Home » » GUNUNG SUMBING,,,,,

GUNUNG SUMBING,,,,,

Komunitas Petualang Indonesia ::

Petualangan Alam Terbuka => Mendaki Gunung => Topic started by: Andi SERGAP ! on April 07, 2009, 11:40:15 AM



Title: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 07, 2009, 11:40:15 AM
JALUR MENUJU PUNCAK SUMBING

Untuk menuju puncak G. Sumbing, kita turun dari bus di depan gapura desa Garung, dimana jalan mulai menurun ke kota Wonosobo. Dari gapura desa ke pusat desa Garung perjalanan ditempuh dalam waktu 1 jam. Di desa Garung/Butuh ini tidak ada losmen untuk bermalam, jadi para pendaki bila igin bermalam dapat ke rumah kepala desa, sekaligus mendapatkan informasi mengenai G. Sumbing.

Dari belakang desa, perjalanan dilanjutkan dengan mengikuti jalur yang langsung menanjak, terus melalui kebun sayur dan jalan menanjak seperti dalam saluran air. Kita kemudian melewati kebun akasia dan tiba di padang rumput, dari sini kita dapat melihat puncak G. Sumbing. Perjalanan sampai ke punggung gunung, makin lama makin curam dan di sini terdapat sebuah batu besar tempat berlindung dari hembusan angin yang keras. Dari tempat ini menuju puncak masih diperlukan waktu 1 jam lagi.

Puncak G. Sumbing berbentuk caldera kecil yang bergaris tengah 800 meter, dengan kedalaman 50-100 m dan beberapa puncak yang runcing. Untuk menuju puncak tertinggi harus turun lagi ke arah kanan dan kemudian naik lagi. Di kaldera banyak kawah kecil yang berasap belerang, yang merupakan pemandangan yang menarik. Dari desa Garung/Butuh ini menuju puncak memakan waktu 8 jam dan untuk turun memakan waktu kurang lebih 5 jam.

SUMBER; WWW.GEOCITIES.COM


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: dZIEL on April 07, 2009, 12:41:49 PM
Pasti Teman2 di Gappala ini sudah banyak Yang pernah ke Gn.SUMBING, atau dekat dengan daerahnya masing masing. yo' silahkan di Share Pengalaman Berbagi Infonya tentang Gn. SUMBING ini ....

Note,
denger Kabar Di jalur Kledung, basecamp yg gak jauh dari pinggir jalan raya (baru), di kembalikan lagi lokasinya agak masuk kedalam di Basecamp dalam dekat rumah2 warga (lama).
apa benar ya ??


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 08, 2009, 10:33:43 AM
RUTE GARUNG

Sebenarnya jalur yang Anda tempuh untuk mencapai ke gunung ini sama dengan perjalanan menuju Gunung Sundoro. Dari Purwokerto naik bus besar jurusan Semarang, melewati Wonosobo, begitu juga sebaliknya. Kalau ke Gunung Sundoro Anda turun di desa Kledung, maka untuk mencapai Gunung Sumbing Anda harus turun di depan gapura desa Garung. Desa ini terletak di jalan menurun arah Wonosobo.
Berjalanlah sekitar 500 meter atau dapat juga naik ojek menuju ke Base Camp. Tidak lama, paling 15 menit berjalanan kaki. Di desa Garung/Butuh ini tidak ada losmen untuk bermalam. Namun, Anda bisa bermalam di rumah kepala desa, sekaligus mendapatkan informasi mengenai Gunung Sumbing. Alamat lengkap Base Camp Garung: STICK PALA ( Satuan Induk Bocah Bocah Karang Taruna Pecinta Alam ). Desa Butuh, Dusun Garung, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak sekitar 8 jam dengan menempuh jarak 7 km. Mulai dari Base Camp Anda sudah menemui lajur yang menanjak. Setelah tanjakan pertama Anda akan melewati kebun sayur, tetapi jalannya tetap menanjak.

Jalur lama udah jarang dipake karena terlalu terjal buat pendakian dan relatif kurang aman. KM IV dimulai dari Bosweisen (batas ladang dan hutan) Kondisi jalan tanah liat dan tanah merah berpasir, di kanan kiri jalur rerumputan dan pepohonan kecil. Perjalanan akan semakin menanjak melewati dua buah bukit yakni bukit Genus dan Sedlupak. Jalan berupa tanah merah berpasir. Kalau lagi beruntung, saat kita masuk hutan, kita bisa ketemu ama setan belanda yg konon badannya tinggi dan bentuknya sangat seram.

Jalur Baru Setelah melewati ladang pertanian sampailah di perbatasan hutan di kawasan Bosweisen (batas ladang dan hutan) yang merupakan batas KM III. Kondisi jalan berupa tanah liat dan tanah merah berpasir. Di sepanjang kawasan ini terdapat beberapa jenis burung dan ayam hutan.

Kemudian melewati hutan pinus, kalau beruntung, apabila naek malam hari kita bakalan ditemenin ama orang yang seusia dan berjenis kelamin sama dengan pakean putih. Kita bakal ditemenin kalau terpisah dari kelompok dan bakal ditemenin sampai gabung lagi sama kelompok. Tapi sayangnya, saat kita ajak ngobrol, dia tidak akan menjawab dan selalu diam.

Setelah menyeberangi sungai di Kedung terdapat Pos peristirahatan Pos I. Perjalanan selanjutnya kita akan sampai di Pos II (Gatakan) pada ketinggian 2.240 mdpl. Di pos ini pendaki dapat mendirikan tenda, dibandingkan tempat lain, tempat ini cukup terlindung dari hempasan angin kencang, disamping itu pendaki dapat mengambil air bersih dari sungai yang tidak terlalu jauh. Tempat ini terkenal keangkerannya, pendaki yang berkemah disini sering mendapat gangguan Sundel Bolong.

Di Pestan (Peken Setan/Pasar Setan) pada ketinggian 2.437 mdpl, terdapat tempat terbuka yang cukup luas, pendaki dapat mendirikan tenda untuk beristirahat. Konon pendaki akan mencium bau semerbak bunga, bila bau bunga ini mengikuti dia, maka ada sosok mahkluk halus yang membuntutinya. Di sini jalur lama dan jalur baru bertemu. Kawasan ini tidak ada pohonnya berupa padang rumput dengan sedikit pohon kecil, sehingga angin kencang sering menerpa tenda. Selain itu pendaki harus waspada karena sering ada badai yang cukup besar dan berbahaya. Kondisi jalan berupa tanah merah berpasir.

Selanjutnya kita sampai di Pasar Watu dimana banyak terdapat batu berserakan. Di depannya dinding batu berdiri. Jalur disini kelihatannya rawan soalnya bener-bener terbuka dengan kanan dan kiri jurang. Pendaki harus mengambil jalan kekiri sedikit menurun mengelilingi dinding batu terjal. Jangan mengambil jalan lurus dengan cara memanjat dinding terjal ini karena jalur ini buntu.

Dengan cara menelusuri sisi-sisi batuan terjal, Kemudian kita akan tiba di Watu Kotak (2.763mdpl) sebuah batu yang besar seperti kotak yang memiliki ceruk, dapat digunakan untuk berlindung dari tiupan angin dan hujan. Di tempat ini ada sedikit ruang untuk mendirikan tenda kecil. Di sini pendaki dilarang buang air di sembarang tempat, karena tempat ini adalah salah satu tempat yang keramat.

Selanjutnya kita akan melewati Tanah Putih, yang berupa batuan kapur. Jalur sangat berat, terjal dan berbatu-batu, sebaiknya berhati-hati karena batu-batu mudah jatuh menggelinding ke bawah baru kemudian sampai di puncak. Untuk menuju kawah ambil arah sebelah kanan sedangkan untuk menuju puncak lurus ke atas. Di puncak gunung terdapat musang gunung yang hidup di lubang-lubang batu di dinding kawah. Musang ini dengan berani mendekati pendaki untuk mencari sisa-sisa makanan.


peta jalur sumbing


RUTE GARUNG JARAK KETERANGAN
KM 1 Dari gapura desa garung ke basecamp, jalan kaki sekitar 15 menit atau naik ojeg
JALUR LAMA
KM 2 Kebun penduduk
KM 3 Kebun penduduk
KM 4 Pendakian akan melewati hutan pinus
KM 5 Melewati bukit Genus dan bukit Sedlupak, jalur sangat curam dan sangat berat
JALUR BARU
KM 2 Kebun penduduk
KM 3 Kebun penduduk
KM 4 Pendakian akan melewati hutan pinus, kemudian menyeberangi sebuah sungai di Kledung
KM 5 kemudian kita akan sampai di Shelter II di Gatakan dengan ketinggian 2240 mdpl
KM 6 Jalur lama dan jalur baru akan bertemu di Pestan, pendaki dapat beristirahat atau mendirikan tenda di sini. Di tempat ini tidak ada pepohonan
Pasar watu banyak sekali terdapat batu-batu berserakan.
Watu kotak, sebuah batu besar berbentuk kotak yang dapat digunakan untuk berlindung dari hempasan angin kencang atau hujan.
KM 7 Dari Watu Kotak menuju Tanah Putih kemudian menuju puncak, memerlukan waktu sekitar 1 jam dengan jalur yang sangat berat dan berbatu-batu. Untuk menuju kawah ambil arah sebelah kanan sedangkan untuk menuju puncak lurus ke atas.


RUTE CEPIT

Dari Yogya naik bus ke Magelang, disambung ke Temanggung, turun di Parakan. Perjalanan di mulai di Base Camp Cepit yang terletak di desa Pager Gunung, kec. Bulu, wilayah Temanggung, Jawa Tengah. Perjalanan terbaik dilakukan pada malam hari sekitar pukul 21.00, sampai di puncak menjelang pagi, sehingga sempat melihat Sunrise dari puncak gunung. Selain itu perjalanan di malam hari dapat menghemat air minum, karena di sepanjang jalur tidak terdapat mata air.
Pertama kali kita akan berjalan selama kurang lebih satu jam melewati kebun sayur penduduk. Kemudian kita akan mendaki sekitar dua jam memasuki kawasan hutan, selanjutnya kita akan sampai di padang rumput. Setelah itu kita akan bertemu dengan Batu Kasur dan Batu Lawang.

Jalur menuju puncak sangat sempit dan menanjak, sehingga sangat melelahkan, kita perlu sangat berhati-hati dan menjaga stamina tubuh. Puncak Gungung Sumbing berbentuk kaldera kecil yang bergaris tengah 800 meter, dengan kedalaman 50-100 m dan beberapa puncak yang runcing. Untuk menuju puncak tertinggi harus turun lagi ke arah kanan dan kemudian naik lagi.

Terdapat lautan pasir, terdapat juga makam leluhur masyarakat setempat yang dikenal dengan sebutan Ki Ageng Makukuhan. Ada beberapa gua salah satunya dikenal dengan nama Gua Jugil yang merupakan gua terbesar. Di kaldera banyak kawah kecil yang berasap belerang. Pemandangannya sangat indah sehingga kita akan merasa enggan untuk meninggalkan puncak tersebut.


RUTE CEPIT
1 Base Camp Cepit
2 Kebun penduduk Lama perjalanan sekitar 1 jam dari Base Camp
3 Kawasan hutan Lama perjalanan sekitar 2 jam
4 Padang rumput
5 Batu Kasur
6 Batu Lawang
7 Kaldera
8 Puncak puncak tertinggi harus turun lagi ke arah kanan dan kemudian naik lagi


www.geocities.com


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Tarzanndeso on April 08, 2009, 11:00:23 AM
akan lebih baik jika ulasan informasi berupa gabungan antara pengalaman pribadi dan informasi yang ada di internet. sehingga yang baca juga ikut terhanyuuuuuuuuuuttt....(mang sungai apa...),

dan tentunya beda.....


dah pernah kesana mas andi..kalo belum hayooookkkkk...ikut dach...


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 08, 2009, 03:13:14 PM
abis dari arjuno,,, aku tunggu kamu zaan di sumbing,,ok

sergaaaaaaaaaaaaaaap :P


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Kitinx on April 10, 2009, 12:28:57 AM
Waktu ke Sumbing Agustus lalu jalur baru malah tidak disarankan oleh warga setempat. Jalurnya memang terus menanjak dari awal. Treknya sangat berdebu bikin nafas sesak. Perkebunan tembakau penduduk merambah sampai jauh ke lereng gunung.

Selepas bukit Sedupak dan memasuki Pasar Setan, medan sangat terbuka sampai ke puncak yang masih sekitar 4 jam lagi. Serba tanggung kalau mau nge-camp sebelum Pasar Setan karena jarak yang masih harus ditempuh untuk summit attack masih jauh, trek yg paling sulit lagi. Di sekitar Watu Kotak hanya ada sedikit tempat buat tenda. Waktu itu hanya ada dua tenda, yg satu punya dua pendaki dari Bandung, yg lainnya punya kami yg mendaki bertiga. Jadi mohon dipertimbangkan baik2 lokasi camp kalo tim Sergap nanti ke sini, apalagi kalo jumlah pesertanya banyak.

Aku juga baca soal keangkeran di sekitar Pasar Watu dan Watu Kotak. Mungkin karena larangan buang air kecil sembarangan itu yg membuat waktu itu banyak botol plastik berisi urine di mana-mana.

Umumnya para pendaki sudah merasa puas sampai di Puncak Buntu. Waktu kami mencoba ke puncak yg sebenarnya, jalurnya sangat curam dan berbahaya. Akan lebih baik kalo teman2 membawa tali kalo berniat ke sana.

Oya, kalo mau ke Sumbing aku nebeng ya, kan searah tuh. Pengen ke saudara kembarnya, SIndoro. Basecamp ke Sindoro juga paling sekitar 1km dari dusun Garung. Ato usulku buat aja judulnya jadi Sergap Sumbing/Sindoro. Hehe. Gimana oom Andi?


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: fahmi on April 14, 2009, 02:39:33 PM
ada yang bilang kalo mendaki ke gn.sumbing ato gn.sindoro di sarankan membawa persediaan air yang cukup, karena mata air di sana katanya susah. Di gn.sumbing masih di temukan satu mata air, setelah itu katanya gak ada lagi sampe puncak. (bener gak ya..?)

ada yang bilang kalo mendaki ke gn.sumbing ato gn.Sindoro harus pintar-2 milih tempat buat nge-camp, dan harus pintar-2 membaca arah putaran angin. Karena tempat nge-camp di atas katanya terbatas, apa lagi dengan jumlah pendaki yang banyak, juga dengan profil dua gunung tersebut yang katanya relatif terbuka, sang Angin pun bisa dengan luluasa membelai secara langsung para pendaki. (hiiiii... dingin dooong)

ada yang bilang katanya, kalo mendaki gn.sumbing sayang kalo gak mendaki ke gn.sindoro sekalian. (walaaah... :-[masih kuat gak yaaa...?? :-\ :-\)

lanjuuut.. :D





Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 14, 2009, 03:45:54 PM


Oya, kalo mau ke Sumbing aku nebeng ya, kan searah tuh. Pengen ke saudara kembarnya, SIndoro. Basecamp ke Sindoro juga paling sekitar 1km dari dusun Garung. Ato usulku buat aja judulnya jadi Sergap Sumbing/Sindoro. Hehe. Gimana oom Andi?

TIM SERGAP GUNUNG SUMBING COMING SOON !!!!
awal bulan mei 2009


untuk sindoro di pertimbangkan ;D


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 14, 2009, 04:32:46 PM
manajemen tim sergap
present,,,

event pendakian ke- 6


TIM SERGAP
GUNUNG SUMBING
2009

keterangan lebih lanjut hubungi :
andi sergap
email /YM/FB/MP : andi_rahadi2005@yahoo.com
HP : 081315166668


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: d' leh on April 14, 2009, 05:54:41 PM
up up up

salam


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 16, 2009, 08:02:37 AM
bro d'leh ikut kaaan ;D

salam sergaaaaaaaaap


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Tarzanndeso on April 16, 2009, 07:29:38 PM
abis dari arjuno,,, aku tunggu kamu zaan di sumbing,,ok

sergaaaaaaaaaaaaaaap :P


mang kapan sech.... ???


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 16, 2009, 10:45:16 PM
pesona sumbing bener merasuki jiwa gw nih,,, sampe kebawa mimpi,,, ::)
gk sabar menuju hari H
salam sergaaaaaaaaaaaaap >:(


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: fahmi on April 17, 2009, 05:06:00 PM
pesona sumbing bener merasuki jiwa gw nih,,, sampe kebawa mimpi,,, ::)
gk sabar menuju hari H
salam sergaaaaaaaaaaaaap >:(


Muantap Bang andi...

Semoga Sukses... ;)

Salam Buat "Sang Bayu"


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 18, 2009, 05:51:25 PM
pesona sumbing bener merasuki jiwa gw nih,,, sampe kebawa mimpi,,, ::)
gk sabar menuju hari H
salam sergaaaaaaaaaaaaap >:(


Muantap Bang andi...

Semoga Sukses... ;)

Salam Buat "Sang Bayu"
terima kasih bung fahmi,,,,, salam sergaaaaaap sumbing !!!!!! :-*


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: ivan on April 18, 2009, 08:05:36 PM
ikut....ikut....
@Andi sergap
tanggalnya udah fixed kan? ::)


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 18, 2009, 09:03:59 PM
ikut....ikut....
@Andi sergap
tanggalnya udah fixed kan? ::)
yep !! dah fix !!!!
siap siap sergaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaap !!!!!!!!!!!!! :P


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: ivan on April 19, 2009, 09:45:27 PM
ok, udah mulai siap2 nih. udah mulai he hypermarket cari logistik yang kbetulan lagi diskon ;D
udah gak sbar pgn naik gunung lagi, padahal bru minggu lalu ke gede. ternyata naik gunung bisa menimbulkan ketagihan :D, kayak heroin.


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 21, 2009, 07:48:44 AM
ok, udah mulai siap2 nih. udah mulai he hypermarket cari logistik yang kbetulan lagi diskon ;D
udah gak sbar pgn naik gunung lagi, padahal bru minggu lalu ke gede. ternyata naik gunung bisa menimbulkan ketagihan :D, kayak heroin.
waaaw,,, mau pake racikan apa lagi gan ??? ;D jgn lupa campuran nutri sari sama kek kita ke gunung salak kemarin gan :D plus bakso :D

bersiap menyambut angin sumbing,,,,
sergaaaaaaaaaaaaaaaaap !!!!!!!!!!!!! :-*


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: catwoman on April 21, 2009, 11:57:19 AM
Nanya2 dong :
Tanggalnya kira2 bersamaan dengan ke Guntur gak y?
Berangkat dr.Jkt nya Jum'at sore, balik Minggu malam kah?
Mo lewat jalur Garung kan? yg pake nyebrang sungai gak?
Makhluk halus n gaibnya bisa disuruh libur dulu gak? Kita kan mo lihat pemandangan alam natural, bukan alam gaib :(


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: ramond22 on April 21, 2009, 11:36:20 PM
wah aku baru selesai turun sumbing bro..

naek 15 april kmren..
sempat camp 2 malam di atas..

kren tuh sunrisenya..
yg penting puncak atasnya broo..

gak da penampakan tuh diatas..
kita naek 3 org aja d puncak 2 hari..

selamat naik aja..
hati2 ja d jalan hehe...


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 21, 2009, 11:41:47 PM
@ ramond..
wah makasi banget atas inpohnya,,, ::)
aku memang telah men-seting pasukan tim sergap untuk langsung sampai / nge-camp di puncak,,,, ;D
karena aku di bawah jam 9 pagi sudah mentargetkan sudah mulai nyergap itu gunung,,,, ;D

besok aku baru mau pesan tiket kereta bolak-balik neh tuk serdadu gapala ;D

salam sergaaaaaaaap ;D


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: ramond22 on April 22, 2009, 12:28:32 AM
@@@@

rencana naik kapan nih....

wah kejar target juga nih...

kita aja naik jam 5 sore...

klo malam pos 2 ga kelihatan tuh sebelah kanan....
kita ja pe ke lewat sebelum puncak pestan...

bte nih..
ada rencana naek semeru ga...? :)


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 22, 2009, 04:49:35 PM
@ ramond
yoi,, kita kudu ontime,,, tepat waktu,, kecuali kondisi berkata lain,,, apalagi peserta fix saat ini tercatat ada 12 orang,,

pasukan bersiap-siap yaaaa,,,,,, kita serbu angin puter di gunung sumbing
SERGAAAAAAAAAAAAAP !!!! ;D


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: dZIEL on April 22, 2009, 05:55:50 PM
Wehhh.... Sumbing Oeyyy..!!!
Semangat Juga Dah... !!


Salam Kangen Buat Pestan (+/-) 2437mdpl, juga Watu Kotak (+/-) 2763mdpl.

wah.. Kalo Pas panen Cengkeh, mantab tuh. :)

salam


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: paman yudi on April 22, 2009, 08:09:09 PM
Sukses selalu untuk bung Andi....

Ini adalah pendakian ke 6 Sergap semoga makin matang dan makin banyak ilmu yang bisa ditularkan ke rekan rekan lainnyan.....

Militansi bung Andi sungguh membuat saya kagum, pastikan gairah tersebut bisa menulari lainnya dalam semangat konservasi dan penjelajahahn...

sukses selalu. Kapan tanggalnya ya?

salam pliket


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 22, 2009, 10:04:04 PM
pendaftaran telah ditutup....


(http://i153.photobucket.com/albums/s231/andirahadi/timsergapsumbing.jpg)

total pasukan tim sergap sumbing : 11 serdadu pendaki gunung sumbing
salam sergap !!!!


by : management tim sergap


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: ivan on April 23, 2009, 07:57:52 AM
wah, pendaftaran udah ditutup.... :o
tapi aku udah terdaftar kan bung andi? ::)


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 23, 2009, 08:02:51 AM
wah, pendaftaran udah ditutup.... :o
tapi aku udah terdaftar kan bung andi? ::)
siip,,, ente pendaftar ke-7 ;D
CIAP CIAP YAA !!!
salam sergaaap !!!


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 23, 2009, 09:05:39 AM
@ PAMAN YUDHI
makasi om atas supportnya,,, pepatah mengatakan,, kalo mau pinter berenang,, ya sering2 lah berenang,,, gk mungkin cuma dapat teori tentang cara berenang ;D

yang pasti,, acara tim sergap yang membawa kulit gapala,, saia adakan juga untuk merekrut member2 gapala yang baru,,, terbukti beberapa member alumni tim sergap sudah membuat account disini dan beberapa sudah mulai posting,,,

krn dalam setiap acara tim sergap,,saia selalu mempromosikan gappala pada angota tim sergap yang baru saia kenal.

tim sergap hanya wadah !!! tujuan tetap gappala jaya !!!

salam sergap !!! ;)


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: paman yudi on April 23, 2009, 04:54:43 PM
Sekedar gambaran buat yang mau ke sumbing, ini gambaran sederhana jalur pendakian Sumbing. Dibagikan untuk para pendaki di basecamp bagi mereka yang memerlukan. Silakan diamati, barangkali ada hadiahnya.

(http://i212.photobucket.com/albums/cc261/setapak/PetaPendakianGnSumbing.jpg)

Buat admin, sorry gambarnya 88.3kb...makan bandwith nggak??
salam pliket.


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 24, 2009, 04:51:40 PM
makasih paman yudhi atas info nya,,, membuat kaki ini semakin gatal ajaa nih,,,,
heheheheh,,,,
menunggu 2 minggu sepeerti menunggu 2 tahun !!!!!!!!!!!

SERGAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAP !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! >:(


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: pilar on April 24, 2009, 05:24:41 PM
makasih paman yudhi atas info nya,,, membuat kaki ini semakin gatal ajaa nih,,,,
heheheheh,,,,
menunggu 2 minggu sepeerti menunggu 2 tahun !!!!!!!!!!!

SERGAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAP !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! >:(

hahaha.. masih mendin menunggu 2 minggu seperti 2 thn
kalau daku, satu ariiiii aja.. rasanyaa seabad kekekekekekk...
apalagi 2 thn alamak... :'( :'( :'( :'( :'( :'(


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: ivan on April 24, 2009, 10:29:31 PM
makasih paman yudhi atas info nya,,, membuat kaki ini semakin gatal ajaa nih,,,,
heheheheh,,,,
menunggu 2 minggu sepeerti menunggu 2 tahun !!!!!!!!!!!

SERGAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAP !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! >:(

wah, ternyata bung andi sangat bersemangat....
AYO SERGAP.....


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: paman yudi on April 25, 2009, 10:25:56 AM
makasih paman yudhi atas info nya,,, membuat kaki ini semakin gatal ajaa nih,,,,
heheheheh,,,,
menunggu 2 minggu sepeerti menunggu 2 tahun !!!!!!!!!!!

SERGAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAP !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! >:(

Jangan lupa kibarkan bendera Gappala di puncak batuan Sumbing nan panas menantang itu...!!

aaarhghhhhh..........


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: jenggot on April 25, 2009, 10:36:15 AM
Liat peta nya paman yudi jadi teringat jaman 90an waktu pos pendakian garung masih berada di ujung kampung dan masih dikelola kawan2 stickpala gunung sumbing. Dulu peta itu selalau dibagikan gratis kepada pendaki (ketua rombongan) dan petanya berwarna lho (garis nya hijau & merah) kalo ga salah.

Jalur pun masih via genus tembus pestan. Lalu masuklah kawasan bukit tiada akhir, didaki ada lagi, didaki ada lagi, dst sampai2 bosen sendiri menghitungnya. Selamat mendaki sumbing untuk bung andi SERGAP bersama selusin pasukan2 muda yang fresh dan tentunya masih kenceng melahap tanjakan2 disana. Sukses untuk anda.

Salam.


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: paman yudi on April 25, 2009, 11:14:43 AM
Liat peta nya paman yudi jadi teringat jaman 90an waktu pos pendakian garung masih berada di ujung kampung dan masih dikelola kawan2 stickpala gunung sumbing. Dulu peta itu selalau dibagikan gratis kepada pendaki (ketua rombongan) dan petanya berwarna lho (garis nya hijau & merah) kalo ga salah.

Jalur pun masih via genus tembus pestan. Lalu masuklah kawasan bukit tiada akhir, didaki ada lagi, didaki ada lagi, dst sampai2 bosen sendiri menghitungnya. Salam.


Ya iyaa ini peninggalan 90an dulu, sangat djadul dan naif. Entah sekarang sudah ganti apa belum tu anak2 Stikpalanya. Sumbing emang penuh tipu daya, habis 1 bukit masih nongol lagi di depannya, begitu terus menerus sampe akhirnya mampus kepanasan di puncak yang gersangg..huehehehe,......Moga2 gak ujan, soalnya jalurnya jadi saluran aer...

salam berkeringaaat


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: mis.mr on April 27, 2009, 03:50:43 AM
wahhh semangat bung sergap.
semoga sukses.
take care and bikarepul ;D
salam.


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Kilie on April 27, 2009, 09:11:09 AM
Pengen rasanya ikut...gunung yang dari dulu pengen di daki...hehehe...

Lihat sikon deh...sukses, ya bro!

Jabat Erat...


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 27, 2009, 01:42:55 PM
@ om yudhi
waagh makas om dah diposting nih petanya :p bermanfaat, banget,,dan membuat w makin gk sabar menjelajah di pegunungan wonosobo

@ om Jenggot
siip dah,,, iya nih ane membawa pasukan muda calon member gapala,,, and semoga aja kondisi cuaca baik2 saja,, ::)

@ om wahyu
ngekoot aja broo,,,eheheh,, masih ada tempat dah spesial tuk bapaknya kilimanjaro :D


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 28, 2009, 08:39:49 AM
Sekedar gambaran buat yang mau ke sumbing, ini gambaran sederhana jalur pendakian Sumbing. Dibagikan untuk para pendaki di basecamp bagi mereka yang memerlukan. Silakan diamati, barangkali ada hadiahnya.

(http://i212.photobucket.com/albums/cc261/setapak/PetaPendakianGnSumbing.jpg)

Buat admin, sorry gambarnya 88.3kb...makan bandwith nggak??
salam pliket.
MANTAAAAP SERGAAAP >:(


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: kang_yo on April 28, 2009, 10:44:05 AM
Wah.. bung Andi...
dah fix ya personilnya??


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 28, 2009, 03:25:51 PM
Wah.. bung Andi...
dah fix ya personilnya??


hm,, hub aku aja 081315166668 ;)

salam sergap sumbingggggggggggg ;D


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: ramond22 on April 29, 2009, 11:06:52 PM
(http://photos.friendster.com/photos/09/66/71496690/1_101141329l.jpg)

hayo sergap pe puncak nya broo...


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: ramond22 on April 29, 2009, 11:09:26 PM
(http://photos.friendster.com/photos/09/66/71496690/1_257718819l.jpg)

asik tuh di puncanya hehehe.....

koleksi 17 april tuh....


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: ivan on April 30, 2009, 08:02:48 AM
wow :o
moga2 waktu kesana sergap gunung sumbing cuacanya cerah kyk gitu jg ::)


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on April 30, 2009, 08:15:16 AM
WADOOOOOOOOOOOOOHHHH RAMOOOOOOOOON !!!!!!! >:( >:( >:(

BIKIN GUA GAG SABAR AJA NIH KE SANAAAA !!!!!!!!!!! >:( >:( >:(

CANT HARDLY !!!!!!!! >:(

SERGAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAP !!! >:(


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: ramond22 on May 01, 2009, 01:13:06 AM
wah lagsung di sergap aja bro... ;D

dah ga sabar nih nggu waktunya...
tar terang bulan nih kayaknya d atas...

cuacanya bisa tambah dingin tuh...

siap2 aja bawa selimut kkkkkkkkkk ;D


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on May 04, 2009, 11:02:41 PM
4 hari jelang TIM SERGAP GUNUNG SUMBING 2009 !!!

;D ;D ;D pasukan bersiap yaaaa ;)

SERGAAAAP


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: ivan on May 05, 2009, 07:44:04 AM
4 hari jelang TIM SERGAP GUNUNG SUMBING 2009 !!!

;D ;D ;D pasukan bersiap yaaaa ;)

SERGAAAAP


SIAP KOMANDAN........


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on May 07, 2009, 07:43:44 AM
4 hari jelang TIM SERGAP GUNUNG SUMBING 2009 !!!

;D ;D ;D pasukan bersiap yaaaa ;)

SERGAAAAP


SIAP KOMANDAN........

d# sergaaaaaaaaaap p(


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: ivan on May 07, 2009, 08:06:14 AM
menghitung hari............ w^


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: catwoman on May 07, 2009, 08:29:13 AM
Wedeh..semangat sekali Om Ivan x( x( selamat Nyumbing aja deh buat semua peserta,mudah2an perjalanan lancar.
Dah sampai berapa hitungan hari nih..7 lagi ya(pengacau hitungan mode: on) ;D


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on May 07, 2009, 08:33:11 AM
menghitung hari............ w^
yang bener menghitung jam nih x)


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: ivan on May 07, 2009, 08:40:25 AM
Wedeh..semangat sekali Om Ivan x( x( selamat Nyumbing aja deh buat semua peserta,mudah2an perjalanan lancar.
Dah sampai berapa hitungan hari nih..7 lagi ya(pengacau hitungan mode: on) ;D

komandan tim sergapnya tuh yang "sangat" bersemangat, hehe.
kemaren nyalak, bsk mo nyumbing, terus kemana lagi ya....:-)


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: ivan on May 07, 2009, 08:41:51 AM
menghitung hari............ w^
yang bener menghitung jam nih x)

masih menghitung hari bro, kan masih labih dari 24 jam ::)


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on May 07, 2009, 11:30:23 AM
menghitung hari............ w^
yang bener menghitung jam nih x)

masih menghitung hari bro, kan masih labih dari 24 jam ::)
krn gk sabaran aku anggap sehari itu sejam !~ g0


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: ramond22 on May 08, 2009, 12:26:07 PM
yang semngt aja tuh di perjalanan..
mudah2an cuma ketemu i# n gak ketemu h#
hahahaaa.....
sukses tuh untuk pendakiannya.... w# ;D


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on May 08, 2009, 05:45:29 PM
!~ BERSIAP SERGAAAAAAAAAAAAAAAAAP SUMBING !!!!!!!!!!!!!!1 g0


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: catwoman on May 12, 2009, 11:39:59 AM
Hai..hai... |#
Yang Sergap Sumbing gimana kabarnya? Ditunggu catper n foto2nya ya.. x)


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Krupoek_MLarat on June 11, 2009, 01:54:45 AM
Manteb lah sumbingnya ndan...sumangaddd x)


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Gembel on June 20, 2009, 06:13:37 PM
kog g ada kabar Sumbingnya yaaaa.... jangan2 pada nyasar


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Andi SERGAP ! on June 20, 2009, 09:18:45 PM
foto2 TIM SERGAP SUMBING 2009
http://andirahadi.multiply.com/photos/album/34/TIM_SERGAP_GUNUNG_SUMBING_2009 (http://andirahadi.multiply.com/photos/album/34/TIM_SERGAP_GUNUNG_SUMBING_2009)


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: sandal_bakiak on June 24, 2009, 04:52:23 PM
wah..wah..wah...!!!
mang TOP BGT dah bang andi SERGAP...!!!
pasten pun uda di lewatin neh...!!
salut dah...!!!

n$


Title: Re: GUNUNG SUMBING,,,,,
Post by: Willy SERGAP on November 20, 2009, 03:56:03 PM
Kroser Petani dari Gunung Sumbing


Rabu, 4 November 2009 | 01:55 WIB
Laporan wartawan KOMPAS.com Fikria Hidayat

Foto lengkap di: KOMPAS IMAGES

SOLIDHIN menggeber gas sepeda motornya, meraung-raung mengitari lapangan sepak bola berupaya membalap empat rekannya yang berada di depan. Aksi kejar-kejaran mereka menjadi tontonan gratis warga lereng Gunung Sumbing di Dusun Garung, Desa Butuh, Kecamatan Kali Kajar, Wonosobo, Jawa Tengah.

Lapangan mini yang dingin disaput kabut sore itu, berubah menjadi arena motokros. Para petani yang memiliki sepeda motor pengangkut pupuk, berkumpul adu tanding kemampuan sepeda motor, balapan, jumping dan zig-zag saling mendahului.

Kegiatan itu rupanya sudah rutin dilakukan para petani khususnya para pemuda setempat untuk mengisi waktu usai rutinitas bertani atau mengangkut pupuk ke lereng Gunung Sumbing. "Saat musim tanam atau menunggu musim panen tembakau, sore hari biasa mereka berkumpul di lapangan, membuat hiburan sendiri dengan balapan motor," terang Habib warga setempat.

Jangan bayangkan sepeda motor para petani tembakau tersebut layaknya special engine seorang kroser sungguhan. Sepeda motor mereka untuk transportasi biasa, bahkan banyak usianya sudah tua yang dimodifikasi untuk medan off-road. Untuk mensiasati medan basah berlumpur, mereka membalut rantai ke roda belakang.

Karung masih menempel di jok sepeda motor mereka, aroma pupuk kandang masih melekat di tubuh mereka, tapi demi hiburan, balapan pun tetap dilakukan.

Sepeda motor berfungsi mengangkut pupuk kandang untuk tanaman tembakau. Mereka biasa mengangkutnya hingga ke ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut menuju areal pertanian yang sedang digarap. Para petani juga bisa menjadi ojek mengangkut pupuk bagi mereka yang tidak memiliki angkutan.

"Berat sekali kalau harus berjalan mengangkat puluhan kilogram pupuk ke atas (lereng gunung), lebih mudah pakai sepeda motor, walaupun sepeda motor tua tapi sudah kita modifikasi, kita juga jadi ojek motor dalam sehari 3 hingga 5 kali naik turun mengangkut pupuk," ungkap Habib.

Petani yang bekerja sebagai ojek menerima upah Rp 5.000 sekali angkut ke lereng Gunung Sumbing. Sekali naik mereka membawa tiga karung pupuk kandang dan turunnya membawa kayu bakar. Tak jarang mereka terjatuh di sisi jurang atau di medan yang lembek, namun syukur hingga sekarang belum pernah memakan korban. "Kita sudah terbiasa bahkan ada juga yang ikut balapan resmi, hahaha..." seloroh Solodhin.

Saat matahari tenggelam di balik lereng gunung, raung sepeda motor para petani itu pun mereda. Mereka kambali ke rumah masing-masing berkumpul bersama keluarga, istirahat dan bergumul dengan dingin yang menusuk. FIA


Editor: fikri

http://travel.kompas.com/read/xml/2009/11/04/01553490/photo.story.kroser.petani.dari.gunung.sumbing


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar yang temen-teman berikan, semoga bermanfaat bagi kita bersama. Salam dari Gappala

 
Site Support : Komunitas Archive Gappala | Komunitas Petualang Indonesia
Copyright © 2013. Gappala Unity - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gappala
Proudly powered by Blogger