak, dan mendirikan tenda.

Pilihlah pendakian pada musim kemarau, karena pada musim penghujan curah hujannya tinggi sering ada badai dan tanah longsor, di musim kemaraupun di gunung sering turun hujan namun tidak sebanyak dan sesering di musim hujan. Musim kemarau yang cerah suhu di gunung sangat dingin sekali bisa minus dibawah nol, dibeberapa gunung misal gunung semeru sering muncul kristal-kristal es. Bila cuaca sangat buruk dan sudah tidak sanggup menghadapi udara yang semakin dingin sebaiknya tidak melanjutkan pendakian, karena bisa berakibat sangat fatal.

(semoga berguna)


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: cow on January 05, 2009, 02:35:08 PM
Untuk menghadapi bahaya kedinginan bawalah beberapa lapis pakaian kering. Siapkan mantel hujan, jaket tebal, dan kantung tidur. Masukkan pakaian kedalam kantong plastik sebelum dimasukkan ke dalam tas. Gunakan cover pelindung air untuk membungkus tas. Bawalah bekal makanan yang cukup, ada baiknya membawa bekal lebih guna menghapi tertundanya perjalanan karena cuaca atau harus beristirahat karena sakit. Pelajari jalur yang akan ditempuh sebelum melakukan pendakian, hal ini bisa ditanyakan ke petugas pos penjagaan. Rencanakan dan pilih tempat yang akan digunakanan untuk beristirahat, berlindung, memasak, dan mendirikan tenda.

Pilihlah pendakian pada musim kemarau, karena pada musim penghujan curah hujannya tinggi sering ada badai dan tanah longsor, di musim kemaraupun di gunung sering turun hujan namun tidak sebanyak dan sesering di musim hujan. Musim kemarau yang cerah suhu di gunung sangat dingin sekali bisa minus dibawah nol, dibeberapa gunung misal gunung semeru sering muncul kristal-kristal es. Bila cuaca sangat buruk dan sudah tidak sanggup menghadapi udara yang semakin dingin sebaiknya tidak melanjutkan pendakian, karena bisa berakibat sangat fatal.

(semoga berguna)

setubuh banget tuh eh setuju iya setuju ;D ;D


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: pitik goreng on January 09, 2009, 06:30:27 AM
Untuk menghadapi bahaya kedinginan bawalah beberapa lapis pakaian kering. Siapkan mantel hujan, jaket tebal, dan kantung tidur. Masukkan pakaian kedalam kantong plastik sebelum dimasukkan ke dalam tas. Gunakan cover pelindung air untuk membungkus tas. Bawalah bekal makanan yang cukup, ada baiknya membawa bekal lebih guna menghapi tertundanya perjalanan karena cuaca atau harus beristirahat karena sakit. Pelajari jalur yang akan ditempuh sebelum melakukan pendakian, hal ini bisa ditanyakan ke petugas pos penjagaan. Rencanakan dan pilih tempat yang akan digunakanan untuk beristirahat, berlindung, memasak, dan mendirikan tenda.

Pilihlah pendakian pada musim kemarau, karena pada musim penghujan curah hujannya tinggi sering ada badai dan tanah longsor, di musim kemaraupun di gunung sering turun hujan namun tidak sebanyak dan sesering di musim hujan. Musim kemarau yang cerah suhu di gunung sangat dingin sekali bisa minus dibawah nol, dibeberapa gunung misal gunung semeru sering muncul kristal-kristal es. Bila cuaca sangat buruk dan sudah tidak sanggup menghadapi udara yang semakin dingin sebaiknya tidak melanjutkan pendakian, karena bisa berakibat sangat fatal.


setuju bro,.... masalahnya,.. banyak para pendaki pemula yang naik gunung cuma modal nekat, yang model begini tentu harus dibekali dengan informasi yang mencukupi untuk mendaki


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: pilar on January 09, 2009, 09:53:39 AM
Untuk menghadapi bahaya kedinginan bawalah beberapa lapis pakaian kering. Siapkan mantel hujan, jaket tebal, dan kantung tidur. Masukkan pakaian kedalam kantong plastik sebelum dimasukkan ke dalam tas. Gunakan cover pelindung air untuk membungkus tas. Bawalah bekal makanan yang cukup, ada baiknya membawa bekal lebih guna menghapi tertundanya perjalanan karena cuaca atau harus beristirahat karena sakit. Pelajari jalur yang akan ditempuh sebelum melakukan pendakian, hal ini bisa ditanyakan ke petugas pos penjagaan. Rencanakan dan pilih tempat yang akan digunakanan untuk beristirahat, berlindung, memasak, dan mendirikan tenda.

Pilihlah pendakian pada musim kemarau, karena pada musim penghujan curah hujannya tinggi sering ada badai dan tanah longsor, di musim kemaraupun di gunung sering turun hujan namun tidak sebanyak dan sesering di musim hujan. Musim kemarau yang cerah suhu di gunung sangat dingin sekali bisa minus dibawah nol, dibeberapa gunung misal gunung semeru sering muncul kristal-kristal es. Bila cuaca sangat buruk dan sudah tidak sanggup menghadapi udara yang semakin dingin sebaiknya tidak melanjutkan pendakian, karena bisa berakibat sangat fatal.

(semoga berguna)

Ren.. setebal apapun jaket
kalau memang sudah dirasa kedinginan nggak bakal bisa mengurangi rasa dingin
pengalamanku di Merapi atau Pangrango kemaren...
duch.. pas malem harinya bener2 nggak bisa ngurangin rasa dingin..
padahal jaket udh berlapis2...

apalagi pada bagian kaki.. mu tidur rasanya nggak bisa dech..
dingin di kaki terasa menusuk .. :)


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: cow on January 09, 2009, 02:01:00 PM
Untuk menghadapi bahaya kedinginan bawalah beberapa lapis pakaian kering. Siapkan mantel hujan, jaket tebal, dan kantung tidur. Masukkan pakaian kedalam kantong plastik sebelum dimasukkan ke dalam tas. Gunakan cover pelindung air untuk membungkus tas. Bawalah bekal makanan yang cukup, ada baiknya membawa bekal lebih guna menghapi tertundanya perjalanan karena cuaca atau harus beristirahat karena sakit. Pelajari jalur yang akan ditempuh sebelum melakukan pendakian, hal ini bisa ditanyakan ke petugas pos penjagaan. Rencanakan dan pilih tempat yang akan digunakanan untuk beristirahat, berlindung, memasak, dan mendirikan tenda.

Pilihlah pendakian pada musim kemarau, karena pada musim penghujan curah hujannya tinggi sering ada badai dan tanah longsor, di musim kemaraupun di gunung sering turun hujan namun tidak sebanyak dan sesering di musim hujan. Musim kemarau yang cerah suhu di gunung sangat dingin sekali bisa minus dibawah nol, dibeberapa gunung misal gunung semeru sering muncul kristal-kristal es. Bila cuaca sangat buruk dan sudah tidak sanggup menghadapi udara yang semakin dingin sebaiknya tidak melanjutkan pendakian, karena bisa berakibat sangat fatal.

(semoga berguna)

Ren.. setebal apapun jaket
kalau memang sudah dirasa kedinginan nggak bakal bisa mengurangi rasa dingin
pengalamanku di Merapi atau Pangrango kemaren...
duch.. pas malem harinya bener2 nggak bisa ngurangin rasa dingin..
padahal jaket udh berlapis2...

apalagi pada bagian kaki.. mu tidur rasanya nggak bisa dech..
dingin di kaki terasa menusuk .. :)

emang dimerapi banyak belingnya ya tu kaki ketusuk tusuk ;D


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: pilar on January 10, 2009, 10:26:13 AM
Untuk menghadapi bahaya kedinginan bawalah beberapa lapis pakaian kering. Siapkan mantel hujan, jaket tebal, dan kantung tidur. Masukkan pakaian kedalam kantong plastik sebelum dimasukkan ke dalam tas. Gunakan cover pelindung air untuk membungkus tas. Bawalah bekal makanan yang cukup, ada baiknya membawa bekal lebih guna menghapi tertundanya perjalanan karena cuaca atau harus beristirahat karena sakit. Pelajari jalur yang akan ditempuh sebelum melakukan pendakian, hal ini bisa ditanyakan ke petugas pos penjagaan. Rencanakan dan pilih tempat yang akan digunakanan untuk beristirahat, berlindung, memasak, dan mendirikan tenda.

Pilihlah pendakian pada musim kemarau, karena pada musim penghujan curah hujannya tinggi sering ada badai dan tanah longsor, di musim kemaraupun di gunung sering turun hujan namun tidak sebanyak dan sesering di musim hujan. Musim kemarau yang cerah suhu di gunung sangat dingin sekali bisa minus dibawah nol, dibeberapa gunung misal gunung semeru sering muncul kristal-kristal es. Bila cuaca sangat buruk dan sudah tidak sanggup menghadapi udara yang semakin dingin sebaiknya tidak melanjutkan pendakian, karena bisa berakibat sangat fatal.

(semoga berguna)

Ren.. setebal apapun jaket
kalau memang sudah dirasa kedinginan nggak bakal bisa mengurangi rasa dingin
pengalamanku di Merapi atau Pangrango kemaren...
duch.. pas malem harinya bener2 nggak bisa ngurangin rasa dingin..
padahal jaket udh berlapis2...

apalagi pada bagian kaki.. mu tidur rasanya nggak bisa dech..
dingin di kaki terasa menusuk .. :)

emang dimerapi banyak belingnya ya tu kaki ketusuk tusuk ;D

wakakakakakak...
aah si om nich... haduh..haduh.. aku jadi ;D


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: cpot on January 10, 2009, 01:29:51 PM
Pilihlah pendakian pada musim kemarau, karena pada musim penghujan curah hujannya tinggi sering ada badai dan tanah longsor, di musim kemaraupun di gunung sering turun hujan namun tidak sebanyak dan sesering di musim hujan. Musim kemarau yang cerah suhu di gunung sangat dingin sekali bisa minus dibawah nol, dibeberapa gunung misal gunung semeru sering muncul kristal-kristal es. Bila cuaca sangat buruk dan sudah tidak sanggup menghadapi udara yang semakin dingin sebaiknya tidak melanjutkan pendakian, karena bisa berakibat sangat fatal.

ass...
sbnrnya cuaca apapun kita tetep harus waspada terhadap "hypo" kalau menurut gw lebih parah ketika musim kemarau bro,,bnr yg lo blng suhu malah bsa tambah dingin karena pengaruh angin yang bgtu kencang...
mandalawangi jam 12 bsa dingin nusuk tulang...anginnya yang mmbuat seperti itu.


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: cow on January 10, 2009, 01:46:49 PM
Pilihlah pendakian pada musim kemarau, karena pada musim penghujan curah hujannya tinggi sering ada badai dan tanah longsor, di musim kemaraupun di gunung sering turun hujan namun tidak sebanyak dan sesering di musim hujan. Musim kemarau yang cerah suhu di gunung sangat dingin sekali bisa minus dibawah nol, dibeberapa gunung misal gunung semeru sering muncul kristal-kristal es. Bila cuaca sangat buruk dan sudah tidak sanggup menghadapi udara yang semakin dingin sebaiknya tidak melanjutkan pendakian, karena bisa berakibat sangat fatal.

ass...
sbnrnya cuaca apapun kita tetep harus waspada terhadap "hypo" kalau menurut gw lebih parah ketika musim kemarau bro,,bnr yg lo blng suhu malah bsa tambah dingin karena pengaruh angin yang bgtu kencang...
mandalawangi jam 12 bsa dingin nusuk tulang...anginnya yang mmbuat seperti itu.

Iya betul bro ayo jadi enak klo naik gunung saat musim apa?

klo aku sih naik gunung di segala musim asik aja, tapi kita juga harus mengenal karakteristik gunung yang akan kita naiki n yang penting lagi tergantung sama situasi keuangan n waktu liburan


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: sandal_bakiak on January 14, 2009, 02:54:12 PM
Ren.. setebal apapun jaket
kalau memang sudah dirasa kedinginan nggak bakal bisa mengurangi rasa dingin
pengalamanku di Merapi atau Pangrango kemaren...
duch.. pas malem harinya bener2 nggak bisa ngurangin rasa dingin..
padahal jaket udh berlapis2...

apalagi pada bagian kaki.. mu tidur rasanya nggak bisa dech..
dingin di kaki terasa menusuk .. :)

pilaar.. Kalau soal dingin mah kalo dirasain yah dingin :-X :-X :-X.

Maksud Rena bwt sedikit tindakan awal ngadepin hypo. yaah baju luaran ama daleman diganti ama yang kering [pengalaman merapi juga], pakai penghangat leher, kepala sampe kuping ditutupin, ganti kaos kaki yg kering, pake sarung tangan trus dimasukin ke sleeping bag deh

Trus... saat itu rena disuruh minum yang anget2 pake sendok plastik bukan stenlis.
Trus... dibalurin pake minyak telon bukan balsem..tapi hypo yang standar yah bukan yg medium ato tingkat tinggi (jgn sampe dah :'( :'( :'()

Yaaah mgkn secara fisik, lemak rena lebih banyak kali yah..sehingga hangatnya lebih berasa, krn kan lemak berlebihan...(mo nampung ga)
;D ;D ;D ;D ;D


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: Dwee on January 14, 2009, 03:56:30 PM
Pilihlah pendakian pada musim kemarau, karena pada musim penghujan curah hujannya tinggi sering ada badai dan tanah longsor, di musim kemaraupun di gunung sering turun hujan namun tidak sebanyak dan sesering di musim hujan. Musim kemarau yang cerah suhu di gunung sangat dingin sekali bisa minus dibawah nol, dibeberapa gunung misal gunung semeru sering muncul kristal-kristal es. Bila cuaca sangat buruk dan sudah tidak sanggup menghadapi udara yang semakin dingin sebaiknya tidak melanjutkan pendakian, karena bisa berakibat sangat fatal.

ass...
sbnrnya cuaca apapun kita tetep harus waspada terhadap "hypo" kalau menurut gw lebih parah ketika musim kemarau bro,,bnr yg lo blng suhu malah bsa tambah dingin karena pengaruh angin yang bgtu kencang...
mandalawangi jam 12 bsa dingin nusuk tulang...anginnya yang mmbuat seperti itu.

mendaki gunung di musim hujan atau kemarau sama-sama beresiko terkena hypo....so, klaw maw naek ya tinggal naek ajah, yang penting segala persiapan ( fisik n peralatan) udah mantab n bener-bener siap... n cuaca mendukung juga.

klw semua udah siap, tinggal angkat keril dan berangkaaaaaat...jangan lupa berdoa juga yaa ;)
salam


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: Krupoek_MLarat on January 15, 2009, 05:44:45 AM
Niat....
Administrasi...
Fisik....
Mental....
Peralatan...
Perlengkapan....
Doa....
Cuaca.....
Saat semuanya itu udah OK?!
Mungkin kecil kemungkinan kita untuk terkena hypo? ???
Nyambung ga ya? ???
Ya ga nyambung? :'(


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: pilar on January 16, 2009, 05:18:48 PM
Niat....
Administrasi...
Fisik....
Mental....
Peralatan...
Perlengkapan....
Doa....
Cuaca.....
Saat semuanya itu udah OK?!
Mungkin kecil kemungkinan kita untuk terkena hypo? ???
Nyambung ga ya? ???
Ya ga nyambung? :'(


gubraaaaaaakkk
tanya sendiri jawab sendiri...

sebenernya ciri2 orang yg terkena Hipi gmn sich ?? ???


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: cow on January 17, 2009, 01:47:33 PM
Niat....
Administrasi...
Fisik....
Mental....
Peralatan...
Perlengkapan....
Doa....
Cuaca.....
Saat semuanya itu udah OK?!
Mungkin kecil kemungkinan kita untuk terkena hypo? ???
Nyambung ga ya? ???
Ya ga nyambung? :'(


gubraaaaaaakkk
tanya sendiri jawab sendiri...

sebenernya ciri2 orang yg terkena Hipi gmn sich ?? ???

http://8adventure.multiply.com/notes/item/2


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: sandal_bakiak on January 17, 2009, 06:48:21 PM

sebenernya ciri2 orang yg terkena Hipi gmn sich ?? ???

Gejala -gejala kedinginan biasanya mereka akan menggigil kedinginan, gigi gemeretakan, merasa sangat letih dan mengantuk yang sangat luar biasa. Selanjutnya pandangan mulai menjadi kabur, kesigapan mental dan fisik menjadi lamban.

Gejala kedinginan yang lebih parah akan membuat gerakan tubuh menjadi tidak terkoordinasi, berjalan sempoyongan dan tersandung-sandung. Pikiran menjadi kacau, bingung, dan pembicaraannya mulai ngacau. Kulit tubuh terasa sangat dingin bila disentuh, nafas menjadi pendek dan lamban. Denyut nadi pun menjadi lamban, seringkali menjadi kram bahkan akhirnya pingsan (curhat.com :-[)


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: Andik on January 18, 2009, 01:42:15 AM
Atur napas, dan gesek-gesek telapak tangan bisa jadi salh satu tindakan awal mencegah hipo.


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: Krupoek_MLarat on January 19, 2009, 04:59:52 AM
Niat....
Administrasi...
Fisik....
Mental....
Peralatan...
Perlengkapan....
Doa....
Cuaca.....
Saat semuanya itu udah OK?!
Mungkin kecil kemungkinan kita untuk terkena hypo? ???
Nyambung ga ya? ???
Ya ga nyambung? :'(


gubraaaaaaakkk
tanya sendiri jawab sendiri...

sebenernya ciri2 orang yg terkena Hipi gmn sich ?? ???

http://8adventure.multiply.com/notes/item/2
Nice link om cow...thx inpohnya... :-*


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: pilar on January 19, 2009, 11:27:47 AM
Atur napas, dan gesek-gesek telapak tangan bisa jadi salh satu tindakan awal mencegah hipo.

Atur napas dan gesek-gesek telapak tangan ??? ;D ;D
hehe... maaf kalau yg ini pernah di coba, tapi blum mempan.. ;D

waktu pelukan sama rena dan aal di Merapi aza nggak mempan .. :'( :'( :'(

@ Cow
Thanks inpona :-*


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: Krupoek_MLarat on January 31, 2009, 08:28:13 AM
Atur napas, dan gesek-gesek telapak tangan bisa jadi salh satu tindakan awal mencegah hipo.

Atur napas dan gesek-gesek telapak tangan ??? ;D ;D
hehe... maaf kalau yg ini pernah di coba, tapi blum mempan.. ;D

waktu pelukan sama rena dan aal di Merapi aza nggak mempan .. :'( :'( :'(

@ Cow
Thanks inpona :-*
ga mempan karena ga bisa napas yah tante pilar? ;D ;D ;D ;D
shalhamhan... :-*


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: sandal_bakiak on January 31, 2009, 10:24:43 AM
Atur napas dan gesek-gesek telapak tangan ??? ;D ;D
hehe... maaf kalau yg ini pernah di coba, tapi blum mempan.. ;D

waktu pelukan sama rena dan aal di Merapi aza nggak mempan .. :'( :'( :'(


menurut rena seh,,klo menggesekkan telapak tangan emang sedikit membantu seh. Tapi tergantung dari suhu tubuh orang itu sendiri.
Selama orang itu masih sadar...dalam arti hypo tahap rendah.. masih bisa diatasi qo..
;D ;D ;D


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: novasuck on March 23, 2009, 10:54:11 AM
kapan tu bos undang-2 kami ya



Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: enggal on March 23, 2009, 01:27:02 PM
:D :D :D menurut eeng sebenarnya hipo bs diantipasi ,sebab yg tahu kondisi fisik hny diri sendiri jd usahakan sebelum melakukan aktifts pendakian cari tahu info kondisi alam sekitar,prepare dari segi perlengkapan jg hrs diperhatikan seperti jaket yg mampu bri kita khangatan maksimal,dari segi makanan coba deh kunyah kunyah aja tuh permen jahe,ato seduh aja jahe bakar + susu hangat pokoke makk..nyusss... :D :D , intinya perlakukan diri kita sendiri agar selalu nyaman agar hipo tak menyerang..jk hipo msh sj menyerang jalan satu satunya..minta TOLONGGGG.........so bat help..help.. untuk mengusir hipotermia ;) ;) wacauuuuuuuu....smangattttttttt ;D ;D ;D


Title: Re: hati-hati dengan hipotermia
Post by: peaceomine on July 10, 2009, 05:07:17 PM
saya mau bagi ide aja berdasar pengalaman pribadi nih ..... biasanya dingin sekali / hypo di sebabkan persiapan n pemilihan waktu kegiatan yg tdk match , jadi kegiatannya sendiri tdk bermasalah , tapi akan jadi masalah bila persiapan n pemilihan waktunya sendiri yg tdk match .

kenapa begitu ? krn saat ini saya rasa utk mencari informasi ttg daerah yg akan kita tuju utk melakukan kegiatan ( rasanya ) jauh lebih mudah di banding era thn '80an / awal '90an .

nah kalo pengalaman saya ...... biasanya saya selalu memakai celana senam baju senam / bike pant n jersey yg long strecth .

kenapa itu yg saya pilih ? krn bila kita melakukan kegiatan di daerah dgn suhu dingin n berangin kita harus selalu mengusahakan body heat tdk mudah looses . sehingga dgn kita memakai pakaian yg body fit / strecth di harapkan lepasnya panas tubuh dari badan kita akan terhambat / minimal di kurangi .

dengan catatan pakaiannya kita pilih utk bawahan harus sampai mata kaki n atasan yg sampai ujung pergelangan tangan ( sekarang kan banyak pakaian senam / jersey yg menganut design mongkey thumb / lubang jempol )

bahan / jenis pakaiannya ? sebaiknya pilih yg seperti utk bahan bike pant / baju senam krn sifatnya yg strecth / ketat akan lebih baik dlm menahan lepasnya panas tubuh ...... sedang jenis bahannya sendiri juga cepat kering / quick dry .

saya sdh melakukan ini selama beberapa tahun & sangat efektif ( untuk saya ya .... krn kemampuan setiap orang dlm menahan dingin tdk sama ) .
terakhir beberapa belas hari lalu saya dari semeru n argopuro .... masih bisa tidur nyaman dgn sleeping bag , jaket n kaos kaki saja .....serta tenda " L... A "

mudah2an bermanfaat ya ................peace


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar yang temen-teman berikan, semoga bermanfaat bagi kita bersama. Salam dari Gappala

 
Site Support : Komunitas Archive Gappala | Komunitas Petualang Indonesia
Copyright © 2013. Gappala Unity - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gappala
Proudly powered by Blogger