Home » » Panduan Mendaki Gunung Mekongga 2.780 Mdpl

Panduan Mendaki Gunung Mekongga 2.780 Mdpl

Komunitas Petualang Indonesia ::

Petualangan Alam Terbuka => Mendaki Gunung => Topic started by: korps citaka on September 10, 2010, 11:45:17 PM



Title: Panduan Mendaki Gunung Mekongga 2.780 Mdpl
Post by: korps citaka on September 10, 2010, 11:45:17 PM
Mekongga merupakan sebuah pegunungan karst yang menyimpan berbagai keindahan dan potensi. Wilayah pegunungan karst tinggi ini, terletak di Propinsi Sulawesi Tenggara Kabupaten Kolaka. Secara geologis wilayah pegunungan ini terbentuk dari atol yang terangkat sekitar ratusan juta tahun yang lalu. Proses ini membentuk kawasan karst dataran tinggi yang sangat indah yang tiada bandingannya di Pulau Sulawesi . Fenomena ini kemudian memberi ruang bagi jenis flora dan fauna yang khas yang kemudian menjadi biota endemic yang hanya terdapat di wilayah ini diantaranya:

1. Anoa dataran tinggi (hewan endemic Sulawesi ), melewati jalur pendakian menuju puncak tertinggi pegunungan ini anda akan menemukan ribuan jejak dan kotoran Anoa, dan jika beruntung anda bisa melihatnya secara langsung. Hampir semua pendaki gunung yang menginjakkan kakinya di puncak gumung Mekongga menjumpai hewan ini.
2. Rangkong Sulawesi, Burung endemic sulawesi yang besar, anda dapat melihatnya terbang dan hinggap di pohon-pohon beringin sepanjang jalur pendakian.
3. Tarsius, hewan kecil yang lincah, suaranya menemani anda di Camp-Camp pinggir sungai.
4. Flora-flora indah, berbagai jenis bunga Angrek dapat anda jumpai sepanjang jalur pendakian, seperti anggrek tanah Sorumeh dengan berbagai warna (khas Sultra), angrek yang menempel dipohon-pohon. Bagi anda pencinta Hoya (tumbuhan gantung) yang berbunga anda dapat melihat Hoya dengan bunga yang besar (merupakan species baru) yang hanya ditemukan diwilayah ini. Anda dapat pula menikmati puncak yang ditumbuhi berbagai jenis pohon Vacsinium dan Medinela dengan keharuman bunganya. Begitu pula berbgai jenis pandan berbunga dan harum.

Apa Tantangan Mendaki Puncak Karst Terindah Ini?

Mendaki puncak tertinggi pegunungan ini, dibutuhkan paling sedikit lima hingga enam hari pulang pergi dijalur yang telah ada. Bagi para petualang sejati kawasan ini menyajikan petualangan yang menantang diantaranya:

1. Menyebrangi sungai Ranteangin yang lebarnya sekitar 20-35 m dengan kedalaman 1-3 m dengan arus yang kuat dan berbatu.
2. Tracking sepanjang hari dengan rute perjalanan pulang pergi menempuh jarak sekitar 60 km mulai dari titik star dengan ketinggian 17 mdpl menuju 2780 mdpl.
3. Survival air, karena puncak-puncak Mekongga adalah bentukan dari batuan karst maka tidak terdapat mata air-mata air disekitar puncak sehingga bagi para pendaki harus membawa persediaan air selama 2 hari, jika tidak anda akan survive dan menunggu hujan turun jika beruntung.
4. Scrambling di puncak-puncak karst yang tajam dengan kemiringan medan yang bervariasi.
5. Caving digua-gua vertical yang belum pernah ditelusuri oleh para caver.

BAGAIMANA SAMPAI DI PUNCAK KARST TERINDAH INI?

Rute perjalanan dan Estimasi Anggaran

Via Pesawat Terbang : Jika anda Warga Negara Asing ( luar Indonesia ) maka tujuan anda adalah ke kota Jakarta ( Bandara International Sukarno Hatta, Cengkareng ). Lalu tujuan penerbangan anda adalah kota Kendari Sulawesi Tenggara ( Bandara Haluoleo ) atau Kota Kolaka ( via Bandara Sangia Nibandera Tanggetada ). Kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan jalur darat kendaraan umum menuju kota Kabupaten Kolaka selanjutnya menuju Desa terakhir ( Desa Tinukari ) atau Base Camp (entry point pendakian).

Jika anda warga Negara Indonesia Luar Sulawesi Tenggara, maka Tujuan Anda Anda adalah kota Kendari (ibu kota Propinsi Sulawesi Tenggara) atau Kota Kolaka ( via Bandara Sangia Nibandera Tanggetada ). Kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan jalur darat kendaraan umum menuju kota Kabupaten Kolaka selanjutnya menuju Desa terakhir ( Desa Tinukari ) atau Base Camp (entry point pendakian).

Jakarta – Kendari , Harga Tiket Pesawat : Tergantung kelas penerbangan dan maskapai penerbangan anda , silahkan kontak dengan maskapai penerbanagan pilihan anda, penerbangan ke kota ini selalu ada setiap harinya .
Jika anda sudah tiba di Kota Kendari, anda kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan jalur darat kendaraan umum menuju kota Kabupaten Kolaka dan selanjutnya menuju desa terakhir atau Base Camp (entry point pendakian).
Ikuti panduan berikut ;
Dari Bandara Haluoleo kemudian menggunakan taksi ke biro perjalanan Kendari – Kolaka ( Hasnur travel yang terletak di bundaran Mandonga Kota Kendari atau langsung ke terminal Kota Kendari), perjalanan memakan waktu 3 – 4 jam dengan jarak tempuh + 165 km, dengan tariff Rp. 50.000/orang. Setiba di terminal Kolaka, kemudian mengambil rute angkutan darat menuju desa Tinukari Kabupaten Kolaka Utara, perjalanan memakan waktu2 – 3 jam dengan jarak tempuh + 99 km, dengan tariff Rp. 50.000/orang.

Jakarta – Makassar – Kolaka , Harga Tiket Pesawat : silahkan kontak dengan maskapai penerbangan Wings Air ( Maskapai penerbangan yang melayani rute ini ) , penerbangan ke kota ini bisanya selalu ada setiap harinya. Setiba di terminal Kolaka, kemudian mengambil rute angkutan darat menuju desa Tinukari Kabupaten Kolaka Utara, perjalanan memakan waktu 2 – 3 jam dengan jarak tempuh + 99 km, dengan tariff Rp. 50.000/orang.

Desa Tinukari atau Base Camp (entry point pendakian).
Desa ini dihuni oleh sebagian suku Tolaki Mekongga yang merupakan turunan dari kerajaan Mekongga dan sebagian lagi masyarakat suku pendatang dari daerah Sulawesi Selatan. Desa ini berada di ketinggian + 17 mdpl. Secara administraif, desa Tinukari adalah wilayah Kecamatan Wawo Kabupaten Kolaka Utara.
Sebagian besar penduduk desa Tinukari adalah petani kakao dan kopra. Di desa ini belum ada penginapan ataupun hotel, namun jika kita ingin mendaki ke gunung Mekongga, kita bisa menginap di rumah bapak Kepala Desa, atau menyewa kamar penduduk setempat dengan tariff berkisar Rp.100.000/orang hingga Rp. 150.000/orang perhari.

DESA TINUKARI – CAMP I
Perjalanan mendaki gunung Mekongga, dimulai setelah menyusuri jalan aspal desa sekitar 100 meter, kemudian menyusuri jalan setapak melewati kebun kakao penduduk. Diperjalanan, anda akan bertemu dengan sebuah sungai ( Sungai Ranteangin ) dengan lebar sekitar 10-15 meter dan arusnya cukup deras dengan kedalaman bervariasi 1-1,5 m yang akan di sebrangi sebanyak lima kali.
Anda akan terus menyusuri sungai dan akan mencapai percabangan Sungai Ranteangin dengan Sungai Aala Mosembo. Di percabangan inilah yang disebut sebagai Camp I. Waktu tempuh di jalur ini hanya sekitar 2,5 jam.
Di Camp pinggir sungai ini biasanya para pendaki mendirikan tenda dan beristrahat untuk menikmati air sungai yang jernih dan pemandangan sekitar. Namun Jika di musim hujan, berhati-hatilah, karena volume air biasa meningkat dan sangat berbahaya jika mendirikan tenda di pinggir sungai. Jika anda tidak ingin mendirikan tenda di tempat ini, anda bisa menuju ke rumah penduduk local yang berkebun kakao yang tidak jauh dari Camp pinggir sungai ( Jumarin House ). Di Rumah pak Jumarin ini biasanya para pendaki juga beristrahat dan menginap. Jangan kwatir, pak Jumarin sudah sangat akrab dengan para pendaki, rumahnya pun gratis, jika anda ingin bermalam di tempatnya.

CAMP I – CAMP II
Selepas daerah sungai atau Jumarin House, kemudian menyusuri jalan setapak dan memasuki hutan ........info lengkapnya klik www.citaka.com


Title: Re: Panduan Mendaki Gunung Mekongga 2.780 Mdpl
Post by: cow on September 11, 2010, 12:55:27 AM
thanks nih atas infonya dah lama dengar nama nih gunung tapi blum sempat kesana ;D


Title: Re: Panduan Mendaki Gunung Mekongga 2.780 Mdpl
Post by: soulsick on October 13, 2010, 08:10:27 AM
woooww !!! ini target selanjutnya . . !!

hehehe


Title: Re: Panduan Mendaki Gunung Mekongga 2.780 Mdpl
Post by: Gembel on October 19, 2010, 05:16:51 PM
woooww !!! ini target selanjutnya . . !!

hehehe


ayo om soulsick kapan kita kesana

jadi ingat waktu ketemu anoa heheheh hampir aja kita di seruduk...untung anoanya kabur kalau enggak dah jadi sate..


Title: Re: Panduan Mendaki Gunung Mekongga 2.780 Mdpl
Post by: soulsick on October 20, 2010, 10:50:19 AM
woooww !!! ini target selanjutnya . . !!

hehehe


ayo om soulsick kapan kita kesana

jadi ingat waktu ketemu anoa heheheh hampir aja kita di seruduk...untung anoanya kabur kalau enggak dah jadi sate..

mudah2an umur panjang taun depan berangkat ke sana, ke kerajaan jin mekongga,


Title: Re: Panduan Mendaki Gunung Mekongga 2.780 Mdpl
Post by: marvinsitorus on March 28, 2011, 10:33:26 AM
wah tq info nya gan ...


Title: Re: Panduan Mendaki Gunung Mekongga 2.780 Mdpl
Post by: Arlam on April 28, 2011, 11:03:44 PM
info yg sangat berguna............................

makasih ya gan......................

[[peace]] [[peace]] [[peace]]


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar yang temen-teman berikan, semoga bermanfaat bagi kita bersama. Salam dari Gappala

 
Site Support : Komunitas Archive Gappala | Komunitas Petualang Indonesia
Copyright © 2013. Gappala Unity - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gappala
Proudly powered by Blogger