Home » » Minta Info tentang gunung Ciremai donk...

Minta Info tentang gunung Ciremai donk...

Komunitas Petualang Indonesia ::

Petualangan Alam Terbuka => Mendaki Gunung => Topic started by: DjieBot on February 14, 2007, 07:59:15 PM



Title: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: DjieBot on February 14, 2007, 07:59:15 PM
Haloo semuanya salam Kenal, gw DjieBot...
mau minta informasi all about ciremai ( kondisi geografis, vegetasi, bulan yang baik buat daki, hal-hal menarik disana, juga "mitos2" ( kalo ada...)
gw masih pemula, jadi mohon bantuannya ya...thx...

p.S...: kira2 kalo bulan Februari - maret 2007 ini aman untuk mendaki gak?

thx lagi....


Title: Ciremai
Post by: Izoel on February 15, 2007, 01:51:35 AM
Salam Lestari....Gw cb sedikit ksh info ttg gng ciremai,sebatas sepengetahuan gw....... :)
Gunung Ceremai memiliki keistimewaan tersendiri bila dibandingkan dengan gunung-gunung lain di pulau Jawa. krn Gunung ini terletak berjauhan dari gunung tinggi lainnya dan sisinya adalah Laut Jawa.Gng ini jg menjadi salah satu Gunung Favorit Gw,selain krn gw tinggal di Jabar,Gng Ciremai juga memiliki medan yg bisa dibilang unik,menantang,ya keren dech pokoknya.... ::) ::) ::)Gng Ciremai sendiri berada di ketinggian 3078 MDPL,yg merupakan Gng tertinggi di wil Jabar.Hutannya merupakan hutan tropis yg masih banyak ditmbuhi pepohonan besar,serta fauna yg ada diantaranya :Babi hutan,macan,ular,burung elang jawa yg kabarnya semakin berkurang belakangan ini.

Untuk Jalur yng tersedia itu ada 3 :
1.Jalur Linggarjati (Cibunar)
2.Jalur Palutungan
3.Jalur Apuy (Majalengka)

Namun gw cuma bisa ksh info ttg jalur Linggarjati.
Untuk Akses ke G. Ceremai dapat dimulai dari terminal Cirebon(Harjamukti), naik bus/elf menuju Kuningan dan turun di desa Linggarjati.kemudian dpt ditempuh dng berjalan ke pos pendakian sekitar 1jam atau bisa menumpang angkutan yg tersedia .Disini ada tmpat penjualan merchandise juga.Untuk membayar retribusi pendakian dikenakan biaya Rp 4.000/org .Setelah sampai kita melanjutkan perjalan ke Bumper Cibunar sekitar 15 menit. Di tempat ini kita dapat mendirikan tenda karena tersedia mata air.Dalam perjalanan menuju Puncak kita akan menemukan sekitar 9 pos diantaranya : Condang amis,Tanjakan seruni,Bapa Tere,Bimbim,Kuburan Kuda,Watu Lingga,Sangga Buana I-II,hingga Pangasinan yg biasa di tempuh sekitar 6-7 jam waktu normal,kemudian kita melanjutkan perjlanan menuju puncak Ciremai sekitar 1-2jam.Dari puncak ke arah kanan kita bisa langsung ke kawah belerang yang memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Untuk mengitari puncak diperlukan waktu 2½ jam, kita dapat melihat pemandangan menarik kearah kota Cirebon,Majalengka, Laut Jawa dan lainnya.Dan uniknya jika cuaca cerah kita bisa melihat Puncak Gng Selmet,Merbabu,dan Sumbing. Untuk perjalanan turun bisa ditempuh dgn waktu 3-4 jam

Untuk Waktu Pendakian bagusnya di lakukan pada sekitar bulan Juni-September.Untuk pendakian sekitar Bulan Feb-Mar ini curah hujan cukup tinggi sehingga perlu diwaspadai tanah longsor,pepohonan sering tumbang,and biasanya banyak pacet.Untuk pendakian pada saat kemarau persediaan Air minum ada baiknya di atur dg bijak dan baik,mengingat selama perjalanan tidak ada tempat mata air kecuali di Sangga Bhuana itupun terkdng tidak mengalir..!!!

Untuk mitosnya Gw jg ga bnyk tau seh,cm yg msh gw inget mpe skrng seh yaitu kabarnya usahakan loe/pendaki jngn sampe berada di Pos Kuburan kuda pas saat magrib, dah itu doang.... ???

Oke kiranya cuma segitu hal-hal yg gw ketahui ttg Gng Ciremai,Pokoknya Gng Ciremai itu Fenomenal Bngt bg Gw ;),Mmmm....Gw sampe skrng blm ada perasaan bosen ama neh Gunung.Ups gw jg sedikit pesen neh:Tlng Bro klo naik perhatikan kelestarian alamnya key....THANK'S.


Izoel_cirebon
Not Just Adventure


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: DjieBot on February 15, 2007, 01:35:45 PM
wah wah wah...... ;D ;D ;D

tahx banget atas infonya ya bang Izoel....

nambah wawasan bgt buat gw, mudah2an trip gw kesana berjalan lancar entar....hehehe :D :D ;) ;D

tapi bag zoel....emangnya ada apa dengan pos kuburan kuda...??? ??? :o

btw teman yang lain da yang tau kenapa gax yaaa...?


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Izoel on February 16, 2007, 12:22:26 PM
Waduh Friend Gw jg kaga tau....itu jg kabarnya doang.Ya klo gw pribadi seh biasanya cari aman aja,percaya ga percaya dech, namanya jg mitos.
Key Bro........!!!


Izoel_cirebon
Not Just Adventure


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: photen on February 20, 2007, 03:42:11 PM
waduh bRo...gw coba banTuin yaaa...Tp pErcaYa ga pErcaya.bagaimana anda menyikapinya...hehehe.... : ;D ;D ;D


Misteri Gunung Ciremei



Tempat - tempat yang kebetulan menjadi pos tetapi mempunyai nuansa mistik teramat kuat. Uniknya, tiap - tiap nama pos mempunyai latar belakang tersendiri serta berbeda antar satu dengan lainnya. Di antaranya adalah blok kuburan kuda. Di areal ini konon terdapat kuburan kuda milik tentara jepang. Kuda tersebut , biasa dipergunakan oleh para kempetai untuk mengontrol para pekerja rodi yang menanam kopi. Dan kuburan yang terletak di sebelah barat jalur pendakian, sampai sekarang masih ada dan dikeramatkan oleh penduduk setempat.

Blok papa tere lain lagi. Konon, dahulu di sini pernah terjadi pembunuhan terhadap seorang anak yang dilakukan oleh ayah tirinya . Bermula, sang anak diajak oleh ayah tirinya untuk mendaki gunung Ceremai. Setibanya di tempai ini , sang ayah langsung menikam anaknya hingga tewas.

Sedangkan blok batu lingga merupakan tempat yang sangat disakralkan oleh penduduk setempat. Untuk itu, guna menghindari hal hal yang tak diinginkan maka para pendaki pun dilarang untuk menduduki sebuah batu besar atau berbuat yang tak senonoh di tempat ini. Konon, batu ini pernah dijadikan tempat berkotbah wali songo kepada para pengikutnya . Di dekat batu lingga terdapat sebuah in memoriam pendaki. Menurut kisah pendaki itu tewas karena sesuatu yang aneh di batulingga. Tepatnya, pada tahun 1999 dan dari ketiga pendaki, hanya seorang yang selamat. Sedangkan dua lainnya tewas dengan mengeluarkan lendir dari mulutnya. Menurut kepercayaan, blok batu lingga ini di jaga oleh dua makluk halus bernama aki dan nini serentet buntet.

Blok sangga buana, yang arti harfiahnya adalah penyangga bumi. Areal ini berfungsi untuk menahan aliran lahar bila gunung ceremai meletus. Maksudnya agar lahar tidak mengarah ke linggarjati, tetapi ketempat lain.

Dan akhirnya adalah blok pengsungan atau pengasinan tempatnya amat terbuka. Disini terdapat ladang yang tak pernah layu , edelweiss. Dari tempat ini kita dapat memandang lepas keindahan kota Cirebon serta pemandangan laut Jawa. Bukan hanya itu, disini juga kita bisa puas memandang keindahan matahari terbit . Jarang orang mengetahui jika tempati ini sejajar dengan puncak gunung Slamet yang ada di jawa tengah. Menurut sejarah, pada masa pendudukan Jepang, pengasinan merupakan tempat pembuangan tawanan perang. Mungkin karena itu pada malam malam tertentu, sering terdengar suara jeritan atau derap langkah kaki para serdadu jepang. Sudah barang tentu, suara itu datang dari alam halus.



Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Izoel on February 21, 2007, 08:35:30 PM
Oke dech info dari bang Photen,sedikit bnyaknya gw ambil sebagai tambhan pengtahuan Gw.....Iya seh masalah sprti itu kembali pd diri kita masing2,bgmna kita menanggapinya
key............!!!



izoel_cirebon
Not Just Adventure


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: hijjau on February 22, 2007, 08:31:21 AM
Jalur Apuy


Dari Bandung / Kadipaten naik Colt/bis jurusan Cikijing, turun di Pasar Maja. Dari Pasar Maja naik pick-up (bak terbuka) ke Apuy. Melaporkan diri ke Pak Suljo (PenjagaGn. Ceremai) atau Mantri Kehutanan dan bayar administrasi 3500.

Apuy - Pos I = 1 jam
Pos I – Pos II (Perempatan Lima 2200 mdpl ) = 1 jam
Pos II - Pos III (Tegal Mawasa 2400 mdpl) = 1 jam
Pos III - Pos IV (Tegal Jamuju 2.600 Mdpl) = 1 jam
Pos IV - Pos V (Sanghiang Rangkah 2800 Mdpl) = 1 jam
Pos V - Gua Walet (2950 Mdpl) = 30 menit
Gua Walet - Puncak = 30 menit


Air dapat ditemukan antara Pos I dan Pos II. Terakhir terdapat di Gua walet (saat musim hujan)


ini ada sedikit data perjalanan beberapa tahun lalu, namun kondisinya tdk jauh berbeda dgn tahun kemarin. Semoga bermanfaat, amin :)

Ceremai 22-23 Jan’ 2004
Kedalaman hati merengkuh dunia, tiada berbekas dan berharap.
Angkara murka tak mampu berharap hanya menanti kehancuran.
Bingkai dunia melenakan mata, hanya nurani yang mampu menghentikannya

diary ‘hijjau’…

“Uhhh…akhirnya aku kembali berada dibelantara lebatnya hutan seorang diri, terasa kesunyian dan kedamaian dirasakan”. Yaa, setelah lebih dari lima tahun aku tak lagi melakukan pendakian solo mengunjungi gunung-gunung yang menjadi sahabat terbaik-ku. Begitu ku menikmati saat-saat kesendirian seperti ini, banyak hal yg bisa aku renungi, seperti memutar kembali kisah kehidupan yg lalu. Kadang tersimpul senyum mengingat kembali kisah-kisah ku dulu.

Hmm…saat itu pendakian benar-benar sepi, hanya aku sendiri. Pendakian kumulai pada tgl 22 Jan 2004 pukul 12:00 setelah melaporkan diri pada petugas jaga Gn. Ceremai jalur Apuy, Bapak Suljo yang dikenal juga sebagai kuncennya.

diary ‘hijjau’…

Pos I yang berjarak tempuh 1 jam perjalanan dapat kutemui dipinggiran hutan Gn. Ceremai, di tengah ladang penduduk. Setelah itu mulailah memasuki hutan, pohon-pohon yang tinggi, semak-semak yang rapat, udara yg lembab/basah menjadi ciri khas hutan tropis. Dinginya udara, kicauan burung , bisikan angin, serta belaian kabut membuai mahluk yang berada disekelilingnya. Ditengah perjalanan menuju Pos II kutemui aliran sungai kecil yg jernih untuk mengisi persediaan air. Satu jam sudah perjalanan ini, akhirnya Pos II-Perempatan Lima pun aku capai.

diary ‘hijjau’…

Suasana siang itu masih terasa sepi sekali tak ada pendaki lain yang terlihat. Ketenangan dan kedamaian tampak terasa, obat yang tak akan mampu diracik tangan manusia yang menjadi penyembuh segala macam penyakit didunia ini J. Pendakian ini terasa lama, tak ada gelak tawa dan canda yang terdengar. Hanya desahan nafas yang memburu seirama ritme pendakian, sesekali keluar kata-kata yang menyanjung Sang Penguasa Alam Semesta. Hanya 10 menit aku beristirahat di pos ini. Hari ini cuaca cukup bersahabat, udara yg lembab, sesekali sinar matahari ikut membagi keceriaanya menembus atap-atap rimba. Tak ketinggalan kabut pun berlomba-lomba memenuhi seisi hutan ini, menambah suasana semakin mengasyikan (serem maksudnya!!!J). Lalu setelah itu cuaca menjadi mendung dan suara geledek terus mengikuti setiap langkah kaki ini.

diary ‘hijjau’…

Satu jam sudah Pos II terlewati, tampak lah Pos III-Tegal Mawasa 2400 Mdpl didepan mata. Saat itu menunjukkan pukul 15:20, tak lama aku beristirahat disana, lalu aku bangkit dan mendaki lagi. Hari semakin senja keadaan dihutan semakin gelap. Aku berpikir mencoba menganalisa situasi dan keadaan dilapangan. Tadinya aku akan memdirkan tanda di Pos V, namun karena keadaan yg tidak memungkinkan, aku harus camp di Pos IV saja. Pendakian semakin ku percepat untuk segera sampai disana. Setelah lima puluh menit, akhirnya sampai juga di Pos IV, saat itu jam menunjukkan pukul 16:10.

diary ‘hijjau’…

Disana tertulis Pos IV-Tegal Jamuju (2.600 Mdpl), aku pun tak buang-buang waktu lagi. Segera ku bongkar carrier dan mengeluarkan tenda yang cukup utk 3 orang. Sekitar 15 menit, tenda pun telah berdiri. Bersamaan dengan itu hujan pun mulai membasahi lantai-lantai hutan. “Alhamdulillah, Allah Maha Penyayang”. Setelah semua peralatan masuk tenda, aku pun mulai memasak nasi. Perut yg belum diisi semenjak pagi mulai berontak. Aku hanya membawa perbekalan seadanya, 4 potong roti dan 1/5 liter beras saja. Menjelang maghrib mencoba utk beristirahat sejenak, lalu jam 20:00 aku terbangun. Keadaan tenda yg gelap gulita karena sengaja aku tak menyalakan lilin. Lalu shalat dan membereskan peralatan kemudian melanjutkan istirahat. Tak ada aktifitas yg berarti, suasana Diluar begitu mencekam. Bunyi air hujan, suara-suara binatang malam, deru nafas angin, gesekan dedaunan bersatu menyanyikan lagu Sang Alam.

diary ‘hijjau’

Pagi-pagi menghangatkan nasi sisa semalam, lalu sarapan pagi. Lalu diteruskan dgn packing peralatan ke dalam carrier. Jam 8:20 aku lanjutkan pendakian yg tertunda menuju puncak. Jalur yg dilalui semakin menanjak dan lumayan terjal dengan keadaan medan yang licin akibat seringnya hujan. Pos V-Sanghiang Rangkah (2800 Mdpl). Aku coba beristirahat sejenak sambil meluruskan kaki dan melonggarkan beban yg ada di pundak, saat itu pukul 9:05. Sambil menikmati roti yang tersisa, tampak MOMON (begitu panggilan mesra-ku utk mahluk cantik yg katanya adalah nenek moyang kita J) berlompatan dari satu pohon ke pohon lain. Begitu ceria dan jenaka, seolah tak ada beban kehidupan. Kabut dengan setia terus menemani, ditengah perjalanan aku bertemu dgn rombongan pendaki dari Jakarta, akhirnya bertemu juga dengan sesama J.

diary ‘hijjau’…

Aku putuskan untuk meninggalkan semua beban yang kubawa di tepi jalur pendakian, dengan pertimbangan cuaca yg semakin memburuk sehingga aku harus segera sampai di puncak. Tanpa beban aku semakin leluasa bergerak dan semakin cepat pendakian ini. Tak lama kemudian sampailah di Gua Walet 2950 Mdpl. Tampak disisi kanan terlihat Gua yang cukup nyaman utk camp atau berteduh. Namun aku tak langsung turun utk melihat gua itu, “mungkin setelah turun dari puncak saja”’ pikirku.

diary ‘hijjau’…

Kabut semakin menjadi-jadi, Jarak pandangan hanya berkisar 10 m saja. Aku cukup merasa khawatir juga dengan keadaan cuaca yg mulai tak bersahabat ini. Pendakian semakin ku percepat, dgn berlari-lari kecil diantara batu-batu karang ku terus mendaki. “ALHAMDULILLAH :)!!!", puncak Ceremai tergapai sudah. Untuk kedua kalinya tanah tertinggi di Jawa Barat ini aku kunjungi lagi, saat itu tepat pukul 10:45. Pohon Cantigi yg belum berbuah, pohon Edelweiss yang masih segar. Tampak pula kawah yg berwarna hijau kebiruan terisi air hujan. Puncak yg sepi, begitu kuat kebisuan tercipta disana, hanya kepakan sayap-sayap burung diatas sana.

diary ‘hijjau’…

Semua beban terlepas sudah. Alam telah memberiku penawar racun dunia, semoga ini tak hanya sementara. Lima belas menit aku berada dipuncak, suara gemuruh kilat menggelegar, tanda akan segera turun hujan. Segera aku turun sambil berlari-lari, tak berapa lama hujan pun turun. Cepat-cepat aku menuju gua untuk berteduh, baru saja aku memasuki gua, hujan menjadi reda. “Wah, sepertinya Gua ini hanya ingin aku menjenguknya walaupun sesaat”, bathin ku berkata. Kuliat-lihat sebentar kadaan di sekitar gua tak lama kemudian kulanjutkan perjalanan. Sambil terus berlari ku turuni batu-batu, tak lama berselang hujan kembali turun, saat itu telah sampai ditempat aku menaruh barang-barangku. Lalu kuambil ponco dan melanjutkan perjalanan. Deras-nya hujan tak membuat surut langkahku untuk segera sampai dibawah.

diary ‘hijjau’…

Akhirnya sampai juga di pos I setelah bergelut selama hampir 3 jam. “Wuuiiihhhh, cepat juga perjalanan turun ini, hanya ditemput dalam waktu tiga jam”, senyum ku dalam hati. Sepertinya hujan terus saja mengikuti ku, selangkah demi selangkah sepertinya lama sekali. Hujan yg semakin deras dan fisik yang semakin menurun memperlambat jalan-ku. Lalu aku melihat rumah-rumahan di tepi ladang, tampak asap mengepul dari perapian didalamnya. Tak ku sia-siakan untuk mampir dan berteduh disana. “Kebetulan sekali”, pikirku. Aku mendatanginya dan mengucapkan salam, Pintu dibuka, sambil berbasa-basi dgn logat sundaku yang halus dan mereka mempersilahkan masuk. Tampak sepasang petani yg ternyata juga sedang berteduh. Disana aku bisa menikmati ubi dari pohon disekeliling gubuk itu. “hhhmmmm…enak sekali rasanya, hujan-hujan seperti ini menikmati ubi bakar yang manis”.


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: DjieBot on February 22, 2007, 01:29:05 PM
Wh..wah..wah....

thank you teman2, kakak2..mas Phoeten,salam kenal yak... nampaknya kau tau sekali tentang mitos ciremai...pernah jadi kuncen disitu yah...? hihihi.. ;D ;D

untuk mas Hijjau...terimakasih banyak, lengkap baget deh rutenya....ceritanya menarik abis...jadi ga sabar pengen jalan nieh...mas hijjau salam kenal juga ya....

sekalian buat bag zoel deh....hehehe...thx bro.. ;D


Title: Jalur Palutungan
Post by: Izoel on February 23, 2007, 01:50:58 AM
Key dech............skrng gw mau cb tambahin ttg Ciremei

JALUR PALUTUNGAN

Jalur ini dikenal relatif lebih landai jika dibandingkan jalur Linggarjati.
Palutungan merupakan sebuah kampung terakhir yang berada di lereng selatan Ciremai dan berada pada ketinggian 1100 mdpl. Dari Cirebon pendaki dapat menggunakan angkutan umum jenis colt elf jurusan Cikijing dan turun di pertigaan Cigugur. Perjalanan ini membutuhkan waktu selama 1 jam. Setiba di pertigaan Cigugur,perjalanan dilanjutkan menuju Cisantana dgn menggunakn oplet tua ditempuh selama 30menit,Setiba di Cisantana, prjalanan dilanjutkan kembali dengan naik colt terbuka pengangkut sayur menuju Palutungan selama 20 menit. Setelah mengurus perizinan pendakian, perjalanan dapat dimulai melalui perkebunan penduduk. Untuk sampai di Cigowong membutuhkan waktu 90-100 menit.

Pos I Cigowong terletak di ketinggian 1450 mdpl. Di sini terdapat sumber air yang mengalir membentuk sebuah sungai. Dari sini pendaki dapat menyiapkan persediaan air sebanyak mungkin karena tidak akan ditemui lagi sumber air hingga puncak. Selepas Cigowong lintasan masih landai selama 90-120 menit, sampai di Paguyangan Badak.

Paguyangan Badak (Pos II) merupakan area yang berada di ketinggian 1800 mdpl. Daerah yang terdapat puing-puing bangunan tua ini sering digunakan sebagai tempat bermalam survivor yang dievakuasi karena meninggal di gunung ini. Untuk sampai di Blok Arban membutuhkan waktu 30 menit, dengan lintasan yang mulai menanjak.

Blok Arban (pos III) dengan area yang cukup datar dan teduh. Lintasan mulai menanjak dan melelahkan selama 1 jam sampai di Tanjakan Asoy.

Tanjakan Asoy ( pos IV). Tanjakan ini berupa tanah datar berukuran cukup luas. Selepas daerah ini lintasan semakin menanjak selama 60 menit sampai di pos berikutnya.

Pos V (pasangrahan) pendaki mulai memasuki Vegetasi Cantigi dan Adelweiss sampai di Sang Hyang Ropoh. Lintasan ini sangat licin jika hujan turun dan diperlukan waktu 30 menit untuk sampai pada pos berikutnya.

Pos VI (Sang Hyang Ropoh) terletak di daerah yang datar dan terbuka. Selepas pos ini lintasan tetap menanjak dan licin, dengan tanah berwama kuning bekas aliran lava belerang. Pada sisi kanan lintasan terdapat goa yang biasa digunakan sebagai tempat berlindung ataupun bermalam. Di tengah perjalan ini, tepatnya pada sisi kiri, lintasan akan menyatu dengan jalur barat dari Apuy Majalengka. Untuk sampai di puncak Ciremai diperlukan skitar 2 jam pendakian. thanK's



izoel_cirebon
Not Just Adventure


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: photen on February 23, 2007, 04:59:53 PM
Wh..wah..wah....

thank you teman2, kakak2..mas Phoeten,salam kenal yak... nampaknya kau tau sekali tentang mitos ciremai...pernah jadi kuncen disitu yah...? hihihi.. ;D ;D

untuk mas Hijjau...terimakasih banyak, lengkap baget deh rutenya....ceritanya menarik abis...jadi ga sabar pengen jalan nieh...mas hijjau salam kenal juga ya....

sekalian buat bag zoel deh....hehehe...thx bro.. ;D



ah...mas DjieBot ini bisa saja....

saya ini baRu sEkaLi kesana...cuma ingin beRbagi pengeTahuan saja.yaaa...iTung2 mEmbanTu kawan2 disiniLah...
banyak koQ yg Lebih sEnioR disini...maLah ada oRang ciRebonnya Langsung yg noTabEnE dekaT dengan gunung cERemei...iya gak bang izoEL?
mas hijjau apaLagi...pasTi sudah kenaL jeLas medan disana....


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: jenggot on February 23, 2007, 09:05:44 PM
bulan-feb maret mending tahan dulu bro.....
meski kanopi di ciremai cukup aman dari serangan badai, tapi tetep aja ga senyaman summer.....
tahan 3 bulan lagi ini hari dah pancaroba hujan to kemarau.


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: GENDON on March 01, 2007, 01:46:28 PM
Bang DjieBot,namanya asyik ....
Dalam bahasa china artinya 2 ma 0 ....
Tapi lebih asyik lagi kalo mau kumpul ma manusia disini ...
hehehehe ..... becanda bang ......


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: DjieBot on March 01, 2007, 10:48:26 PM
ahaha...bisa aja nih bang gendon, eh bang...deket2 ini ada rencana pendakina ato kumpul2 gak...ajak-ajak donk...

biasa kumpul dimana bang, bagi alamt e mail ma no telp

biar ga cuma contact di duna maya..HALLAH.. ;D ;D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: GENDON on March 02, 2007, 01:14:55 PM
Insya Allah, akhir Maret ada rencana pendakian ke Gunung Kembar ....
Aku biasa ngumpul di Kuta Beach n Dream Land Beach - Bali
08179797799


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: GENDON on March 03, 2007, 01:27:49 PM
Jangan ngeres dulu lu Win ....
Gunung Kembar tu bener-bener ada ....
Kalo lu naik ke Pegunungan Arjuna lewat Jalur Cangar (Pemandian Air Panas di atasnya Wisata SELECTA Batu Malang), begitu sampe Jurang Kuali (jurangnye kayak kuali,men ...), nanti lu ketemu lembah yang namanya Lembah Kijang ( susasananya kayak di kebun raya, tu padang rumput, walau ada pepohonan besar, tapi bersih bener, kayak ada yang nyapuin) atau Sawahan (sebutan dari penambang2 belerang), disitu ada pertigaan, ke kanan ke Puncak Arjuna dan ke kiri ke Puncak Welirang, ada yang tembus Pondok Welit, ada yg tembus langsung Puncak Welirang via GUNUNG KEMBAR ...
Mau ngrempon, coba aja .....


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: jack on March 03, 2007, 02:57:54 PM
HAi, salam knal, gw anggota baru neh
Gw jack dari Batam
Gw pengen tau banyak tentang tebing dan gunung yang ada di Jawa dan tentang panjat tebing di Jakarta, soalnya gw g pnya tmen di sna. :)
Moga aja kalo suatu saat gw ke Jakarta bisa ikut manjat di sana ya..........


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: GENDON on March 03, 2007, 03:22:19 PM
Oke, salam kenal juga ....
Ntar ta sampein ke Bang Hijjau dan Bang Joe ...
Mereka mbah-mbahannya Pendaki dan Pemanjat di Jakarta ...


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Izoel on March 04, 2007, 12:11:38 AM
Hallo jack lam kenal jg,kpn lo ke jkt nya....?
di jakarta tebingnya keren2 lho,tebing monas,tebing pancoran,etc ;D





izoel_cirebon
Not Just Adventure


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: DjieBot on March 06, 2007, 01:23:33 PM
Salam kenal juga Jack..udah lama jadi Climber ya...?
di Batam tebingnya keran keran gak..?

buat Zoel...kurang atu lagi......tebing selamat datang...makan tuh... ;D ;D ;D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Izoel on March 08, 2007, 01:51:43 AM
;D ;D Djiebot paaling bisa dah............
mana ada tebing selamat datang,adanya jg Lulu tebing,sory b'canda
O iya Jack lo kemana aja...??jangan kelamaan ntar jadi ager-ager lho :)


izoel_cirebon
Not Just Adventure


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: photen on April 09, 2007, 10:54:43 AM
;D

To DjiEboTh...


boLeh nanya ga?

dengeR2 Lo nak mapaLa ui yaa boTh?


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: DjieBot on April 10, 2007, 11:20:46 AM
Ah nang Phoeten ini....

siapa yang ngomong en denger dari sapa???

kabar burung dari mana tuch...???


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: photen on April 10, 2007, 09:07:29 PM
hehehe...kLeee aja bnR boTh?

coz wakTu gw kemapaLa ui, eh ada anaK yang manggiL2 nama Lo gT...hahahaha...jangan2 nTu Lo boTh....gw Tanya Tmn gw sich Emank namanya sama kya Lo...hehehe...

bEnaRkah iTu DjiEboTh yg asLi?


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: yanweka on April 10, 2007, 11:00:57 PM
Abang-abang semua ( photen, DjieBot. Izoel, GENDON. jenggot, jack) ane mo tanya nich, knp yee tuh gunung penuh mistik?? apakah ada unsur lokalitas deket ama cerebon kha, secara ilmu kota cerebon sebagai kota santri ternyata juga dikenal sebagai gudang mistik ( gaib ). :o

Temen ane ampe nggak bisa ngomong karena liat macan lewat di depannya, (waktu itu lokasi di tanjakan babatere) lewat linggar jati, nah ane sendiri kagak liat karena angak2 ngantuk. kebetulan di tengah2 kita tuh ada penduduk asli, kata dia sih cuma macan jadi2an, nah looo, ane binun bedain asli ama jadi2an.

Sekali lagi ini true story, Tapi Insya Allah, ane tetap Berdoa kepadaNYA agar selalu di lindungi, Amin.


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: DjieBot on April 12, 2007, 05:18:37 PM
kalo kata asumsi gw sih, mungkin tuh macan yang berkeliaran di gunung ciremai adalah jelmaan dari jin-jin yang konon suka dijadikan asisten oleh para tokoh-tokoh setempat, ataupun para pemuka agama. kalo denger cerita nenek gw sih, tuh kakek buyut gw juga punya beberapa "asisten" untuk membantu dia..

bisa aja macan-macan itu jelmaan jin asistennya sunan gunung jati kan...?

yah mungkin setelah sang master lengser keprabon mereka kemudian menjadi Ronin kembali..dan menjaga gunung itu sesuai amanat dari para master mereka....

heehhe...

oh iya, mau tanya lagi sama bang Phoeten...emang lo terakhir kali kapan ke mapalaui???
sudah lamakah atau bulan2 inikah??

hehehe


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ho Chi Minh on April 12, 2007, 05:57:41 PM
To my brur DjieBot:
Btw brother, macan2 disitu galak/ bakal gangu kita gak..??
Krn pengalaman2 dulu2, ane blm pernah liat ada macam bekeliaran..
Pas ane denger ada macan, ane jd penasaran nihh..!!

Oiya, mengenai gosip yg beredar nihh..!!
Mang bnr bang DjieBot nihh nak mapala UI..??


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: dZIEL on April 12, 2007, 06:17:02 PM
waktu gw ke cerme, sebelum nanjak dan sesudah nanjak dapet informasi dari penduduk setempat(linggarjati) tentang macan,
yang mereka bilang sih, macan kumbang (yg asli) ogah turun ke trek/jalur pendakian.
tapi kalo yang macan(jadi2an) ga pandang, ape lagi mang orang itu punya kesalahan.

pokoke selain berusah dan waspada, smua kita kembaliin ma yang mah kuasa aje bro..


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: jenggot on April 13, 2007, 01:02:15 AM
liat macan di jalur linggarjati emang cenderung berasumsi mistis, karena emang gitu adanya lah jalur lg.jati.
nama2 pos disana pun muatan mistis nya cukup kuat...kuburan kuda,bapatere,batu lingga,sanggabuana dll.....

Panthera pardus (macan kumbang) meski bukan endemis ciremai, tapi masuk akal kalo masih ada disana. nah yg diliat temen yanweka neh macan yg mana yaaa? kalo si belang (Panthera tigris) kayanya kecil kemungkinan masih ada.... kecuali dari sudut pandang klenik yaaa gw percaya ga percaya.

OOT :
dlm literatur "Babad Tanah Jawa" ciremai jarang disebut tapi penamaan pos sanggabuana lumayan bikin gw penasaran apa gerangan hubungan ciremai dgn legenda laut selatan?? kayanya orang solo ma cirebon harus diskusi masalah ini...


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: photen on April 13, 2007, 04:15:11 PM
kLo pendapat gw sich...

mang sich wakTu kesana ga sEmpEt LiaT Tuch macan,Tapi ya secaRa di sana masih Lingkungan koTa waLi yang noTabene Tidak bisa Lepas daRi haL2 yang berbau misTis, mungkin oLeh kaRena iTu juga Tuch...dan juga disana banyak sejaRah perjuangan bangsa indonesia yang teLah Lalu.


yaaa...pErcaya ga pErcaYa TerganTung anDa mEnYikapinya...TuL ga...yang pasTi masih ada yang sErba maha....



To DjiEboTh...

TerakhiR gw ke mapaLa ui Lumayan Lama juga...sekiTar 2 minggu yg Lalu.Tp gw dengEr dR kawan gw,si DjiEboTh yg disana Ntu nama asLinya adJiE....beneR ga Tuch boTh?hehehehe.....


=pEacE=


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: dZIEL on April 13, 2007, 05:36:03 PM
plajaran PNP tu....( eh salah!.. plajaran mah PMP..)

stuju banget tu bro,
yang penting jangan ketinggalan 'kepercayaan/keyakinan kita thd yg maha kuasa...
amien..


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: nzhelweiss on May 08, 2007, 03:44:06 AM
puji syukur...
selama gw naik ciremai,ga ada tuch selama perjalanan naik turun ditemenin yg berbau mistik,memang sich gunung ini penuh dgn mistik....
apa gw nya yg bego/ga menangkap aura itu?
tpi temen2 gw juga ga mengalaminya, yg penting sebelum naik n turun ciremai qta memanjatkan doa dulu,truz balik ke niat qta lagi...
qta naik ciremai kan untuk menikmati keindahan alam ciptaanNYA, maksudnya melihat SUNRISE di puncaknya..gitcu lhooo..!!
oiya gw naik pas imlek 07, tapi ditutup..!!
tpi sy ma temen2 bisa naik lho...!!! ANEH TAPI NYATA ;D ;D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Hotmazter on August 27, 2007, 11:58:43 PM
Macan hii selem

Kalo macan jadi-jadian sih menurut info itu adalah piaraannya karuhun gunung ciremai, sayangnya nggak sempet tanya sama juru kunci sana, mengenai hal mistik kayak gini.

punya cerita mistik lainnya boleh juga tuh di bikin thread mistik gunung weleh ???


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: bonzaik on February 07, 2008, 05:04:15 PM
makasih banyak info nya oooooooooooooom


Title: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Andi SERGAP ! on June 26, 2008, 07:42:13 AM
salam hijau ,kuning, biru ,merah semua !!! ;D
saia mau tanya nih tips2 pendakian ke gunung ciremai ;D
yang katanya angker itu ::)
kira2 kalo ke sana weekend bisa gk ya ?
kalo sewa poter disana berapaan ?
oia om bonzaik katanya dah pengalaman bolak balik sana,,mohon infonya om aduhai ;D

wah gw bingun jabat apa yak,,,,jabat erat udah om wahyu yang punya,,,,jabat rumput !! aja dah :D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on June 26, 2008, 07:01:39 PM
mumpung ada om 'penghuni ciremai' tanya aj tuh ndi, kan ada d thread nya :D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Gembel on June 26, 2008, 08:19:03 PM
Mau lewat mana nih ? Palutungan atau lewat linggar jati
kalau menurut saya mending lewat Palutungan tapi hati2 di hutan pinusnya banyak jalur yang bikin kita tersesat ....malu bertanya sesat di jalan


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on June 26, 2008, 09:07:23 PM
kalo masukan dr gw sih naek lewat linggarjati, turun lewat palutungan.

tempat ngecamp favorit gw dsitu y skitar 10 meter sbelom puncak,bnyk kok spot nya.

kalo mau porter ato guide bisa hub kang ompong (ketua DP akar skarang).kalo mo no hp nya hub gw aj ndi.


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Ahmad on June 27, 2008, 09:34:18 PM
menurut ane sih, mending pake jalur palutungan, , , mendakinya bisa sambil senyum2 tuh,,,
dari pada lewat linggar jati.... manyun terus tuh. . . .heuhhhhh. . . . :'( :'( :'(

kalo di utan pinus nya, patokan belok kiri terus kalo ada cabang di utan pinus and ladang nya tuh. . .
tar ada hawangan saat, nah,,, dari situ satu jalur tuh . . . .


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on June 27, 2008, 10:17:38 PM
tuh ndi, sang penghuni udah angkat bicara :D :P ;D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Ahmad on June 28, 2008, 01:27:19 PM
heuheu........ ;D ;D ;D
unjuk gigi nih... ??? ??? ???

ndre, gimana tuh?? ::) ::)


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on June 29, 2008, 12:39:28 AM
y kalo tentang ciremai mending kita dengarkan nasehat om penghuni ciremai deh ;D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: abi_art on June 29, 2008, 08:17:40 PM
menurut ane sih, mending pake jalur palutungan, , , mendakinya bisa sambil senyum2 tuh,,,
dari pada lewat linggar jati.... manyun terus tuh. . . .heuhhhhh. . . . :'( :'( :'(

kalo di utan pinus nya, patokan belok kiri terus kalo ada cabang di utan pinus and ladang nya tuh. . .
tar ada hawangan saat, nah,,, dari situ satu jalur tuh . . . .

bner bgt, gw jadi inget waktu solotrekking taon 2005 lewat jalur palutungan


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on June 29, 2008, 08:33:09 PM

bner bgt, gw jadi inget waktu solotrekking taon 2005 lewat jalur palutungan

lo waktu itu ngecamp ato sehari PP bi?


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: abi_art on June 29, 2008, 08:45:49 PM

bner bgt, gw jadi inget waktu solotrekking taon 2005 lewat jalur palutungan

lo waktu itu ngecamp ato sehari PP bi?

gw ngecamp setelah tanjakan asoi, gw 1 mlm 2 hari, start dr palutungan jam 8 Pagi


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on June 29, 2008, 09:55:05 PM
gw jg pengen coba solo ah kapan2 ;)


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Kilie on June 30, 2008, 09:23:06 AM
Gue Jogya aja deh...kalau solo resikonya bro..jabat erat u abien andre..


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Andi SERGAP ! on June 30, 2008, 09:26:24 AM
Gue Jogya aja deh...kalau solo resikonya bro..jabat erat u abien andre..
wah gunung ciremai pindah ke jogja yah ???


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: abi_art on June 30, 2008, 10:26:44 AM
gw jg pengen coba solo ah kapan2 ;)

@ andre:
cobain deh, dijamin sru bgt!!! ;D

@ maz wahyu:
mybe kl gw ada waktu, ntar gw bisa gabung ke Yogya.. :)


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on June 30, 2008, 11:24:43 AM

@ andre:
cobain deh, dijamin sru bgt!!! ;D


tapi gw mo coba sehari PP aja,jadi ga perlu bw tenda :P


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: abi_art on June 30, 2008, 11:56:22 AM

@ andre:
cobain deh, dijamin sru bgt!!! ;D


tapi gw mo coba sehari PP aja,jadi ga perlu bw tenda :P

wah boleh juga neh Ndre, trip sehari PP Mt. Ciremai, anywy kmrn gw kgak brani coz pertama x ke Ciremei, mybe gw juga mo nyobain dah..


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: dZIEL on June 30, 2008, 01:02:26 PM
1 hari PP ya. . .?

hati2 aja kalo di musim hujan bro...
se Pergian aja bisa ngecamp dijalan,
bgitu juga se Pulang nya, ...
smoga gak di musim hujan.

enjoy and good luck, kebut gunungnye bro... :)


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on June 30, 2008, 02:42:20 PM
perkiraan gw sih kalo tanpa carrier, jd pake daypack doang dengan jalan super santai naek 7 jam n turun 5 jam.


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: abi_art on June 30, 2008, 03:05:26 PM
perkiraan gw sih kalo tanpa carrier, jd pake daypack doang dengan jalan super santai naek 7 jam n turun 5 jam.

bisa aj ndre, lo start jam 8 pagi, gw aj bw carrier + tenda 1 + air 3 liter naeknya kira2 8 s.d 9 jam,


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Kilie on June 30, 2008, 03:09:49 PM
jadi kapan nih brangkat, bro Andi ada yang mau naek tuh...jabat erat bro..


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Andi SERGAP ! on June 30, 2008, 06:51:27 PM
wah2 pada jago2 banget nih,,mau pp ke ciremai tanpa tenda,,,,
kalo aye sih usul nginep di deket puncak,,,,
biar kerasa feel kalo kita itu ke gunung,,,
kalo pp mah kek kita jalan2 aja dunk
feel nya gk dapet he,,he,,,
jabat rumput deh om wahyu ,soale rumput ruma hgw dah tinggi2 tuh :D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on June 30, 2008, 08:40:31 PM
wah2 pada jago2 banget nih,,mau pp ke ciremai tanpa tenda,,,,
kalo aye sih usul nginep di deket puncak,,,,
biar kerasa feel kalo kita itu ke gunung,,,
kalo pp mah kek kita jalan2 aja dunk
feel nya gk dapet he,,he,,,
jabat rumput deh om wahyu ,soale rumput ruma hgw dah tinggi2 tuh :D

bener ndi,enak nge camp d dkt puncak.
saran gw jgn ngecamp d goa walet,ngecamp aj d skitar 5-10 meter sebelom puncak.
jd lo bisa dpt sunset n sunrise.


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Kilie on July 01, 2008, 04:45:23 PM
Jadinya tanggal berapa nih bro Andi? jabat erat bro...


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: abi_art on July 01, 2008, 07:01:00 PM
Jadinya tanggal berapa nih bro Andi? jabat erat bro...

ayo, tentuin tglnya neh.. gw ikut aj asal tgl weeknd dah.. ;D ;D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on July 01, 2008, 07:05:00 PM
kayanya om wahyu jg tertarik ikutan tuh


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: abi_art on July 01, 2008, 07:09:43 PM
kayanya om wahyu jg tertarik ikutan tuh

yoi,, wah.. tentuin tgl dah ndre,, gw usahain ikutan,, btw trip 1 day ya.. ;D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: aceil on July 01, 2008, 07:14:02 PM
Jadinya tanggal berapa nih bro Andi? jabat erat bro...
lam kenal kang wahyu :)
leh nanya ngga? ??? ???
kenapa selalu make kata2 "jabat erat" ;D ;D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on July 01, 2008, 07:29:59 PM
yoi,, wah.. tentuin tgl dah ndre,, gw usahain ikutan,, btw trip 1 day ya.. ;D

bukan gw bi, gw br dr sono sminggu sbelom slamet.
di thread ini gw kan cuma ngasi masukan,siapa tau bguna ;D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: abi_art on July 01, 2008, 07:30:41 PM
Jadinya tanggal berapa nih bro Andi? jabat erat bro...
lam kenal kang wahyu :)
leh nanya ngga? ??? ???
kenapa selalu make kata2 "jabat erat" ;D ;D

gw bantuin jawab dah maz...
btw maz wahyu itu sukanya me matenkan sesuatu,, termasuk kata2 lho..^_^


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on July 01, 2008, 07:37:59 PM

gw bantuin jawab dah maz...
btw maz wahyu itu sukanya me matenkan sesuatu,, termasuk kata2 lho..^_^

ada hak patennya loh : jabat erattm
heheehe ;D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: toge on July 01, 2008, 08:53:39 PM
cape kali pp 1 hari...buru2 amat mana enak...nginep semalam aja biar lebih dapet suasananya


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: aceil on July 01, 2008, 09:06:16 PM
cape kali pp 1 hari...buru2 amat mana enak...nginep semalam aja biar lebih dapet suasananya
ada ngga yg jual susana di pasar ??? ???
klo ada beli aja kang toge.. ;D ;D
ntar di bawa ke ciremai nya :P


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: abi_art on July 02, 2008, 10:28:03 AM
cape kali pp 1 hari...buru2 amat mana enak...nginep semalam aja biar lebih dapet suasananya

terserah deh kalian, gw mah ikut aj.. ;D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Gembel on July 02, 2008, 12:14:57 PM
Jadi ingat dulu lagi nih....setelah hutan pinus waktu itu masih banyak pohon labu dan pohon pisang dan kalau kita jeli bisa kita temukan buah cermay yang rasanya asam-asam manis ...lumayan buat mata melek....


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: abi_art on July 02, 2008, 12:20:06 PM
Jadi ingat dulu lagi nih....setelah hutan pinus waktu itu masih banyak pohon labu dan pohon pisang dan kalau kita jeli bisa kita temukan buah cermay yang rasanya asam-asam manis ...lumayan buat mata melek....

wah.. mas gblelit ada memories juga neh.. boleh dunk crita laen'na..?? ??? :)


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on July 02, 2008, 12:43:33 PM
Jadi ingat dulu lagi nih....setelah hutan pinus waktu itu masih banyak pohon labu dan pohon pisang dan kalau kita jeli bisa kita temukan buah cermay yang rasanya asam-asam manis ...lumayan buat mata melek....

pohon pisang masi bnyk tapi labu dah ga ada deh kayanya, btw pohon labu itu yg kecil2 itu bkn? ::)


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: abi_art on July 02, 2008, 12:49:26 PM
Jadi ingat dulu lagi nih....setelah hutan pinus waktu itu masih banyak pohon labu dan pohon pisang dan kalau kita jeli bisa kita temukan buah cermay yang rasanya asam-asam manis ...lumayan buat mata melek....

pohon pisang masi bnyk tapi labu dah ga ada deh kayanya, btw pohon labu itu yg kecil2 itu bkn? ::)

wah lo gmna seh Ndre,? buah labu itu bukannya sperti ktimun gde gitu gak ya?? ::) ;D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Ahmad on July 02, 2008, 07:20:08 PM
Jadi ingat dulu lagi nih....setelah hutan pinus waktu itu masih banyak pohon labu dan pohon pisang dan kalau kita jeli bisa kita temukan buah cermay yang rasanya asam-asam manis ...lumayan buat mata melek....

pohon pisang masi bnyk tapi labu dah ga ada deh kayanya, btw pohon labu itu yg kecil2 itu bkn? ::)

wah lo gmna seh Ndre,? buah labu itu bukannya sperti ktimun gde gitu gak ya?? ::) ;D

kok ga ada info nya sih??? ikutan dung ke ciremai nya???
pengen naek bareng tuh. . .
katanya mau PP tuh, , ,asik dung. . . dikebut.....


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Ahmad on July 02, 2008, 07:21:26 PM
Jadi ingat dulu lagi nih....setelah hutan pinus waktu itu masih banyak pohon labu dan pohon pisang dan kalau kita jeli bisa kita temukan buah cermay yang rasanya asam-asam manis ...lumayan buat mata melek....

pohon pisang masi bnyk tapi labu dah ga ada deh kayanya, btw pohon labu itu yg kecil2 itu bkn? ::)

ndre, ikutan dung??? katanya mau PP ke ciremai nya???? :) :) :)


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on July 02, 2008, 07:40:21 PM

wah lo gmna seh Ndre,? buah labu itu bukannya sperti ktimun gde gitu gak ya?? ::) ;D

hehehe interpretasi gw tuh kalo pohon tuh sedeng ke gede ukurannya, kalo kcil kaya timun gw kategorikan tanaman ;D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Andi SERGAP ! on July 03, 2008, 08:10:18 AM
kayanya om wahyu jg tertarik ikutan tuh
yg ikut itu om wahyu apa om jabat erat nih :D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Kilie on July 03, 2008, 10:14:07 AM
Kalau ikut berarti pemanasan ke merapi ya hehehe..jabat erat bro..


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Andi SERGAP ! on July 03, 2008, 11:27:13 AM
cape kali pp 1 hari...buru2 amat mana enak...nginep semalam aja biar lebih dapet suasananya
yup kita nikmati suasana dinginya,,,sambil merokok,,or menjabat rumput :D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Gembel on July 03, 2008, 12:14:00 PM
Emang kalian g ikutan ke Rinjani yaaa.... kog malah mau ke Ciremai.
sebenarnya sih boleh juga kalau kita naik bareng ke Ciremai tapi waktunya diatur donk biar tidak berdekatan dengan acara pendakian yang lain.. setuju g?


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: abi_art on July 03, 2008, 01:10:42 PM
Emang kalian g ikutan ke Rinjani yaaa.... kog malah mau ke Ciremai.
sebenarnya sih boleh juga kalau kita naik bareng ke Ciremai tapi waktunya diatur donk biar tidak berdekatan dengan acara pendakian yang lain.. setuju g?

@ maz gblelit:

thanks neh usulnya maz, ntar di kopdar bandung bkal kita godok neh waktu event2 pendakiannya
jabat erat to maz gblelit..


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Kilie on July 03, 2008, 01:18:25 PM
Mas Gblitz belum tahu ya...mereka itu ikut ke rinjani, slamet, Pangrango n Ciremai dalam sebulan lho...jabat erat mas


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on July 03, 2008, 02:40:11 PM
Mas Gblitz belum tahu ya...mereka itu ikut ke rinjani, slamet, Pangrango n Ciremai dalam sebulan lho...jabat erat mas

aktifitas weekend = naek gunung

hehehe top bgt dah om2 ini ;)


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Andi SERGAP ! on July 03, 2008, 03:21:32 PM
::) wah anak2 di gapala memang hebat,,,,,malam minggu sukanya pada ke gunung ;D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Gembel on July 03, 2008, 06:08:19 PM
Iya deh jabat erat juga buat semua Gappala.. bung Abi yang kemarin naik & foto-foto ke Slamet ya.... fotonya bagus2 lho sayang kita2 g pada di ajak ... padahal dari tempatku (Yogyakarta) dekat lho ke sana ... wah kalau tiap minggu pada naik ke gunung gue nyerah . terus kapan buat kerjanya (buat bekal naik gunung emang dari mana?) emang duitnya tinggal metik yaaa.... mau donk


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on July 03, 2008, 08:40:50 PM
wah kalau tiap minggu pada naik ke gunung gue nyerah . terus kapan buat kerjanya (buat bekal naik gunung emang dari mana?) emang duitnya tinggal metik yaaa.... mau donk

asik jg kalo punya pohon duit ::) ;) ::)


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: abi_art on July 03, 2008, 09:03:55 PM
Iya deh jabat erat juga buat semua Gappala.. bung Abi yang kemarin naik & foto-foto ke Slamet ya.... fotonya bagus2 lho sayang kita2 g pada di ajak ... padahal dari tempatku (Yogyakarta) dekat lho ke sana ... wah kalau tiap minggu pada naik ke gunung gue nyerah . terus kapan buat kerjanya (buat bekal naik gunung emang dari mana?) emang duitnya tinggal metik yaaa.... mau donk

wah.. bukannya diajak smua anggota milis, ada tuh sudah diposting om j di treat slamet, 20 s.d 22 Juni


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on July 03, 2008, 11:26:15 PM
btw, rencana om andi n om wahyu kpn naeknya?


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: abi_art on July 04, 2008, 01:27:27 PM
btw, rencana om andi n om wahyu kpn naeknya?

ntar kopdar bandung kita clear smua deh Ndre.. ;) :)


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Kilie on July 04, 2008, 03:37:54 PM
Kalau gue dah siap...pengennya sih lebih cepat supaya ada pemulihan ke merapinya..secara dah dapet cariel 80 ltr nih atas anjuran om dan mas-masnya..jabat erat mas..


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: adien on July 04, 2008, 03:41:56 PM
wuihhhh ngebut banget............
salutt bwt mas wahyu...
gw aja sanggup buru2


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Andi SERGAP ! on July 04, 2008, 04:03:26 PM
GW USUL bagaimana kalo tgl 25, 26 dan 27 juli 2008 :)


semua siaaaaaaaaaap !!!!!

ciremai aku dataaaaaaaaaaaaang !!!!


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Gembel on July 04, 2008, 05:11:33 PM
berarti yang g ikut ke RInjani pada naek ke Ciremai nih....boleh juga usulnya
tapi liat sikon dulu OK.... eh tapi katanya mau trip/langsung kog naiknya dari tgl 25 s/d 27 ....itumah sama seperti naik biasa.


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: dZIEL on July 04, 2008, 05:54:56 PM
:) ciremai oh... ciremai. . .
dukung serta dech.... :)


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: bonzaik on July 05, 2008, 09:18:25 AM
semangat, buat temen-temen yang mau brangkat ke ciremai....? :)


tapi tetep kita harus safety prosedur, minimal safety pribadi aja....bukan begituh






:) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :)


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Ahmad on July 05, 2008, 04:56:25 PM
teman. . . . gua ikut dong ke ciremai. . . heuuuu... tanggal 25 juli ya??? ok lah bisa ikut. . .


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Ahmad on July 05, 2008, 04:57:59 PM
siapa z yang mau naek nya. . .??? safety c tu penting... minimal bawa aer 5 liter tiap ekor. . . coz di goa walet nya ada aer kalo musim kering gini. . .


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: martinnn on July 06, 2008, 08:07:19 PM
hwe sedikit tips nih...

bawa aer cadangan... terus di kuburan kuda ato dmn itu aer dikubur ato disembunyiin buat perjalanan pulang hehehe

soalnya gw dulu di cireme begitu ;D males bawa aer berlebihan..jadi air kita "ditimbun" buat cadangan pulangnya...

semoga berguna ^^


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on July 07, 2008, 01:08:05 PM
@ andi

ada yg mau k ciremai tgl 15 tuh ndi, di thread baru.


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: toge on July 07, 2008, 04:29:14 PM
@ andi

ada yg mau k ciremai tgl 15 tuh ndi, di thread baru.

loe ngga jadi ndre... :P


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on July 07, 2008, 10:05:27 PM

loe ngga jadi ndre... :P

tampaknya kantong enggan diajak naek gng bulan ini :P


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Ahmad on July 08, 2008, 09:35:26 PM

loe ngga jadi ndre... :P

tampaknya kantong enggan diajak naek gng bulan ini :P

siapa yang mau naek ke ciremai besok dre???
owiya, hasil kopdar kemaren gimana??? ngebahas apa z???

ane pengen banget ikut, tapi, dah telat uey. . .


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Andi SERGAP ! on July 09, 2008, 07:27:31 AM
gimana nih nasib rencana ke ciremai ??? ???


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Gembel on July 09, 2008, 07:21:24 PM
Untuk pendakian lewat Palutungan
Sebelum tanjakan asoy kan ada aliran sungai kecil ngapain bawa air banyak banget...terus di goa walet/kalong juga banyak air dari rembesan dinding gua hingga membentuk semacam danau kecil di dalam goa, jadi meskipun pada musim kemarau air kemungkinan masih banyak kog


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Ahmad on July 09, 2008, 09:27:11 PM
Untuk pendakian lewat Palutungan
Sebelum tanjakan asoy kan ada aliran sungai kecil ngapain bawa air banyak banget...terus di goa walet/kalong juga banyak air dari rembesan dinding gua hingga membentuk semacam danau kecil di dalam goa, jadi meskipun pada musim kemarau air kemungkinan masih banyak kog

wah. . . perasaan dari pos cigowong ke atas ga ada sumber mata air lagi deh??? kalo sekitar tanjakan asoy kayaknya utan belantara tuh, ya kalo di goa walet sih ada air yang netes dari batuan, kalo musim kemarau gini sih ada, tapi kalo mau aer harus rela nunggu seharian penuh. 1 hari = 1 liter. . . ??? ???
cape deh. . .heu


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Ahmad on July 09, 2008, 09:30:25 PM
gimana nih nasib rencana ke ciremai ??? ???

iya om andi, gimana nih??? ato kita naek berdua aza yah?? seru tuh. . . serasa milik berdua tuh gunung. . .


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: 4ndre on July 09, 2008, 10:50:33 PM
kalo mau sangat safety air bawa 3 botol aqua gede seorang.
ampe bulan juni kmaren air di goa walet netesnya lumayan, trus di pos pangguyangan badak ada sumber aer juga tapi rada turun jurang arah kanan.
sumber aer diatas lom pasti ada kalo musim kemarau, mending minimal bawa 2 botol aqua gede dari cigowong (kalo naek dari palutungan).


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Andi SERGAP ! on July 10, 2008, 08:23:07 AM
gimana nih nasib rencana ke ciremai ??? ???

iya om andi, gimana nih??? ato kita naek berdua aza yah?? seru tuh. . . serasa milik berdua tuh gunung. . .
oke kita berangkat,,,rencana gw berangkat tanggal 9,10 dan 11 agustus weekend ;D rencana dar ijakarta gw bawa 2 orang...
gmana om penghuni ciremai ???
hayoo siapa yang mau ikut ;D


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Kilie on July 10, 2008, 05:53:04 PM
Gue sih pengen...tapi sori bro secara gue tgl 14 dah ke rinjani..kita kontak2 antar gunung bro..jabat erat..


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: adien on July 10, 2008, 07:35:06 PM
deuhhhhh nyang pada mo naek...sibuk yeeeeeeeee :'( :'( :'(


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Ho Chi Minh on July 10, 2008, 07:39:52 PM
Om andi sama Mas PC, maaf kurang direspons..
tgl segitu tgl krusial di jadwal pribadi saya nihh... hihihihihi...
mohon maaf, semoga bisa sama2 dikesempatan lain..


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: abi_art on July 10, 2008, 09:25:48 PM
gimana nih nasib rencana ke ciremai ??? ???

iya om andi, gimana nih??? ato kita naek berdua aza yah?? seru tuh. . . serasa milik berdua tuh gunung. . .
oke kita berangkat,,,rencana gw berangkat tanggal 9,10 dan 11 agustus weekend ;D rencana dar ijakarta gw bawa 2 orang...
gmana om penghuni ciremai ???
hayoo siapa yang mau ikut ;D

wah.. kya' na gw juga gak bisa Ndi,, mybe next time gw bisa nemanin lo ya..
titip do'a aj, savety 1st ya.. :)
Zzzmangattt..!!


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Ahmad on July 10, 2008, 10:23:42 PM
gimana nih nasib rencana ke ciremai ??? ???

iya om andi, gimana nih??? ato kita naek berdua aza yah?? seru tuh. . . serasa milik berdua tuh gunung. . .
oke kita berangkat,,,rencana gw berangkat tanggal 9,10 dan 11 agustus weekend ;D rencana dar ijakarta gw bawa 2 orang...
gmana om penghuni ciremai ???
hayoo siapa yang mau ikut ;D
0ke 0m.. Insya kita berangkat agustus. . . Syapa l9 y mau ikt??
0wiya 0m,sediain jg l0gistikx j9 y. . .Hehehee... Jd 3 hare z tuh naekx?? Ga PP??


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Andi SERGAP ! on July 11, 2008, 10:12:29 AM
gimana nih nasib rencana ke ciremai ??? ???

iya om andi, gimana nih??? ato kita naek berdua aza yah?? seru tuh. . . serasa milik berdua tuh gunung. . .
oke kita berangkat,,,rencana gw berangkat tanggal 9,10 dan 11 agustus weekend ;D rencana dar ijakarta gw bawa 2 orang...
gmana om penghuni ciremai ???
hayoo siapa yang mau ikut ;D
0ke 0m.. Insya kita berangkat agustus. . . Syapa l9 y mau ikt??
0wiya 0m,sediain jg l0gistikx j9 y. . .Hehehee... Jd 3 hare z tuh naekx?? Ga PP??
lah logistik mah kita bareng2 aja nyediainya ;D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: koko on July 11, 2008, 01:33:06 PM
Saya cuma berbagi pengalaman dan cerita tentang Mitos yg pernah saya dapati ketika mendaki ke Ciremai via Lingga Djati bersama rombongan Kato Adventure Team pada 2006 yg lalu.
Bilamana bro menempuh Traking Gedung Naskah Lingga Djati,pada ujung jalan aspal terakhir bro akan menemui sebuah Villa dilereng lembah Ciremai yg menghadap ke Timur.Villa tersebut bernama:"Gajah Barong" yg diambil dari nama eks kerajaan yg pernah berdiri disitu pada jaman dahulu.
Singkat cerita,Raja dari kerajaan Gajah Barong tersebut pergi bertapa ke Gunung Ciremai dan beliau memohon agar Sang Kuasa memberikannya kekuatan,tentunya agar beliau bisa mengontrol Rakyat dan kesejahteraan negerinya.Pada akhirnya Sang Maha Esa mengabulakan apa yg diminta Sang Raja tersebut,maka dirubahlah Sang Raja menjadi sebuah bentuk Ular yg dapat terbang dan memiliki kepala berbentuk Naga.
Pengalaman Mistis yg saya dapati disana adalah ketika saya dan rombongan Team berangkat,ketika itu hujan turun dengan lebatnya.Sorenya,sang pengurus Villa yg kami tempati berkata:"Bila nanti hujan turun,maka berangkatlah karena berarti Sang Penunggu memberi ijin pada kami tuk menaklukan puncak Ciremai".
Disepanjang perjalanan selepas "Kuburan Kuda",kami diikuti oleh seekor burung yg mirip Jalak Bali.Burung itu mengikuti kami hingga Matahari terbit diufuk Timur sana dan entah menghilang kemana,setibanya kami semua dipuncak Ciremai,kami sudah tak melihat burung itu kembali.
Untuk mengejar Date line,saya akhirnya bergegas turun dahulu meninggalkan rombongan diatas sana.Menjelang Kuburan Kuda,saya memutuskan beristirahat sejenak pada sebuah pohon besar yg ada disitu.Ketika saya melihat keatas,sepertinya dahan dan daun-daun pepohonan yg saya senderi bergerak gerak,tapi hanya sebatas pohon tersebut saja sementara pohon yg lainnya tidak.Ada bau amis yg menyengat,seperti layaknya bau dari ular.Cuma satu yg saya lakukan,Ambil langkah seribu dan baru bernafas lega ketika menjumpai serombongan pendaki dari Tegal yg sedang beristirahat diwarung selepas Kuburan Kuda.
Wallahu'alam,hanya Tuhan yg tau rahasia alam semesta ini berikut Mahluk-mahluk ciptanNya.Mungkin ada tingkah atau perbuatan saya yg salah ketika diatas sana,tapi ada baiknya kita semua turut menjaga sikap serta tingkah laku selama berada dialam rimba,karena kita tak hidup sendiri dialam ini.

:::Best Regard & Salute:"KOKO":::


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: abi_art on July 11, 2008, 01:45:56 PM
@ maz koko:
gw jga waktu pendakian ciremai 2006 breng team kcil 4 orng juga diikuti sjnis burung jalak bali,
team pendakian lewat jalur Kuningan Palutungan,
kejadian mistis' na waktu team camp 15 mnit stelah tanjakan asoy mlmnya tenda kita sperti
ada 1 orng yg memutari tenda sbnyak 12 kali, mlm itu gw berdua ama tmen gw yg mnyadari itu
kita berdua hanya bisa lirik2an trus masing2 dr kita mlanjutkan tidur tnpa berkata/berkomentar apapun
stelah team kembali/trun ke pos penjagaan palutungan baru deh kita crita ama yg laen..
respons tmen2 pada kaget and mrinding smua..^_^


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Andi SERGAP ! on July 11, 2008, 02:29:59 PM
wah saya makin SEMANGAT nih tuk mendaki ciremai :)


Title: Re: TIPS PENDAKIAN KE CIREMAI
Post by: Ahmad on July 11, 2008, 07:52:40 PM
gimana nih nasib rencana ke ciremai ??? ???

iya om andi, gimana nih??? ato kita naek berdua aza yah?? seru tuh. . . serasa milik berdua tuh gunung. . .
oke kita berangkat,,,rencana gw berangkat tanggal 9,10 dan 11 agustus weekend ;D rencana dar ijakarta gw bawa 2 orang...
gmana om penghuni ciremai ???
hayoo siapa yang mau ikut ;D
0ke 0m.. Insya kita berangkat agustus. . . Syapa l9 y mau ikt??
0wiya 0m,sediain jg l0gistikx j9 y. . .Hehehee... Jd 3 hare z tuh naekx?? Ga PP??
lah logistik mah kita bareng2 aja nyediainya ;D

iya deh om. . . biasa lah ane mah, paling juga bawa mie instant 2 kopi 3 and sebungkus rokok. . .
kalo om mau lebih dari itu, ya boleh lah. . . ;D ;D :D
om, jan lupa ya bawa yang aneh-aneh. . . hheeehheee. . . . yang ngga ada di kuningan z. . . ??? ??? ;D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on July 11, 2008, 08:26:06 PM
Haloo semuanya salam Kenal, gw DjieBot...
mau minta informasi all about ciremai ( kondisi geografis, vegetasi, bulan yang baik buat daki, hal-hal menarik disana, juga "mitos2" ( kalo ada...)
gw masih pemula, jadi mohon bantuannya ya...thx...

p.S...: kira2 kalo bulan Februari - maret 2007 ini aman untuk mendaki gak?

thx lagi....

salam rimba,
om djiebot pengen info ciremai ya??? om nau naek jalur mana??? menurut ane, buat pemula mending naek jalur palutngan aza. coz medannya ga terlalu sulit. kalo udah beberapa kali naek ke ciremai, baru coba jalur linggarjati, coz jalur linggarjati medanna berat tuh, ampir ga ada bonus nya tuh, jalur nya dilurusin terus, bikin nguras otot, dan kita jarang senyum2, sering nya manyun terus. hheeee. . . kalo jalur palutungan, om bisa senyum2 sambil berjalan...heehhee. . . . kalo mau naek, enaknya bulan2 sekarang. . . enak tuh...
kalo mitos banyaknya di jalur linggarjati, hampir tiap pos punya mitos tersendiri. kalo jalur palutungan sih sedikit. paling juga di daerah pos arban... tapi nyanay az lah. . :D :D
owiya,rencana ane ama om andi mau naek tuh tar tanggal 1 agustus. om mau ikut??? hayu naek bareng2. . . biar rame, juga kenal ... kalo mau kontek aza. . . oke. . !!!!
owiya,,, om dari mana??


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on July 11, 2008, 08:56:32 PM
pandangan gunung ciremai di mata para pendaki memang sedikit di perhitungkan, apa lagi sisi mitos nya. tapi. . . semua itu kembali lagi pada kepercayaan kita. juga tak luput dari adat istiadat setempat. harus menghormatinya. . . kan pada materi SURVIVAL juga ada tuh, adat isitiada harus kau hormati.. :D :D :D

kalo macan kumbang asli sih ane pernah liat tuh. . .ane ketemu ma macan kumbang tu di bwah, sekitar leuwueng datar. itu kan masih di ketinggian sekitar 600Mdpl an. . eman ga aneh kalo pendaki liat hewan2 kayak gitu di jalur linggarjati. karna memang alamnya masih natural. . berbeda dengan jalur palutungan. jalur palutungan sih jarang keliatan.
dulu ane pernah liat harimau, ga tau harimau beneran, ga tau harimau jadi2an. waktu itu, ane mau survey buat acara wajib gunung, di bwah pos cigowong ane berjumpa dengan harimau itu, pas banget pada waktu magrib. kebetulan kita semua pada ga dikasih izin ama orang tua. eh, malah berjumpa harimau. tadinya kita mau lanjut perjalanan, tapi anak2 yang laen pada drop. jadi kita blik lagi ke rumah..heuuu.... dramatis banget tuh gunung..... tapi emang bener,, hewan2 langka itu memang ada. . . tapi ga ada sejarahna pendaki di tikam ama hewan itu tuh... :D :D :D
sejauh ini ane jarang naek pake jalur linggarjati, paling keseringan pake jalur palutungan, coz deket dari rumah sih... ;D ;D cuman modal kopi 2 and sebungkus rokok... udah bisa nikmatin atap jawa barat yang indah .... heehhheehheee. . . .

om andi, gimana nih masih semangat?? :D :D :D
ato jadi drop?? :'( hheehhheee. . . . semangat dung!!!!!!
atap jawa barat menantimu. . . .


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on July 11, 2008, 09:05:43 PM
puji syukur...
selama gw naik ciremai,ga ada tuch selama perjalanan naik turun ditemenin yg berbau mistik,memang sich gunung ini penuh dgn mistik....
apa gw nya yg bego/ga menangkap aura itu?
tpi temen2 gw juga ga mengalaminya, yg penting sebelum naik n turun ciremai qta memanjatkan doa dulu,truz balik ke niat qta lagi...
qta naik ciremai kan untuk menikmati keindahan alam ciptaanNYA, maksudnya melihat SUNRISE di puncaknya..gitcu lhooo..!!
oiya gw naik pas imlek 07, tapi ditutup..!!
tpi sy ma temen2 bisa naik lho...!!! ANEH TAPI NYATA ;D ;D

om naek nya ilegal ya?? :D :D :D alias jalan tikus. . . waktu dulu emang resmi ditutup. tapi ama warga palutungannya membolehkan kita naek. asalkan kita bisa ngelobinya...heehheee....


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on July 11, 2008, 09:33:16 PM
@ maz koko:
gw jga waktu pendakian ciremai 2006 breng team kcil 4 orng juga diikuti sjnis burung jalak bali,
team pendakian lewat jalur Kuningan Palutungan,
kejadian mistis' na waktu team camp 15 mnit stelah tanjakan asoy mlmnya tenda kita sperti
ada 1 orng yg memutari tenda sbnyak 12 kali, mlm itu gw berdua ama tmen gw yg mnyadari itu
kita berdua hanya bisa lirik2an trus masing2 dr kita mlanjutkan tidur tnpa berkata/berkomentar apapun
stelah team kembali/trun ke pos penjagaan palutungan baru deh kita crita ama yg laen..
respons tmen2 pada kaget and mrinding smua..^_^

burung sejenis itu memang sering dijumpai dalam pendakian ke gunung ciremai. burung itu dianggap burung penunjuk arah menuju puncak. . . tapi itu cuma mitos... tapi seru tuh lako liat burung itu. kita bisa ngasih makanan2 kecil yang kita bawa. juga semakin semangat kalo liat burung ntu. . . :) :) :)


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: 4ndre on July 11, 2008, 10:51:47 PM

burung sejenis itu memang sering dijumpai dalam pendakian ke gunung ciremai. burung itu dianggap burung penunjuk arah menuju puncak. . . tapi itu cuma mitos... tapi seru tuh lako liat burung itu. kita bisa ngasih makanan2 kecil yang kita bawa. juga semakin semangat kalo liat burung ntu. . . :) :) :)

burungnya suka bkeliaran di deket2 puncak, dulu pas gw turun jg tuh burung ngikutin lumayan lama.lumayan seneng jg turun dtemenin burung itu ;D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: 4ndre on July 11, 2008, 11:15:17 PM
Saya cuma berbagi pengalaman dan cerita tentang Mitos yg pernah saya dapati ketika mendaki ke Ciremai via Lingga Djati bersama rombongan Kato Adventure Team pada 2006 yg lalu.
Bilamana bro menempuh Traking Gedung Naskah Lingga Djati,pada ujung jalan aspal terakhir bro akan menemui sebuah Villa dilereng lembah Ciremai yg menghadap ke Timur.Villa tersebut bernama:"Gajah Barong" yg diambil dari nama eks kerajaan yg pernah berdiri disitu pada jaman dahulu.
Singkat cerita,Raja dari kerajaan Gajah Barong tersebut pergi bertapa ke Gunung Ciremai dan beliau memohon agar Sang Kuasa memberikannya kekuatan,tentunya agar beliau bisa mengontrol Rakyat dan kesejahteraan negerinya.Pada akhirnya Sang Maha Esa mengabulakan apa yg diminta Sang Raja tersebut,maka dirubahlah Sang Raja menjadi sebuah bentuk Ular yg dapat terbang dan memiliki kepala berbentuk Naga.
Pengalaman Mistis yg saya dapati disana adalah ketika saya dan rombongan Team berangkat,ketika itu hujan turun dengan lebatnya.Sorenya,sang pengurus Villa yg kami tempati berkata:"Bila nanti hujan turun,maka berangkatlah karena berarti Sang Penunggu memberi ijin pada kami tuk menaklukan puncak Ciremai".
Disepanjang perjalanan selepas "Kuburan Kuda",kami diikuti oleh seekor burung yg mirip Jalak Bali.Burung itu mengikuti kami hingga Matahari terbit diufuk Timur sana dan entah menghilang kemana,setibanya kami semua dipuncak Ciremai,kami sudah tak melihat burung itu kembali.
Untuk mengejar Date line,saya akhirnya bergegas turun dahulu meninggalkan rombongan diatas sana.Menjelang Kuburan Kuda,saya memutuskan beristirahat sejenak pada sebuah pohon besar yg ada disitu.Ketika saya melihat keatas,sepertinya dahan dan daun-daun pepohonan yg saya senderi bergerak gerak,tapi hanya sebatas pohon tersebut saja sementara pohon yg lainnya tidak.Ada bau amis yg menyengat,seperti layaknya bau dari ular.Cuma satu yg saya lakukan,Ambil langkah seribu dan baru bernafas lega ketika menjumpai serombongan pendaki dari Tegal yg sedang beristirahat diwarung selepas Kuburan Kuda.
Wallahu'alam,hanya Tuhan yg tau rahasia alam semesta ini berikut Mahluk-mahluk ciptanNya.Mungkin ada tingkah atau perbuatan saya yg salah ketika diatas sana,tapi ada baiknya kita semua turut menjaga sikap serta tingkah laku selama berada dialam rimba,karena kita tak hidup sendiri dialam ini.

:::Best Regard & Salute:"KOKO":::


postingan yg ini harusnya di thread cerita mistik pak koko, silahkan dicek threadnya http://gappala.or.id/forum/index.php/topic,228.msg7796/topicseen.html#new
thanx... :)


Title: goes to Mount Ciremai 3078Mdpl
Post by: Ahmad on July 12, 2008, 08:46:06 AM
rencana sih mau menginjak atap bumi pada tanggal 10 Agustus 2008. . .

ada yang mau ikut???
mungkin yang udah ada infonya om andi. . .

ada lagi yang mau ikut??? :D :D :D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on July 12, 2008, 08:52:53 AM

burung sejenis itu memang sering dijumpai dalam pendakian ke gunung ciremai. burung itu dianggap burung penunjuk arah menuju puncak. . . tapi itu cuma mitos... tapi seru tuh lako liat burung itu. kita bisa ngasih makanan2 kecil yang kita bawa. juga semakin semangat kalo liat burung ntu. . . :) :) :)

burungnya suka bkeliaran di deket2 puncak, dulu pas gw turun jg tuh burung ngikutin lumayan lama.lumayan seneng jg turun dtemenin burung itu ;D

iya om, kebanyakan ditemui disekitar pos sanghyang ropoh ampe puncak. . . :) ntu burung suka nongol


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: 4ndre on July 12, 2008, 10:15:13 PM
info dari om J nih

http://www.pikiran-rakyat.com/index.php?mib=news.detail&id=22224


Title: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Ahmad on July 13, 2008, 10:45:22 AM
pada hari sabtu kawasan Taman Nasoinal Gunung Ciremai terjadi kebakaran hutan di kaki gunung, tepatnya di daerah Setianegara sebelau utara Linggarjati. . . :'( :'(
api berhasil di jinakkan tadi malam pada pukul 12 malam oleh petugas TMGC dan tim Pumbakala. . .
diduga penyebabnya ada unsur kesengajaan oleh warga sekitar untuk dijadikan lahan pertanian. . . :'( >:(
Waspadalah kepada semuanya... jangan sampai tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab merusak alam kita ini sebagai warisan buat anak cucu kita dimasa depan. . . .
kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi . . . Ayo bersatu para pencinta lingkungan hidup!!!!


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Kilie on July 13, 2008, 04:42:00 PM
Duh, sayang sekali...saking kurangnya pekerjaan...akhirnya lahan yang seharusnya dilindungi malah buat lapangan pekerjaan...semoga mereka sadar yang membakar hutan secara sengaja...jabat erat mas..


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: GENDON on July 13, 2008, 04:51:10 PM
Wah ini mah susah bos, itu semua mata rantai kehidupan, ada demand ada supply.

Semua pihak terkait harus turun bahu membahu mengatasi masalah ini, tapi setidaknya, akan lebih baik bila masyarakat sekitar areal trsebut bisa di beri di beri keterampilan lain sehingga tidak hanya berladang, seperti yang sudah di lakukan oleh LIPI dengan program IPTEKDAnya, di Daerah Kuningan sudah dilakukan pemberdayaan masyarakat desa untuk membuat komponen elektronik untuk di ekspor ke Malaysia, Singapura dan Jepang.

Semoga ada pihak lain yang bisa melakukan hal seperti itu ....
Kapan kita bisa melakukannya di daerah tersebut ?


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Kilie on July 13, 2008, 04:57:22 PM
Betul om...mereka juga butuh makan n mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tapi apakah mereka sadar kalau membakar dan menebang hutan akibatnya akan membahyakan keluarga n anak cucu mereka...ya, semoga saja pihak pemerintahan kabupaten kuningan khususnya memperhatikan warganya yang berada di sekitar gunung cermei...jabat erat om..


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Kilie on July 13, 2008, 05:04:16 PM
Om penghuni cermie...aku minta alamat om yang bisa dihubungi dong...thks..jabat erat om...


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Ahmad on July 13, 2008, 06:20:30 PM
Om penghuni cermie...aku minta alamat om yang bisa dihubungi dong...thks..jabat erat om...
iya betul juga sih. . . itu suatu permasalahan yang dilematis. .

Alamat ane : Jl. otista no 36. RT. 01/03 Pasapen 2 Kuningan. . .
eh om, emang bisa gitu alamat dihubung,,, :D :D ..yang ada juga no. hp ato telp yang bisa dihubungi.... :D :D :D ...peace. . . .
ni om no.hp nya : 085224504405 . . . kale aja om mampir ke kuningan, om singgah dulu ke ane. . .


Title: Re: Kebakaran hutan gunung ciremai
Post by: p0etr@ on July 14, 2008, 12:10:37 AM
wah.... :( sangat disesalkan jika memang terbukti demikian

sebagai pecinta lingkungan hidup,hal nyata apa yang dpt kita lakukan,minimal mencegah pada warga yang belum melakukannya(membakar hutan tuk membuka lahan) ?

ada sebuah bukit di daerah cimahi,yang juga kian hari makin dikikis oleh warga sekitar untuk pembukaan lahan pertanian,yang terjadi,air hujan yang turun dari bukit tidak mampu dibendung,sedangkan dibawahnya terdapat pemukiman warga,tebak apa yang terjadi...........


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Andi SERGAP ! on July 14, 2008, 07:37:30 AM
waaah kebakaran ya ciremai,,,
tp boleh tetep daki gunung siremai gk????
mohon infonya :-\


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: kyo on July 14, 2008, 09:06:13 AM
aku turut sedih,om!!! :'( :'( :'( :'(
moga-moga yg melakukan nya dapat balasan yg setimpal >:( >:( >:(
n' mohon do'a nya kepada seluruh member gappala untuk mendoakan gn. ciremai s'moga tetap tabah n' kembali hijau. ;D ;D


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Kilie on July 14, 2008, 09:53:46 AM
Bro..itu ada nomer kontak om penghuni cermei..mungkin bisa ditanyakan layak atau tidaknya? jadi brangkat bro? sukses n jabat erat deh om..


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Kilie on July 14, 2008, 10:05:42 AM
Mari kita ciptakan lapangan pekerjaan buat warga di sekitar pegunungan di mana saja! Dengan hal-hal yang kecil saja seperti membeli kerajinan tangan atau membeli nasi uduk mereka. Mungkin itu sedikit membantu...jabat erat


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Andi SERGAP ! on July 14, 2008, 02:25:12 PM
pandangan gunung ciremai di mata para pendaki memang sedikit di perhitungkan, apa lagi sisi mitos nya. tapi. . . semua itu kembali lagi pada kepercayaan kita. juga tak luput dari adat istiadat setempat. harus menghormatinya. . . kan pada materi SURVIVAL juga ada tuh, adat isitiada harus kau hormati.. :D :D :D

kalo macan kumbang asli sih ane pernah liat tuh. . .ane ketemu ma macan kumbang tu di bwah, sekitar leuwueng datar. itu kan masih di ketinggian sekitar 600Mdpl an. . eman ga aneh kalo pendaki liat hewan2 kayak gitu di jalur linggarjati. karna memang alamnya masih natural. . berbeda dengan jalur palutungan. jalur palutungan sih jarang keliatan.
dulu ane pernah liat harimau, ga tau harimau beneran, ga tau harimau jadi2an. waktu itu, ane mau survey buat acara wajib gunung, di bwah pos cigowong ane berjumpa dengan harimau itu, pas banget pada waktu magrib. kebetulan kita semua pada ga dikasih izin ama orang tua. eh, malah berjumpa harimau. tadinya kita mau lanjut perjalanan, tapi anak2 yang laen pada drop. jadi kita blik lagi ke rumah..heuuu.... dramatis banget tuh gunung..... tapi emang bener,, hewan2 langka itu memang ada. . . tapi ga ada sejarahna pendaki di tikam ama hewan itu tuh... :D :D :D
sejauh ini ane jarang naek pake jalur linggarjati, paling keseringan pake jalur palutungan, coz deket dari rumah sih... ;D ;D cuman modal kopi 2 and sebungkus rokok... udah bisa nikmatin atap jawa barat yang indah .... heehhheehheee. . . .

om andi, gimana nih masih semangat?? :D :D :D
ato jadi drop?? :'( hheehhheee. . . . semangat dung!!!!!!
atap jawa barat menantimu. . . .

SEMANGAAAAT !!!!
gag sabar menginjakan kaki di puncak mu wahai gunung ciremai ;D
kangen nih sama pegel2 naik gunung :-\


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Kilie on July 14, 2008, 05:07:27 PM
tetap semangat om..walaupun ada yang mbakar hutan untuk buka lahan di sekitar cermei? top dah...jabat erat bro


Title: Re: 92 Hektare Hutan Ciremai Musnah
Post by: bonzaik on July 14, 2008, 07:20:33 PM
Senin, 14 Juli 2008 | 16:34 WIB

CIREBON, SENIN - Untuk memastikan tidak ada bara api, tim yang terdiri dari petugas Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kuningan, dari Kelompok Pecinta Alam Kumbakala Kuningan dan anggota TNI, Senin siang kembali dikerahkan. Mereka melakukan penyisiran di sekitar lokasi kebakaran di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Kabupaten Kuningan.

Kebakaran yang melanda kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Kabupaten Kuningan, sejak Sabtu (12/7) lalu, menyebabkan 92 hektar hutan ludes terbakar termasuk 25 hektar areal tanaman Program Gerakan Rehabilitasi Lahan dan Hutan (Gerhan).

Kasi Pengelolaan Taman Nasional I Linggarjati Maman Surachman S.Hut, di Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Senin mengatakan, kebakaran sudah dipadamkan Minggu malam sekitar pukul 23.00 WIB dengan mengerahkan sekitar 70 petugas gabungan dan pencinta alam.

Ia menjelaskan, petugas yang dikerahkan sekitar 40 orang dari Balai TNGC, belasan petugas Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kuningan, lima orang dari Kelompok Pecinta Alam Kumbakala Kuningan dan belasan anggota TNI.

"Tadi kami baru saja melihat lokasi kebakaran untuk memastikan apakah masih ada bara api yang tersisa. Kondisi api ternyata sudah benar-benar padam," katanya.

Ia menjelaskan, kebakaran dimulai Sabtu sekitar jam 15.00 WIB diduga akibat kelalaian orang yang lupa mematikan hasil pembakaran sehingga api berkembang cepat membakar hutan alang-alang dan semak belukar dan merambat ke areal rehabilitasi Program Gerhan.

Kebakaran itu sebenarnya sudah dipadamkan Minggu dinihari sekitar pukul 02.00, namun tiba-tiba api kembali muncul Minggu pagi sekitar pukul 09.00 sehingga pemadaman kembali dilakukan dan api bisa dilumpuhkan pukul 23.00 malam.

http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/14/16341991/92.hektare.hutan.ciremai.musnah


trima kasih banget buat:

petugas Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kuningan, lima orang dari Kelompok Pecinta Alam Kumbakala Kuningan dan belasan anggota TNI.


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: GENDON on July 14, 2008, 08:59:52 PM
Baru 92 hektar ...
Kalimantan kehilangan 100 hektar per hari aja pada nyantai semua kok ...


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Ahmad on July 14, 2008, 10:22:58 PM
wah om, itu kompas ada kesalahan ketik kali ya??? bukannya Pencinta Alam Kumbakala. . . tapi PA PUMBAKALA....hheeehheee. . . :D :D
kan beda satu huruf juga kan beda artinya?. . .

ya semoga hutan kita kembali lestari, dan semoga Tuhan beserta alam selalu melindungi kita. . . amin. . .


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Ahmad on July 14, 2008, 10:41:34 PM
tenang om. . . :) untuk masalah itu, itu gunung masih bisa di daki.
soalnya lokasi kebakaran itu jauh dari jalur pendakian dan desa setempat. jadi masih bisa di daki. . . tapi mungkin pada acara besar seperti 17 agustusan, sedikit diperketat untuk mencegah terjadinya kebakaran lagi. . . . jadi om andi bisa melanjutkan rencana om untuk mendaki ciremai. . . :) :) :)


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: 4ndre on July 15, 2008, 12:30:57 AM
ga percuma juga om ahmad bikin Pumbakala.
sepak terjangnya membanggakan euy :D ;) :D


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Andi SERGAP ! on July 15, 2008, 08:24:04 AM
Bro..itu ada nomer kontak om penghuni cermei..mungkin bisa ditanyakan layak atau tidaknya? jadi brangkat bro? sukses n jabat erat deh om..
yup...kalo tak ada aral merintang jadi berangkat,,, kan pemanasan sebelum ke rinjani,,,,
mudah2an cuti ke rinjani di kabulin :'(

penghuni ciremai aku datang :D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Andi SERGAP ! on July 15, 2008, 08:28:18 AM
tetap semangat om..walaupun ada yang mbakar hutan untuk buka lahan di sekitar cermei? top dah...jabat erat bro
semangat om ;D
mudah2an orang yang membakar utan ciremai,,ntar diterkam sama macan >:(
pohon kan juga manusia ;D

salam roters !


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Kilie on July 15, 2008, 08:42:45 AM
Mantab dah...kalau ke cermei sekalian bantuin pemadaman di sana ya bro hehehe..
Jabat erat bro...


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Ahmad on July 15, 2008, 09:26:37 AM
Bro..itu ada nomer kontak om penghuni cermei..mungkin bisa ditanyakan layak atau tidaknya? jadi brangkat bro? sukses n jabat erat deh om..
yup...kalo tak ada aral merintang jadi berangkat,,, kan pemanasan sebelum ke rinjani,,,,
mudah2an cuti ke rinjani di kabulin :'(

penghuni ciremai aku datang :D


ya semoga saja om andi tidak ada halangan apapun. . . :)
aku menunggu mu om andi . . . . . :D :D :D :D


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Ahmad on July 15, 2008, 09:39:44 AM
ga percuma juga om ahmad bikin Pumbakala.
sepak terjangnya membanggakan euy :D ;) :D

Makasih om. . . ;) ;)

Maju terus para pelestari alam sejagat raya. . . :( :) :)


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Ahmad on July 15, 2008, 09:45:35 AM
Mantab dah...kalau ke cermei sekalian bantuin pemadaman di sana ya bro hehehe..
Jabat erat bro...

iya tuh. . . sekalian aja kalo ada pendaki yang sedang buat api unggun, di siram aer deh. . . hheehhee. . . huwwaaa. . . kalo pendakinya disiram, bisa-bisa digebukin deh. . . :D :D. . . bak bik buk bak bik buk. . . ough h h h h h :'( :'( :'(


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Andi SERGAP ! on July 15, 2008, 10:05:37 AM
Mantab dah...kalau ke cermei sekalian bantuin pemadaman di sana ya bro hehehe..
Jabat erat bro...
kalo perlu kawahnya kita padamin,,biar gk aktif lagi ;D

keknya harus jabat air deh om,,,,,, ;D


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Ahmad on July 15, 2008, 10:15:42 AM
Mantab dah...kalau ke cermei sekalian bantuin pemadaman di sana ya bro hehehe..
Jabat erat bro...
kalo perlu kawahnya kita padamin,,biar gk aktif lagi ;D

keknya harus jabat air deh om,,,,,, ;D

wah. . . bisa di realisasikan tuh om. . . ;D ;D
tapi, kalo kawahnya dipadamin, tar sumber air anget nya ilang dung ??? hheeehheee. . . .


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: 4ndre on July 15, 2008, 10:40:21 AM
wah. . . bisa di realisasikan tuh om. . . ;D ;D
tapi, kalo kawahnya dipadamin, tar sumber air anget nya ilang dung ??? hheeehheee. . . .

btw, lokasi sumber aer angetnya dmana om?


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Andi SERGAP ! on July 15, 2008, 11:24:05 AM
Mantab dah...kalau ke cermei sekalian bantuin pemadaman di sana ya bro hehehe..
Jabat erat bro...
kalo perlu kawahnya kita padamin,,biar gk aktif lagi ;D

keknya harus jabat air deh om,,,,,, ;D

wah. . . bisa di realisasikan tuh om. . . ;D ;D
tapi, kalo kawahnya dipadamin, tar sumber air anget nya ilang dung ??? hheeehheee. . . .
kan bawa air anget dar ilinggar ;D


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: aceil on July 15, 2008, 02:29:56 PM
wuuiiihh,lama2 bakal habis hutan di negara ini :-[
kebakaran yg melanda kawasan Taman Nasinal Gunung Ciremai itu saja dah menyebabkan 92 hektar hutan ludes kebakar dimana di dalamnya jg termasuk 25 hektar areal tanaman Program Gerakan Rehabilitasi Lahan dan Hutan :-[ :-[ :-[
ironis.... :'(


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Kilie on July 15, 2008, 03:01:45 PM
Makanya gimana caranya supaya kita-kita yang penikmat gunung ini bisa menciptkan lapangan pekerjaan buat warga sekitar...hayo ada usul gak? Jabat erat...


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Andi SERGAP ! on July 15, 2008, 03:49:51 PM
hm,,,
kalo saya usul bagaimana dinas pemberdayaan masyarakat,,melakukan penyuluhan ke warga2 lereng pegunungan,,,,
dengan membuat kerajinan apaa gitu,,,,
dengan memanfaatkan bahan2 alami,,,,,
sehingga mereka gk akan nyari duit dengan merusak alam,,,,,
karna survey membuktikan bahwa penyebab pembalakan liar adalah krn faktor ekonomi,,,
krn sebetulnya dala mhati tersangka tersebut amat menyayangi alamnya,,,,,
namun apa dikata,,,perut lebih penting,,,,,,
ibarat kata mereka ,,masa mentingin pohon atau hewan dr pada manusia,,,,
it's real,,,,,,

salam roters !


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Ahmad on July 15, 2008, 04:19:05 PM
wah. . . bisa di realisasikan tuh om. . . ;D ;D
tapi, kalo kawahnya dipadamin, tar sumber air anget nya ilang dung ??? hheeehheee. . . .

btw, lokasi sumber aer angetnya dmana om?

banyak om . . . di daerah lembah cilengkrang, sangkanurip, dll. . .
kalo di linggarjati ga ada aer anget om. ..


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Andi SERGAP ! on July 16, 2008, 09:22:35 AM
Om penghuni cermie...aku minta alamat om yang bisa dihubungi dong...thks..jabat erat om...
iya betul juga sih. . . itu suatu permasalahan yang dilematis. .

Alamat ane : Jl. otista no 36. RT. 01/03 Pasapen 2 Kuningan. . .
eh om, emang bisa gitu alamat dihubung,,, :D :D ..yang ada juga no. hp ato telp yang bisa dihubungi.... :D :D :D ...peace. . . .
ni om no.hp nya : 085224504405 . . . kale aja om mampir ke kuningan, om singgah dulu ke ane. . .

waaah kalo ini cp saya om ,,catat ya
nama : andi rahadi
domisili : depok
HP : simpati 081315166668
xl ; 08176666004

kita meeting point dimana nih? ;D
apa di linggar aja gmana om penghuni ciremai ???


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: aceil on July 16, 2008, 01:19:55 PM
eh..kok pada tuker2an no hp se ??? ??? ???
mo ke air anget yak :P
trus gimana hutan ciremai ???
kasih ke pemadam kebakaran aja kali yak :P :P :P ;D
piss akh...


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Kilie on July 16, 2008, 03:27:33 PM
pada tukeran nomer hp...janjian mau ke rinjani ya...jabat erat bro..


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: 4ndre on July 16, 2008, 05:26:26 PM
kebakarannya kan uda berhasil dipadamkan, sekarang tindakan apa yg akan dilakukan pasca bencana itu? kan sampe ratusan hektar ya area bekas kebakarannya.

mungkin om ahmad yg terlibat langsung kmaren bisa kasi info ?


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Ahmad on July 16, 2008, 09:52:32 PM
Om penghuni cermie...aku minta alamat om yang bisa dihubungi dong...thks..jabat erat om...
iya betul juga sih. . . itu suatu permasalahan yang dilematis. .

Alamat ane : Jl. otista no 36. RT. 01/03 Pasapen 2 Kuningan. . .
eh om, emang bisa gitu alamat dihubung,,, :D :D ..yang ada juga no. hp ato telp yang bisa dihubungi.... :D :D :D ...peace. . . .
ni om no.hp nya : 085224504405 . . . kale aja om mampir ke kuningan, om singgah dulu ke ane. . .

waaah kalo ini cp saya om ,,catat ya
nama : andi rahadi
domisili : depok
HP : simpati 081315166668
xl ; 08176666004

kita meeting point dimana nih? ;D
apa di linggar aja gmana om penghuni ciremai ???

kapan meeting point nya??? biasanya sih ane ga ada meeting point. . . planing dadakan, langsung brangkat. . . ;D ;D
tapi oke lah kita meeting point dulu. . . rencana om andi mau pake jalur mana?? jalur palutungan ato jalur linggarjati???

menurut ane, kita meeting di rumah ane aza. . . ;D ;D


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Ahmad on July 16, 2008, 10:09:05 PM
kebakarannya kan uda berhasil dipadamkan, sekarang tindakan apa yg akan dilakukan pasca bencana itu? kan sampe ratusan hektar ya area bekas kebakarannya.

mungkin om ahmad yg terlibat langsung kmaren bisa kasi info ?

sampe saat ini ane belum dapat informasi kelanjutan nasib hutan itu tuh. . . tar kalo udah dapat info, tar di posting kok. . . :) :)


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Ahmad on July 16, 2008, 10:14:06 PM
pada tukeran nomer hp...janjian mau ke rinjani ya...jabat erat bro..
om J, bukan ke rinjani, tapi ke ciremai kale. . . ;D ;D ;D. . .


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Andi SERGAP ! on July 17, 2008, 06:46:20 AM
Om penghuni cermie...aku minta alamat om yang bisa dihubungi dong...thks..jabat erat om...
iya betul juga sih. . . itu suatu permasalahan yang dilematis. .

Alamat ane : Jl. otista no 36. RT. 01/03 Pasapen 2 Kuningan. . .
eh om, emang bisa gitu alamat dihubung,,, :D :D ..yang ada juga no. hp ato telp yang bisa dihubungi.... :D :D :D ...peace. . . .
ni om no.hp nya : 085224504405 . . . kale aja om mampir ke kuningan, om singgah dulu ke ane. . .

waaah kalo ini cp saya om ,,catat ya
nama : andi rahadi
domisili : depok
HP : simpati 081315166668
xl ; 08176666004

kita meeting point dimana nih? ;D
apa di linggar aja gmana om penghuni ciremai ???

kapan meeting point nya??? biasanya sih ane ga ada meeting point. . . planing dadakan, langsung brangkat. . . ;D ;D
tapi oke lah kita meeting point dulu. . . rencana om andi mau pake jalur mana?? jalur palutungan ato jalur linggarjati???

menurut ane, kita meeting di rumah ane aza. . . ;D ;D
ane biasanya juga gk pake meeting point ;D itu maksudnya ketemua ndimana,,,pake kata meeting point biar keliatan keren aza :D
kita lewat jalur linggar aja om.
wah kalo nyari rumah ente,ntar lama lagi dunk he,,he,,,
krn rencana ane berangkat dari jakarta jumat malam,,,,ato tengah malam,,
nah kira2 sampe di terminal linggar jam 5 pagian lah he,,he,,
apa kita ketemuan di sana aja gmana hihiihi,,,,jd memaksimalkan waktu yang ada

ntar pas pulang baru deh kita mampir ke rumah ente sambil ngaso dan urut urat2 yang tegang :D


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: 4ndre on July 17, 2008, 09:09:42 AM

ane biasanya juga gk pake meeting point ;D itu maksudnya ketemua ndimana,,,pake kata meeting point biar keliatan keren aza :D
kita lewat jalur linggar aja om.
wah kalo nyari rumah ente,ntar lama lagi dunk he,,he,,,
krn rencana ane berangkat dari jakarta jumat malam,,,,ato tengah malam,,
nah kira2 sampe di terminal linggar jam 5 pagian lah he,,he,,
apa kita ketemuan di sana aja gmana hihiihi,,,,jd memaksimalkan waktu yang ada

ntar pas pulang baru deh kita mampir ke rumah ente sambil ngaso dan urut urat2 yang tegang :D

wah jadi jg nih kliatannya om andi k ciremai. :D
btw, rencana perjalanan mungkin lebih tepat diomongin di thread 'goes to ciremai', ada kan threadnya ?


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Gembel on July 17, 2008, 01:04:11 PM
macannya cantik g yaaa...mau donk di terkam hehehehe
;D ;D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on July 17, 2008, 06:04:31 PM
macannya cantik g yaaa...mau donk di terkam hehehehe
;D ;D

ati-ati om. . .jan smbarangan,,, biasanya hal seperti itu bisa berakibat fatal. . . :'( :'(


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Ahmad on July 17, 2008, 06:19:26 PM
Om penghuni cermie...aku minta alamat om yang bisa dihubungi dong...thks..jabat erat om...
iya betul juga sih. . . itu suatu permasalahan yang dilematis. .

Alamat ane : Jl. otista no 36. RT. 01/03 Pasapen 2 Kuningan. . .
eh om, emang bisa gitu alamat dihubung,,, :D :D ..yang ada juga no. hp ato telp yang bisa dihubungi.... :D :D :D ...peace. . . .
ni om no.hp nya : 085224504405 . . . kale aja om mampir ke kuningan, om singgah dulu ke ane. . .

waaah kalo ini cp saya om ,,catat ya
nama : andi rahadi
domisili : depok
HP : simpati 081315166668
xl ; 08176666004

kita meeting point dimana nih? ;D
apa di linggar aja gmana om penghuni ciremai ???

kapan meeting point nya??? biasanya sih ane ga ada meeting point. . . planing dadakan, langsung brangkat. . . ;D ;D
tapi oke lah kita meeting point dulu. . . rencana om andi mau pake jalur mana?? jalur palutungan ato jalur linggarjati???

menurut ane, kita meeting di rumah ane aza. . . ;D ;D
ane biasanya juga gk pake meeting point ;D itu maksudnya ketemua ndimana,,,pake kata meeting point biar keliatan keren aza :D
kita lewat jalur linggar aja om.
wah kalo nyari rumah ente,ntar lama lagi dunk he,,he,,,
krn rencana ane berangkat dari jakarta jumat malam,,,,ato tengah malam,,
nah kira2 sampe di terminal linggar jam 5 pagian lah he,,he,,
apa kita ketemuan di sana aja gmana hihiihi,,,,jd memaksimalkan waktu yang ada

ntar pas pulang baru deh kita mampir ke rumah ente sambil ngaso dan urut urat2 yang tegang :D

wah om, mending kita naek pake palutungan aze ... linggar no much money.... :( :( :(

iya tar dikasih kopi pahit ama sasajennya. . . ;D ;D ;D


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Andi SERGAP ! on July 18, 2008, 04:38:52 PM
Om penghuni cermie...aku minta alamat om yang bisa dihubungi dong...thks..jabat erat om...
iya betul juga sih. . . itu suatu permasalahan yang dilematis. .

Alamat ane : Jl. otista no 36. RT. 01/03 Pasapen 2 Kuningan. . .
eh om, emang bisa gitu alamat dihubung,,, :D :D ..yang ada juga no. hp ato telp yang bisa dihubungi.... :D :D :D ...peace. . . .
ni om no.hp nya : 085224504405 . . . kale aja om mampir ke kuningan, om singgah dulu ke ane. . .

waaah kalo ini cp saya om ,,catat ya
nama : andi rahadi
domisili : depok
HP : simpati 081315166668
xl ; 08176666004

kita meeting point dimana nih? ;D
apa di linggar aja gmana om penghuni ciremai ???

kapan meeting point nya??? biasanya sih ane ga ada meeting point. . . planing dadakan, langsung brangkat. . . ;D ;D
tapi oke lah kita meeting point dulu. . . rencana om andi mau pake jalur mana?? jalur palutungan ato jalur linggarjati???

menurut ane, kita meeting di rumah ane aza. . . ;D ;D
ane biasanya juga gk pake meeting point ;D itu maksudnya ketemua ndimana,,,pake kata meeting point biar keliatan keren aza :D
kita lewat jalur linggar aja om.
wah kalo nyari rumah ente,ntar lama lagi dunk he,,he,,,
krn rencana ane berangkat dari jakarta jumat malam,,,,ato tengah malam,,
nah kira2 sampe di terminal linggar jam 5 pagian lah he,,he,,
apa kita ketemuan di sana aja gmana hihiihi,,,,jd memaksimalkan waktu yang ada

ntar pas pulang baru deh kita mampir ke rumah ente sambil ngaso dan urut urat2 yang tegang :D

wah om, mending kita naek pake palutungan aze ... linggar no much money.... :( :( :(

iya tar dikasih kopi pahit ama sasajennya. . . ;D ;D ;D
emang lewat linggar bayarnya berapa???
wah sajen ya,,, ;D

salam SERGAP !


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: 4ndre on July 18, 2008, 05:13:33 PM

wah jadi jg nih kliatannya om andi k ciremai. :D
btw, rencana perjalanan mungkin lebih tepat diomongin di thread 'goes to ciremai', ada kan threadnya ?



Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Ahmad on July 18, 2008, 05:57:33 PM
om, kita ngobrolnya d treadth goes to ciremai z ya. . .

bayarnya sih ga telalu mahal sih. . . cuman ane kapok naek tuh jalur. . .heu.... oh my god!!!..... hheeehheee. . . .


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Gembel on July 21, 2008, 01:21:29 PM
hee yang ati2 tu yang membakar hutan atau yang di terkam macan yaaa...yang jelas dong ....jadi takut nih...

Sebagai penghuni ciremai mana nih andilnya kog masih sering ada penduduk yang membakar hutan...


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Andi SERGAP ! on July 21, 2008, 04:23:23 PM
om ciremai gmanaa masih semangaaaat ???????? ;D

dah gk sabar nih :-\


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Kilie on July 21, 2008, 05:33:42 PM
Yup betul om, di sana ada tulisan dilarang bicara sembarangan...jabat erat...


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on July 21, 2008, 06:48:34 PM
om ciremai gmanaa masih semangaaaat ???????? ;D

dah gk sabar nih :-\

smangaaaaaaaaaaaaaaaattttttt dong!!!!!! :) :)
buruan serbu tuh gunung . . . . :D :D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on July 21, 2008, 06:54:42 PM
hee yang ati2 tu yang membakar hutan atau yang di terkam macan yaaa...yang jelas dong ....jadi takut nih...

Sebagai penghuni ciremai mana nih andilnya kog masih sering ada penduduk yang membakar hutan...
seperti yang dibahas. . . memang sebuah dilema,. . penduduk juga punya perut, hanya saja mereka belum mengerti, begitu besarnya peranan hutan ini. segala sesuatu juga pasti ada peran pro dan kontra. . . betul ga mas??? tinggal bagaimana kita menyikapinya hal tersebut. :) :)


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Gembel on July 22, 2008, 12:26:53 PM
emang sih kalau di lokasi (di gn Ciremai/atau gn apapun) kita memang tidak boleh bicara sembarangan ....tapi kalau di sini masa hal itu berlaku juga...terlalu mistik deh ...walau tidak percaya hal mistik tetapi saya lebih cenderung menghindari hal hal yang di larang (tidak menentang) untuk kebaikan bersama.

Menganai pembakaran hutan.... gimana kalau Gappala ngadain pertemuan dengan kepala dusun atau pejabat daerah yang kita kunjungi (gunung yang kita daki) lalu kita bicarakan masalah pembakaran hutan supaya sedikit2 bisa berkurang... Tunjukan kalau kita punya andil ...buktikan kalau kita Seorang Pecinta Alam


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Gembel on July 22, 2008, 12:38:59 PM
Buat yang mau mendaki ke Ciremai salam aja buat semua dan tetap semangat....oh ya mas penghuni Ciremai kapan-kapan kita bisa ketemu di kuningan karena saya sering ke Lurangung Tonggoh ...kan dekat dari situ


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Kilie on July 22, 2008, 12:44:11 PM
Yup, jangan bicara sembaranga, buang sampah sembarangan, buang hajat sembarangan. Dimana kaki kita berpijak di situlah langit dijunjung hehehe...jabat erat yang ingin ke cermai..


Title: Re: Kebakaran hutan gunug ciremai
Post by: Kilie on July 22, 2008, 12:50:06 PM
Semangat! Semangat! Semangat! Kalau dah smp palutungan salam buat akang ndut sarung tangannya gue pinjem satu hehehe...Jabat erat buat yang ke cermei...


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Andi SERGAP ! on July 22, 2008, 02:04:02 PM
SALAM SERGAP tuk puncak ciremai !


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on July 22, 2008, 07:03:50 PM
SALAM SERGAP tuk puncak ciremai !
wah. . . dukungan dari teman-teman buat ciremai emang manteb lah. . .!!!!


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Andi SERGAP ! on July 23, 2008, 07:18:25 AM
SALAM SERGAP tuk puncak ciremai !
wah. . . dukungan dari teman-teman buat ciremai emang manteb lah. . .!!!!
siip om penghuni,,,,
semua peralatan dah ok,,,,tinggal menyergap aja nih !! ;D

salam sergap !


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: chupu on July 23, 2008, 07:33:57 AM
salam om penghuni ciremai?

bisa ceritakan ke lebihan dari setiap jalur2 yang ada di g. ciremai, yang menurut info ada 3 jalur :

1. apuy
2. linggar jati
3. palutungan


makasih yah


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on July 23, 2008, 07:47:11 AM
salam om penghuni ciremai?

bisa ceritakan ke lebihan dari setiap jalur2 yang ada di g. ciremai, yang menurut info ada 3 jalur :

1. apuy
2. linggar jati
3. palutungan


makasih yah

untuk tingkat kesulitan
apuy = easy
palutungan = medium
linggar jati = hard

untuk kelebihannya mungkin sama saja.. yang dibedakan hanya tingkat kesulitannya. . . .
gitu om..
tapi kebanyakan para pendaki mengambil jalur palutungan, karena jalur tersebut dalam tingkat medium... susah engga,, mudah ngga.... ya di tengah-tengah deh... ;D ;D

kalo boleh tau om chupu ini orang mana yah??? kali aja kita ketemu.. ;D ;D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: chupu on July 23, 2008, 08:04:52 AM
salam om penghuni ciremai?

bisa ceritakan ke lebihan dari setiap jalur2 yang ada di g. ciremai, yang menurut info ada 3 jalur :

1. apuy
2. linggar jati
3. palutungan


makasih yah

untuk tingkat kesulitan
apuy = easy
palutungan = medium
linggar jati = hard

untuk kelebihannya mungkin sama saja.. yang dibedakan hanya tingkat kesulitannya. . . .
gitu om..
tapi kebanyakan para pendaki mengambil jalur palutungan, karena jalur tersebut dalam tingkat medium... susah engga,, mudah ngga.... ya di tengah-tengah deh... ;D ;D

kalo boleh tau om chupu ini orang mana yah??? kali aja kita ketemu.. ;D ;D

* Gmn dengan habitat hewan2nya di 3 jalur pendakian tersebut
* Hewan apakah yang banyak terdapat di g. ciremai


sekian dulu.


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on July 23, 2008, 08:34:23 AM

* Gmn dengan habitat hewan2nya di 3 jalur pendakian tersebut
* Hewan apakah yang banyak terdapat di g. ciremai


sekian dulu.
[/quote]
* mungkin untuk habitat hewan, kebanyakan di jalur linggarjati.. palutungan dan apuy, kayaknya jarang kita jumpai...
* banyak tuh... paling monyet, hewan mamalia, macan... and etc... :D :D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Kilie on July 23, 2008, 03:24:49 PM
Yaaa ilah....udah jangan dicritain ntar malah gak seru...dah janjian aja dimana ketemuannya...brangkat dah...jabat erat


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on July 23, 2008, 08:57:09 PM
Yaaa ilah....udah jangan dicritain ntar malah gak seru...dah janjian aja dimana ketemuannya...brangkat dah...jabat erat

iya om setuju dah.... kalo emang penasaran ama tuh gunung... mending ikut z tar besok agustus tuh... ;D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: aceil on July 23, 2008, 09:24:57 PM
Yaaa ilah....udah jangan dicritain ntar malah gak seru...dah janjian aja dimana ketemuannya...brangkat dah...jabat erat
gw diajak ngga ya ??? ??? ??? ::) ::)
jabat erat dah om jabat erat ;D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on July 23, 2008, 10:50:19 PM
Yaaa ilah....udah jangan dicritain ntar malah gak seru...dah janjian aja dimana ketemuannya...brangkat dah...jabat erat
gw diajak ngga ya ??? ??? ??? ::) ::)
jabat erat dah om jabat erat ;D
ok om iku aja bareng team besok. . . ;D ;D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Andi SERGAP ! on July 24, 2008, 06:42:52 AM
wah 2 minggu lagi nih penyergapan ke gunung ciremainya ;D

salam sergap


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on July 24, 2008, 07:12:16 AM
wah 2 minggu lagi nih penyergapan ke gunung ciremainya ;D

salam sergap
;D ;D ;D ;D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: chupu on July 24, 2008, 08:59:32 AM
titip pesan dong buat temen-teman yang akan mendaki ke g.ciremai

1. jangan buang sampah, bawalah kembali sampah yang kalian bawa
2. jangan merusak keasrian ekosistem dan habitat disana
3. belajar apa yang kalian bisa pelajari dari pendakain yg akan kalian laksanakan
4. belajar dari skarang untuk bersahabat dengan alam


tengkyu temen-teman


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on July 24, 2008, 09:14:37 AM
titip pesan dong buat temen-teman yang akan mendaki ke g.ciremai

1. jangan buang sampah, bawalah kembali sampah yang kalian bawa
2. jangan merusak keasrian ekosistem dan habitat disana
3. belajar apa yang kalian bisa pelajari dari pendakain yg akan kalian laksanakan
4. belajar dari skarang untuk bersahabat dengan alam


tengkyu temen-teman

thanks before. . . teman. . .

ane lagi YMan, gabung yu??? nih alamatnya.. penghuni_ciremai@yahoo.co.id


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Andi SERGAP ! on July 24, 2008, 09:20:49 AM
titip pesan dong buat temen-teman yang akan mendaki ke g.ciremai

1. jangan buang sampah, bawalah kembali sampah yang kalian bawa
2. jangan merusak keasrian ekosistem dan habitat disana
3. belajar apa yang kalian bisa pelajari dari pendakain yg akan kalian laksanakan
4. belajar dari skarang untuk bersahabat dengan alam


tengkyu temen-teman

thanks before. . . teman. . .

ane lagi YMan, gabung yu??? nih alamatnya.. penghuni_ciremai@yahoo.co.id

ane juga nih andi_rahadi2005@yahoo.com

salam sergap deh


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: PetualangKere on September 13, 2008, 11:19:16 AM
himbauan buat pendaki gunung ciremai:

"gunung ciremai bukan tempat "panen" edel.....selamatkan yang tinggal sedikit ini"

*save our nature*


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on September 13, 2008, 04:57:05 PM
himbauan buat pendaki gunung ciremai:

"gunung ciremai bukan tempat "panen" edel.....selamatkan yang tinggal sedikit ini"

*save our nature*
siiiiiip!!! lah om. . .


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: gendon junior on September 13, 2008, 11:52:39 PM
Masih ada juga ya pendaki yg ngambil Edelweiss ???
Goblok amat tuh orang, ngapain jauh2 kalo pingin Edelweiss ..
Di Blok M tuh banyak yg jual ...
Ceban dapet seiket ...


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on September 14, 2008, 07:01:58 PM
Masih ada juga ya pendaki yg ngambil Edelweiss ???
Goblok amat tuh orang, ngapain jauh2 kalo pingin Edelweiss ..
Di Blok M tuh banyak yg jual ...
Ceban dapet seiket ...

bukan masih ada. . . Tapi banyak om.. Mungkin mereka belum mengerti apa dari kelestarian alam tersebut. . . Hanya waktu yang dapat merubah kebiasaan buruk itu.


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Dwee on September 15, 2008, 04:04:28 PM
salam . . .

hoaaa...betul banget..

malah pendakian 17an d ciremai kemaren pas masuk ke padang edel,
w ngliat sekelompok orang yang d bajuny bertuliskan PECINTA ALAM dr sebuah sekolah d kota C***i* sedang panen dengan wajah penuh semangat n canda tawa. ( untungny gak semua, tp cuma sebagian anggotany ja )

apa mereka gak malu ya dengan mengakui diriny sebagai PECINTA ALAM tapi justru kelakuan mereka sendiri seperti itu. ???

kasian ciremai ku kalaw terus terusan di kunjungii manusia - manusia seperti itu :'(

salam . . .


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on September 15, 2008, 04:22:23 PM
kemaren ane malah teriak-teriak bilang. . . woooyyy... razia!!! razia!!!
jangan petik edel... ada rajia....


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Dwee on September 16, 2008, 07:41:20 PM
salam . . .

idem mad,, yaa wlw cuma buat nakutin ja supaya gak pada metik edel

lumayan ampuh juga sech ;D walaw ada yang bandel >:(
salam . . .


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Krupoek_MLarat on September 19, 2008, 11:50:42 AM
Assalamualaikum wr wb...
Salam Kenal, perkenalkan saya anak baru niyh walo bukan dari organisasi PA...masih ucup.
Tapi pas kmaren ndaki gunung ciremai....sangat disesalkan sekali oleh saya.
Karena saya melihat di padang edel ciremai beberapa kelompok berpakaian lengkap pendakian, memakai topi rimba, ber-syal "Pencinta Alam" kotamadya cirebon Namunnnn...dengan semangat dan lahap memetik bunga edel hingga seukuran tas kecil penuh...
saat ditanya" emang ga takut dirazia mas?"
dengan sante sang PA menjawab"Alah sante aja mas, kita kan anak PA ini, kalo ada apa apa kan gampang ada senior kita"


cukup menggelikan namun disayangkan...kasian susah2 didik jadi anak PA tpi otak nya msh kyk anak sekolahan jg...eh anak PA emang anak sekolahan yah?
"Semoga Para Senior Pencinta Alam Diseluruh Indonesia Dapat Mendidik yang lebih Terfokus lagi"

wassalam.....



Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Gembel on September 19, 2008, 11:58:56 AM
Pecinta Alam gadungan tuh... emang seniornya g ada yaa...? kenapa g langsung di tegur aja tapi dengan bahasa yg halus. (padahal kalau yg sadar dari pertanyaan anda itu sudah merupakan teguran... )


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Krupoek_MLarat on September 19, 2008, 12:01:36 PM
Wah kalo soal negur2 gitu kapok mas... :-[ :-[
dolo pernah di gunung bromo...kek gitu...padahal cma nanya duank....tp ujung2nye kaga terima dia ngerasa di ejek hanya oleh karena saya yang tidak" berorganisasi" pencinta alam ??? ???
Makanya apalagi ampe ngemeng ma seniornya...beuh...ribet bin capek lah... ;D ;D
wassalam...


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Gembel on September 19, 2008, 12:07:07 PM
Wah kalo soal negur2 gitu kapok mas... :-[ :-[
dolo pernah di gunung bromo...kek gitu...padahal cma nanya duank....tp ujung2nye kaga terima dia ngerasa di ejek hanya oleh karena saya yang tidak" berorganisasi" pencinta alam ??? ???
Makanya apalagi ampe ngemeng ma seniornya...beuh...ribet bin capek lah... ;D ;D
wassalam...


Mungkin bahasa-nya kurang tepat kali...

Tujuan kita mendaki di samping hobby tetapi kita juga menjaga gunung dari orang2 jail dan salah satunya adalah menegur yang bersangkutan jika kita menemukan hal yg menyimpang (hal kecil sebagai tanda keikut sertaan kita menjaga alam)


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Krupoek_MLarat on September 19, 2008, 12:09:03 PM
yo intinya....."jagalah hati kita sendiri sebelum kita bisa menjaga alam kita semua" <<


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Dwee on September 23, 2008, 12:17:12 AM
salam . . .

sejujurny sebagai orang KODYA CIREBON saya MALU :'( denger kabar di atas . . .

yaa...mungkin mereka adalah PECINTA ALAM versi mereka sendiri . . yang dah sekali naek gunung tapi ngerasa dah gmn gt . . .

salam . . .



Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Krupoek_MLarat on September 23, 2008, 09:47:10 AM
salam . . .

sejujurny sebagai orang KODYA CIREBON saya MALU :'( denger kabar di atas . . .

yaa...mungkin mereka adalah PECINTA ALAM versi mereka sendiri . . yang dah sekali naek gunung tapi ngerasa dah gmn gt . . .

salam . . .



atau jangan jangan mereka anak bapak kost Cibunar atau Palutungan vilage yaks? ;D ;D


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Ahmad on September 27, 2008, 09:15:00 PM
gila...gila.... hutan ciremai kembali kebakaran lagi nih.... pusing nih. . .
berarti tahun ini hampir mencapai 15 kali kebakaran.... terakhir hari rabu kemarin si jago merah melalap hutan daerah lambosir..... :'( :'(


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Luna on September 27, 2008, 09:51:02 PM
gila...gila.... hutan ciremai kembali kebakaran lagi nih.... pusing nih. . .
berarti tahun ini hampir mencapai 15 kali kebakaran.... terakhir hari rabu kemarin si jago merah melalap hutan daerah lambosir..... :'( :'(

hah??? ya ampun...
mudah mudahan hujan kali ini dapat memadamkan jagomerah.....


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Dwee on September 28, 2008, 11:56:55 PM
salam...

amien,,biar cepet mati tu apinya...

tapi..kayanya masih lama hujan ny,,skrg kondisinya lagi angin kenceng n panas

mari kita berdoa bersama..

salam


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: dZIEL on November 17, 2009, 06:01:41 PM
Ada Update Apa neh dari Gn Ciremai ini Cirebon, Secara Setiap musim akan Berbeda efeknya buat sang Jalur(gunung). Kaya musim Panas/Kering, Berkemungkinan Bgt mengalami Kebakaran Hutan. Lalu di musim Hujan sering terjadi Badai atau bahkan Longsor di beberapa Titik.

nah, kalo kaya sekarang ini gimana yah yang (gak nentu) sebentar sebentar ada panas/kering, lalu tiba2 hujan deras disertai angin.

sok atuh di UPDATE,,, (smoga bermanfaat)


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Krupoek_MLarat on November 22, 2009, 09:01:02 PM
Ada Update Apa neh dari Gn Ciremai ini Cirebon, Secara Setiap musim akan Berbeda efeknya buat sang Jalur(gunung). Kaya musim Panas/Kering, Berkemungkinan Bgt mengalami Kebakaran Hutan. Lalu di musim Hujan sering terjadi Badai atau bahkan Longsor di beberapa Titik.

nah, kalo kaya sekarang ini gimana yah yang (gak nentu) sebentar sebentar ada panas/kering, lalu tiba2 hujan deras disertai angin.

sok atuh di UPDATE,,, (smoga bermanfaat)
kota kuningan dsk hampir setiap hari turun hujan, untuk wilayah ciremai dan sekitarnya hampir sama dan disertai angin yang lumayan kencang...
jalur palutungan masih kategori aman hanya super dingin..
untuk jalur linggar jati, rawan banjir dan licin serta longsor kecil di beberapa titik tertentu..

Mau mendaki ciremai??setting super basah+logistik super siap dah...
salam [[peace]]


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Dwee on November 23, 2009, 10:20:47 PM
Pendakian k gunung ciremai ...
Di sarankan melalui jalur apuy atau jalur palutungan saja dan tidak melalui jalur linggar jati. Karena ada beberapa titik yang kacau dan rawan d jalur linggar jati.

* udah pernah w posting d tempat tetangga.
Update jalur pendakian via palutungan silahkan tanya pihak penjaga TNGC.. Ada beberapa titik ( sekitar pos tnj. Asoy ke atas/pos pesanggrahan k bwah ) yg perlu d waspadai apalagi bila melalui saat turun, karena terdapat pertemuan jalur ESAR bkas peristiwa kemaren yg mgkn lupa d tutup petugas.
Salam


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: dZIEL on December 17, 2009, 04:00:08 PM
Pasti mantab kalo di Akhir Taun neh,,....
he he h... linggar jati - Palutungan....Intrik suasana "bapatere" dan "goa Walet" pasti makin mantab.


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: dZIEL on April 14, 2011, 02:20:54 PM
Mengingat Rekan2 diSIPALA sya ingin mendaki Ke Ciremai 21 April 2011 nanti,....
Boleh neh Tanya2 Info Kondisi Gn.Ciremai Dunk.... Wabil Khusus Jalur Palutungan.

Kang Ahmad Bae,... Kang Teguh Krupuk...
Dwee,atau kawan2 yg berada di sekitaran Gn. CIremai Palutungan, Kira2 Kondisi Cuaca disana dekat2 sekarang gimana? aman kah buat pendakian,..?? (denger kabar jalur makin merapat dan sering hadir angin hujan, dan berkabut, benarkah ? )

thx all,.. [[peace]]



Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Dwee on April 14, 2011, 02:56:45 PM
Mengingat Rekan2 diSIPALA sya ingin mendaki Ke Ciremai 21 April 2011 nanti,....
Boleh neh Tanya2 Info Kondisi Gn.Ciremai Dunk.... Wabil Khusus Jalur Palutungan.

Kang Ahmad Bae,... Kang Teguh Krupuk...
Dwee,atau kawan2 yg berada di sekitaran Gn. CIremai Palutungan, Kira2 Kondisi Cuaca disana dekat2 sekarang gimana? aman kah buat pendakian,..?? (denger kabar jalur makin merapat dan sering hadir angin hujan, dan berkabut, benarkah ? )

thx all,.. [[peace]]


info nya bisa update di mari wa
http://www.btngciremai.blogspot.com/ (http://www.btngciremai.blogspot.com/)


KETENTUAN UMUM PENDAKIAN


1. Setiap calon pendaki harus memiliki Surat Ijin Pendakian (SIP) yang di urus terlebih dahulu berdasarkan jalur pendakian yang ingin dilalui sesuai ketentuan yang berlaku dan menyerahkan kepada pengelola di pintu masuk yang apabila perijinanya dilakukan di kantor lingkup TNGC. sementara menunggu permohonan ijin pengelola jalur pendakian yang lain, maka pendaki diharuskan melewati jalur pendakian LINGGASANA karena sudah mendapatkan ijin pengelolaan dengan membawa persyaratan yaitu fotokopi kart tanda pengenal (KTP/STNK/SIM) dan surat ijin orang tua diserta fotokopi KTP orang tua (bagi pendaki yang berusia dibawah 17 tahun keatas)

2. Perijinan pendakian di TNGC dapat menggunakan sistem booking dengan mengirimkan persyaratan yaitu fotokopi kart tanda pengenal (KTP/STNK/SIM) dan surat ijin orang tua diserta fotokopi KTP orang tua (bagi pendaki yang berusia dibawah 17 tahun keatas)melalui faksimile. Surat ijin dapat diambil calon pendaki di kantor Balai TNGC maksimal 2 hari sebelum pendakian.

3. Batas lama pendakian adalah 2 hari 1 malam dan paling lambat memulai pendakian pada pukul 12.00 WIB.

4. Membayar tiket masuk dan asuransi :
a. Wisatawan domestik : Rp 1.500,- orang/hari (PNBP)
b. Wisatawan Mancanegara : Rp. 20.000,-/orang/hari (PNBP)
- Pengelola : Rp 5.500,- /orang
- Asuransi : Rp. 1.500,-/orang

5. Jumlah pendaki dibatasi 1.500 orang per hari

6. Membawa perlengkapan standar : jaket, baju ganti, jas hujan, tenda, kantong tidur, sarung tangan, topi/klupuk, sweater, matras, makanan dan minuman secukupnya dan obat-obatan. apabila tidak, tidak diperbolehkan melakukan pendakian.

7. Pengelola jalur pendakian akan memeriksa barang bawaan dan Surat Ijin (SIP) sebelum dan sesudah memasuki kawasan.

8. Tidak membawa binatang ke dalam kawasan.

9. Tidak membuat api unggun di dalam kawasan.

10. Tidak mengganggu, memindah, melakukan vandalisme pada fasilitas yang ada di dalam kawasan.

11. Tidak memetik, memindahkan atau mencabut tanaman.

12. Berjalan pada jalur yang telah ditentukan.

13. tidak meninggalkan sampah dan wajib membawa turun kembali sampah bawaannya. apabila pengecekan terakhir pendaki tidak membawa sampah maka pendaki harus naik kembali untuk mengambil sampah.

14. tidak membawa minuman beralkohol

15. wajib mengikuti semua peraturan yang berlaku di TNGC dan akan dilakukan penindakan tegas bagi yang melanggar.


cuaca masih basah sampai terakhir temen w turun hari minggu kmren


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: dZIEL on April 15, 2011, 10:52:24 AM
Wah wah dwee... die malah ngeluain KETENTUAN UMUM PENDAKIAN, sip dah.
btw tuh ketentuan standart TAMAN NASIONAL ye... :D :D
(jadi inget TNPG era Prosedur baru/booking list...) [[peace]] [[peace]]

Sip wee,.. kang EDI juga baru 2minggu kmaren via Palutungan, lapaorannya ya BASAH... :D
wee, lo krupuk dan Ahmad nggak ada rencana Merapat ke CiGowong neh ??
kali aja bisa numpang ngopisusu.... [[peace]] [[peace]] [[peace]] .........[[kabuur]] [[kabuur]]



Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: Dwee on April 16, 2011, 11:33:56 AM
Wah wah dwee... die malah ngeluain KETENTUAN UMUM PENDAKIAN, sip dah.
btw tuh ketentuan standart TAMAN NASIONAL ye... :D :D
(jadi inget TNPG era Prosedur baru/booking list...) [[peace]] [[peace]]

Sip wee,.. kang EDI juga baru 2minggu kmaren via Palutungan, lapaorannya ya BASAH... :D
wee, lo krupuk dan Ahmad nggak ada rencana Merapat ke CiGowong neh ??
kali aja bisa numpang ngopisusu.... [[peace]] [[peace]] [[peace]] .........[[kabuur]] [[kabuur]]


w belom ada ijin ke sana wa ;D jadwal nya juni


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: adhe irvan hk on April 18, 2011, 10:54:20 AM
Mengingat Rekan2 diSIPALA sya ingin mendaki Ke Ciremai 21 April 2011 nanti,....
Boleh neh Tanya2 Info Kondisi Gn.Ciremai Dunk.... Wabil Khusus Jalur Palutungan.

Kang Ahmad Bae,... Kang Teguh Krupuk...
Dwee,atau kawan2 yg berada di sekitaran Gn. CIremai Palutungan, Kira2 Kondisi Cuaca disana dekat2 sekarang gimana? aman kah buat pendakian,..?? (denger kabar jalur makin merapat dan sering hadir angin hujan, dan berkabut, benarkah ? )

thx all,.. [[peace]]




WOW...SAFETY FIRST aja dah om dziel.... ;D buat menghindari bahaya objek... :)

selamat mendaki.... [[peace]] [[kabuur]] [[kabuur]]


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: dZIEL on April 18, 2011, 04:34:43 PM
Mengingat Rekan2 diSIPALA sya ingin mendaki Ke Ciremai 21 April 2011 nanti,....
Boleh neh Tanya2 Info Kondisi Gn.Ciremai Dunk.... Wabil Khusus Jalur Palutungan.

Kang Ahmad Bae,... Kang Teguh Krupuk...
Dwee,atau kawan2 yg berada di sekitaran Gn. CIremai Palutungan, Kira2 Kondisi Cuaca disana dekat2 sekarang gimana? aman kah buat pendakian,..?? (denger kabar jalur makin merapat dan sering hadir angin hujan, dan berkabut, benarkah ? )

thx all,.. [[peace]]




WOW...SAFETY FIRST aja dah om dziel.... ;D buat menghindari bahaya objek... :)

selamat mendaki.... [[peace]] [[kabuur]] [[kabuur]]


Sip Thankz bang Irvan,... septy 1st !!


Title: Re: Minta Info tentang gunung Ciremai donk...
Post by: adhe irvan hk on April 19, 2011, 10:09:57 AM
Mengingat Rekan2 diSIPALA sya ingin mendaki Ke Ciremai 21 April 2011 nanti,....
Boleh neh Tanya2 Info Kondisi Gn.Ciremai Dunk.... Wabil Khusus Jalur Palutungan.

Kang Ahmad Bae,... Kang Teguh Krupuk...
Dwee,atau kawan2 yg berada di sekitaran Gn. CIremai Palutungan, Kira2 Kondisi Cuaca disana dekat2 sekarang gimana? aman kah buat pendakian,..?? (denger kabar jalur makin merapat dan sering hadir angin hujan, dan berkabut, benarkah ? )

thx all,.. [[peace]]




WOW...SAFETY FIRST aja dah om dziel.... ;D buat menghindari bahaya objek... :)

selamat mendaki.... [[peace]] [[kabuur]] [[kabuur]]


Sip Thankz bang Irvan,... septy 1st !!


MANTABSS... 8) ditunggu laporan perjalanananya ah..... [[kabuur]] [[kabuur]]


2 komentar:

  1. salam rimba.,.,.,.kalo naik tgl 14 feb 2012 bisa kan yyah.,.,.,

    BalasHapus
  2. salam lestari..saya baru 2 minggu yang lalu..mendaki ciremai..via linggarjati untuk jalur ini semua tersedia deh..mulai dari treknya..viewnya..sampe mistisnya..yang paling terpenting kita sadari potensi bahaya di sekitar kita,siapin fisik sama mental,dan logistik terutama manajemen air..selamat mendaki jaga kelestarian alam agar anak cucu kita dapat menikmati juga...

    BalasHapus

Terimakasih atas komentar yang temen-teman berikan, semoga bermanfaat bagi kita bersama. Salam dari Gappala

 
Site Support : Komunitas Archive Gappala | Komunitas Petualang Indonesia
Copyright © 2013. Gappala Unity - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gappala
Proudly powered by Blogger