Home » » Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor

Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor

Komunitas Petualang Indonesia ::

Petualangan Alam Terbuka => Mendaki Gunung => Topic started by: liar on July 09, 2007, 12:45:53 PM



Title: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: liar on July 09, 2007, 12:45:53 PM

Hirup Belerang, Enam Siswa Tewas

Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
JAKARTA - Liburan berubah petaka kembali terjadi. Kali ini, hal itu menimpa siswa SMP Negeri 67, Jalan Minangkabau Dalam 3, Setiabudi, Jakarta Selatan. Dalam ajang outbound perkemahan perjusami (perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu) yang diadakan di Gunung Salak, Bogor, lima siswa dan seorang alumnus tewas setelah menghirup gas belerang di Kawah Ratu gunung itu.

Enam korban tersebut adalah Muhammad Junaidi Kurnia Anapi (kelas 9A), warga Jalan Al Barkah 23, RT 012/04, Tebet; Dian Saputra (kelas 9B), warga Jalan Sahardjo 6, RT 007/07, Tebet; serta Andre Junius (kelas 9E), warga Jalan Rela 1, RT 011/09 Menteng Atas, Setiabudi.

Selain itu, Syarifah Herdiana (kelas 9E), warga Jalan Menteng Wadas Selatan 44, RT 002/02, Pasar Manggis, Setiabudi; Rizki (alumnus) warga Jalan Sahardjo 44, Bedeng, RT 002/09, No 24, Tebet; dan Riska Fitriana, warga Jalan Minangkabau Dalam 31, RT 006/06, Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan. Keenamnya gagal diselamatkan setelah dirawat di RS PMI Bogor, Sabtu (7/7) malam.

Mereka berada di gunung legendaris itu untuk mengisi hari libur. Mereka berangkat ke lereng Gunung Salak pada Jumat (6/7). Menggunakan dua truk milik Polisi Militer Jakarta Selatan, 35 siswa berangkat menuju lokasi. Saat itu, 15 guru pendamping yang juga pelatih ikut serta. "Para siswa diberangkatkan dari sekolah pukul 15.15," ungkap Maman, pemimpin rombongan yang juga guru matematika.

Keesokannya, dipandu Rizki yang juga ketua panitia, 35 siswa tersebut mulai mendaki untuk mencapai Kawah Ratu. Sekitar pukul 12.30, seluruh siswa diperintah beristirahat sejenak sembari menunggu Rizki yang juga alumnus SMP 67 itu memeriksa sekeliling. Aktivis Pramuka SMP 67 tersebut memastikan bahwa daerah yang bakal dilalui aman. "Dia memeriksa turun ke bawah sekitar setengah jam dan balik mengumumkan daerah aman," kata Maman.



Namun, sekitar pukul 13.00, salah seorang siswa yang bernama Syarifah (kelas 9E) tiba-tiba memisahkan diri dari rombongan. Perempuan cantik itu memaksa turun guna mengambil belerang untuk masker di wajahnya. "Jarak aman dari atas ke bawah sekitar 200 meter," jelas pria yang mengaku sangat terpukul atas musibah yang menimpa anak didiknya tersebut.

Sebelum siswi asal warga Jalan Menteng Wadas Selatan 44, RT 002/02, Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan, itu turun, seluruh siswa diperingatkan untuk tidak melewati batas aman. Tapi, tampaknya, peringatan tersebut tidak mengendurkan niat Syarifah untuk memanfaatkan kesempatan mengambil belerang di Kawah Ratu.

Tidak lama setelah Syarifah turun ke kawah, terdengar teriakan meminta tolong. Tiga siswa yang menjadi teman dekat gadis itu langsung turun berusaha merespons teriakan tersebut. Mereka adalah Dian Saputra, Andre Junius, dan Junaidi Anapi. Tapi, nahas, ketiganya tidak sempat menolong. Mereka justru ikut menghirup belerang dalam kawah. Empat siswa yang berada di bawah tersebut langsung lemas.

Tapi, dalam keadaan darurat tersebut, mereka masih bisa berteriak minta tolong. Suasana semakin gaduh. Rizki beserta seorang siswa bernama Riska Fitriana turun ke kawah untuk membantu. Sayangnya, kedatangan kedua orang tersebut juga tidak banyak bermanfaat. Justru keduanya ikut lemas setelah menghirup belerang.

Akhirnya, sekitar pukul 15.00, tim SAR mengevakuasi keenam korban tersebut. Saat dibawa, mereka sedang tidak sadar. Setelah dirawat sementara, sekitar pukul 19.00, baru mereka dievakuasi ke RS PMI Bogor untuk dirawat intensif. "Para korban terlambat dibawa karena komunikasi yang tidak stabil. Katanya di sana tidak ada sinyal," jelas Kepala Sekolah SMP 67 Purwati Rimun.

Hingga pukul 00.00, dilakukan operasi terhadap dua siswa yang masih selamat. Yakni, Andre Junius dan Dian Saputra. Namun, dua siswa tersebut tidak berhasil ditolong dan mengembuskan napas terakhir menyusul keempat temannya.

Mendengar kabar musibah rombongan siswa SMP 67 saat outbound di Gunung Salak tersebut, Plh Kasie Dikdas Kecamatan Setiabudi Maria Iski meluncur ke RS PMI Bogor untuk mengevakuasi jenazah. Berbekal surat persetujuan dari kepala sekolah SMP 67, dia berangkat ke tempat persemayaman para korban.

Keributan sempat terjadi di antara orang tua siswa yang ikut menjemput jenazah di RS PMI Bogor. Sebab, lambannya pihak sekolah mengevakuasi korban membuat para siswa tidak tertolong. Apalagi, orang tua siswa menuntut segera bisa membawa jenazah ke masing-masing rumah duka. Tapi, pihak rumah sakit belum bisa melepas sebelum ada surat resmi dari sekolah.

Baru setelah Maria tiba di RS PMI Bogor, keenam jenazah itu boleh dibawa pulang keluarganya. "Rencananya dibawa ke sekolah. Tapi, orang tua siswa menolak agar bisa dibawa ke rumah masing-masing," ujar Purwati.

Menurut pengakuan korban selamat, Mei Jariyanti Naimah Wati, dirinya sempat ikut menolong Syarifah. Namun, akhirnya dirinya juga ikut tidak sadar diri. "Saya pingsan sekitar setengah hari. Baru pukul 21.00 sadar," katanya saat ditemui di rumahnya.(aak/jpnn)


di kutip dari jawapos


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: hijjau on July 10, 2007, 08:39:37 AM

Turut berduka cita atas musibah yang menimpa rekan2 kita disana, semoga ini menjadi pelajaran yg berharga buat kita semua, dimana alam bukan temat untuk bermain-main tanpa pengetahuan kita mengenai teknik dasar alam bebas.
Kenali daerah2 yang akan kita kunjungi dan selalu waspada dalam melihat gelagat alam.


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: djoko on July 11, 2007, 01:06:58 PM

APA YANG SEBAIKNYA KITA LAKUKAN JIKA BERADA DISEKITAR KAWAH ( SUMBER ) GAS BELERANG ?

01 Rule terbaik adalah menghindari ( tidak mendekat ) area tsb.
02 Kalau terpaksa ( mendaki gunung yg punya kawah / sumber gas belerang ) perhatikan jam/waktu pendakian. Itu sering berkaitan dengan pola arah angin. Hindari pendekatan disaat angin mengarah ke route anda. DENGARKAN ( ikuti ) nasehat penduduk setempat. Mereka sudah memiliki "kebijakan lokal" ( sense ) terhadap lingkungannya.
03 Bawa kacamata plastik untuk pendaki/outdoor atau kacamata sepeda motor yang menutup penuh mata. Ada band/tali yg bisa dilingkarkan kekepala/topi/balaclava/helmet. Kacamata ( awak ) "tank" juga OK. "Kaca" plastiknya bening tapi ada yg bisa diganti/dilapis plastik hitam untuk anti glare/silau. Pakai ( siapkan ) terpasang dikepala ketika mendekati wilayah yg diduga ada sumber gas belerangnya.
04 Bawa masker. Pilih masker yg tepat ( untuk gas belerang ). Ada banyak masker yg elementnya bisa diganti-ganti. Masker kimia untuk industri bisa di pakai. Ada bermacam element untuk bermacam bahan / gas kimia. Pilih yang tepat.
05 Kalau misinya lama ( penelitian dsb ) tentu saja masker dan tabung oxygen punngung lebih sesuai. Tapi untuk kegiatan "lintasan sesaat", masker hidung & mulut aja sudah OK. Kacamata yg disebut diatas dipakai terpisah diatas masker gas belerang.
06 Ada juga masker pernapasan yg jadi satu dgn kacamata ( model mask/topeng ).
07 Apa yg harys anda lakukan jika pendakian/perjalanan anda , anda tidak membawa/memiliki perlengkapan diatas ? Kalau anda menengarai sedang memasuki area yg mungkin ada sumber gas belerangnya, basahi saputangan anda ( tourniquet bisa juga dipakai ). Kalau ada , pakai lebih dari 1 lapis penutup hidung & mulut yg basah tsb. Ingat , penutup darurat tsb. bukan solusi terbaik. gas masih bisa tembus, tapi selama cukup basah , penutup tsb cukup mereduksi sementara. Jika teridentifikasi ada bau belerang, segera tinggalkan tempat dengan tetap memakai penutup basah tsb.
08. Kendalikan perasaan/emosi ( takut/panik ) anda. Emosi ketakutan anda bisa mempercepat detk jantung dan tarikan/hembusan napas dan sedotan kuat itu bisa jadi malapetaka.
Atur/stabilkan napas anda dan bernapaslah dengan lebih pelan ( kendalikan !! ) dan segera tinggalkan tempat.

Djoko Haryono/A-008


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: dZIEL on July 11, 2007, 01:16:36 PM

Turut berduka cita juga atas meninggalnya kawan2 dari pramuka smp67.
semoga diterima disisiNya dan yang ditinggalkan dapat ketabahan hati yang iklash.
amien,,,

gw jd teringat 3 tahun lalu, kisah (kawan gw) Jureck yang sekarat dan buta sementara beserta kawan2 dari cengkareng dg 1 korban meninggal di kawah ratu.
Dengan inensitas kawah yang menguapkan gas secara terus menerus bertemu dg guyuran hujan,meghasilkan uap gas belerang yang keras, juga secara visual bisa kita lihat uap kabut tsb lebih tebal/pekatpastinya,

sangat butuh kewaspadaan untuk kawasan kawah ratu, apalagi di musim hujan. di harapkan petugas setempat lebih persuasif aktif menyampaikan larangan tsb kepada pengunjung. begitu juga para pengunjung yang akan melaksanakan kegiatan disana, agar lebih waspada akan bahaya tsb.

saran gw:
•hindari Ngecamp di area kawah
•prepare 'sikon(cuaca) saat melintas/berada di kawah, usahakan jangan pada malam hari.
•berada dikawah seperlunya saja.

thx, koreksi kalo salah. ;)


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: GENDON on July 11, 2007, 01:24:22 PM

Ya gimana lagi Ziel ...
Biar kata udah di larang, diperingatkan, dan di kasih tau,tapi kalo ud di panggil ma Om NASIB, ya mau gimana lagi ...
Makanya jadi orang jangan pada kaya Om TEKAK ....


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: jenggot on July 11, 2007, 01:25:09 PM

agree with dziel...

don msh idup lu?


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: GENDON on July 11, 2007, 01:27:11 PM

Alhamdullilah masih sehat wal afiat, tanpa kekurangan sesuatu apapun kecuali duit ... hihihihi ...
Badan gue doang yang rada pegel2 ...
Abis bikin rekor MURI sih ...


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: dZIEL on July 11, 2007, 01:30:54 PM

bikin rekor muri apan bos?
om jenggot Om TEKAK sapa tuch? ??? ;D


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: jenggot on July 11, 2007, 01:34:11 PM

lagian dah tua lu masih gelantungan aja.....

hehehe...... om TEKAK paan dziel


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: dZIEL on July 11, 2007, 01:36:44 PM

bos GENDON???... TEKAK apaaan tuch???


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: GENDON on July 11, 2007, 01:48:39 PM

Tanya aja ma ade,tekak apaan sih ? Gidah tanya ...


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: jenggot on July 11, 2007, 01:49:32 PM

gw ga ikutan ya.......

yang ikutan dziel ma gendon doang lho de.....



Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: GENDON on July 11, 2007, 01:52:25 PM

Nggot :
Gue bukan gelantungan, tapi mecahin rekor mijetin orang rame2 di pantai ...
Kalo mas Harun nya Om Joko, baru rekor gelantungan ...
hihihiih ....


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: jenggot on July 11, 2007, 01:54:06 PM

pantesan tukang mijet pribadi gw minta cuti 1 bulan.....


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: ade on July 11, 2007, 01:56:34 PM

.. kayaknya om gendon bakalan butuh 3 tk pijet,deh... Yakin gw.. ;D


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: dZIEL on July 11, 2007, 04:25:25 PM

bikin rekor muri apan bos?


ada yang bikin pendakian buat muri, 5000 pendaki neh...
tujuan ceremai, bukannya dah gundul tu gunung?
trus ape rasanye kalo 5000 orang naek bareng????? ??? :o


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: Ho Chi Minh on July 11, 2007, 05:32:37 PM

Turut berduka cita atas kejadian yang menimpa adik2 kita..

Thanks to ki DjOko for tips & info, say hallo to mas Gendon, AA jengGot, Kang dziEl, mba alTo..
Selamat sore semuanya..

Pendakian 5000 org repot kalu ya..
Tapi kalo camporee 5ooo org possible dhh kayaknya..


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: dZIEL on July 11, 2007, 05:43:39 PM

hallo juga Bapak.EWIN . sorry tuch sms nganggur, hp gw mati setelah dapet sms dari ente bro,
btw maksudnye "Tapi kalo camporee 5ooo org possible dhh kayaknya...???


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: jenggot on July 11, 2007, 05:44:53 PM

ya sih mungkin bisa jadi bedebu juga jalurnya.....
yang 15-18 agustus itu kan acaranya ?

tapi bener kata posting sebelumnya kalo Pemecahan Rekor di ind selalu karena jumlah dan panjang....
"........ paling banyak" dan "....... paling panjang".
ya tapi memang eforia nya masih demikian ya..... nikmatin aja.
tar juga sampe ke ide2 kreatif dan inovatif yang tidak lagi berdasar kepada panjang dan jumlah.



Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: Ho Chi Minh on July 11, 2007, 05:49:05 PM

hihihihihiii.. agree with jenggot..

Kga.. temen2 kita dari PathFinder mo ngadain acara annually di jvn spa, biasanya tiap taon sihh nyampe ampe 5000 org..
Krn pesertanya dari sluruh Indonesia bagian barat..!!

Da ahh.. ngomongin rencana KOPDAR kita aja tgl 14 nanti..!!
gw msh bingung mo ketempat mang idinya..
trus kita ketemuan jam brapa..!!

ntar kalo gw dahh di jvn spa alat komm terbatas..
signal angot2an..
bisa repot nihh bro..!!


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: dZIEL on July 11, 2007, 05:51:58 PM

selaen bedebu, tu jalur bakal lebih lega keliatanye yang menambah kegundulan tu gunung kali ye bro,
tapi, ya gw berharap dg banyaknya jumlah tersebut, ya paling tidak segitu juga jumlah dampak positifnye(atw bahkan lebih)
mang, nikmatin aje..... ;)


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: jenggot on July 11, 2007, 05:54:43 PM

yah telepati kaleee.....
pokoknya kalo bulu kuduk lu berasa dingin berarti yang lain dah sampe di mang idi.....
giliran kopdar temen chat aja six sense nya diaktifin...... :D :D :D

kalo tar malem gw ga jadi berangkat, sekitar jam 19.00WIB 14 juli gw ada di mang idi.


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: Ho Chi Minh on July 11, 2007, 06:10:12 PM

hihihihihiii..

Jadi U nyampe wrng mang idi tgl. 14 July (+/-) 19.00 BBWI..!!?

Kalo DziEl ma toge jam brape yaa..??

Ehh broo (gGot, ZiEl, ge, dll inclde ade).. pas dsaono HP nyalain yaa..!!
Tapi HP gw plsnya Rp. 127,-..
Jadi mohon pengertiannyalahh..

Ggot, kira2 perjalanan dr jvn spa ke cibodasnya (wr mng idi) brp lama yaa..??


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: dZIEL on July 11, 2007, 06:13:34 PM

jalur tengah malem cepet win, kalo masih di bawah jam 2100, siap2 2-3jam kurleb,
btw ga ktmu ape Lounge Ye...??? ;D :D


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: Ho Chi Minh on July 11, 2007, 06:14:50 PM

ketemu bro..
mang special bgt dahh treadnya ade..


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: jenggot on July 11, 2007, 06:17:27 PM

*888#
Sisa pulsa Rp.41 Aktif s/d 18/07/07.
Aktifkan NSP 1212 Tukul Arwana,ketik Ring ON 2374804

*889#
Anda memiliki 3 menit-free, 14 SMS-free.
18 SMS Off Peak, Rp.0 Pulsa Tsel.



Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: Ho Chi Minh on July 11, 2007, 06:20:56 PM

MAling kga ada yg mo ngaku, takut penjara penuh..
orang tajir mana ada yg mo ngaku, takut diporotin..
org kayak jenggot mana mo ngaku pulsa banyak, takut dimintain..

hihihihihii...


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: jenggot on July 11, 2007, 06:21:57 PM

D**C******K


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: Ho Chi Minh on July 11, 2007, 06:23:59 PM

hahahahahaa...

ok dehh.. time limit warnet gw da abis.. ampe ktemu disono dehh..

See at night..


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: dZIEL on July 11, 2007, 06:36:17 PM

gw juga see u di sono dah, smoga lancar dah.... ???


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: toge on July 11, 2007, 08:18:13 PM

eh kopdar dalam rangka apa nih...
gile loe yach mendadak banget bro....
moga2 gw bisa dach...
eh warung mang idi dibelah mana win?..gw kaga tau.. ???
sok ikut banget sich gw... ;D


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: djoko on July 12, 2007, 11:28:15 AM

Wah kayaknya lagi banyak kegiatan ya ? Maaf klo saya kurang gaul , Kopdar apaan sih ( kalau disini saya sering lihat tulisan KopMar atau KoArmatim ). Kayaknya acara meeting/rapat anggota ( tingkat ) Daerah ya ? Selamat berdiskusi ya ( kalau memang sedang ada kegiatan tsb/Musda ? ).

Saya sendiri sebetulnya pengin kenal tatap muka , FIS TO FIS istilah Tukulnya ( bukan face to face ) ama teman-teman Gappala pada cuti akhir minggu ini dimana saya berencana ke famili di Jakarta ( klo nggak salah Gappala ngeposnya di Jakarta atau Bekasi khan ? maaf klo keliru ) sekalian rencana 2-3 hari nyempatin nemuin acara kumpul-kumpul teman-teman AMC Korwil Jakarta/Jabotabek.

Tapi apa daya, mendadak ada tugas kantor pada hari-hari tsb. sehingga saya terpaksa batalkan rencana cuti saya. Bukan cuman ke keluarga adik yg batal, tapi saya juga nggak jadi nimbrung ke acara teman-teman.

AMC ( Korwil ) Jakarta kadang punya acara kumpul-kumpul sendiri. yang dari Pusat/malang malah jadi tamu mereka. Jum'at ini yg dari luar kota akan menginap di ( apartemen ) Rasuna Said/Kuningan supaya Sabtu pagi bisa cepat kumpul. Sabtu pagi sekitar jam 7 mereka akan kordinasi dan kumpul dari kantor/Gedung Surveyor Indonesia Jl. Gatot Subroto untuk berangkat ke Puncak ( Evergreen ). Nggak tahu mau berangkat jam berapa sebab mereka berusaha bisa kordinasi/bareng dgn. teman2 yg akan tiba dari luar jawa. Kalau "nggak nyambung" ( ada delay dsb ) ya mungkin ke puncak berangkatnya terpecah jadi 2 a 3 kloter.

Acara mereka informal kok. Kalau ada bahas organisasi, itu cuman sambil lalu. Acara mereka acara "kumpul nyanyi2" dan mendekatkan/mempererat generasi anak2 nya -itu kalau/disaat anak2nya mau ikut. Seringkali kalau pas liburan mereka juga kadang lebih milih kumpul teman sekolahnya daripada ikut ajakan babe-. Waktu kumpul informal gini, sudah umum/biasa ada teman organisasi lain muncul. Kita open untuk itu.

Kalau ada yg suka nimbrung & suka kenalan, silahkan aja. Pintu kita terbuka ( tapi saya nggak ngabari khusus teman2 saya yg mau ngumpul. Buat kita biasa kok kalau tiba2 ada tamu dadakan ). Tapi aggota kita yang muda-muda mungkin ( mungkin lho ) nggak terlalu banyak yg join karena mereka sedang sibut buat persiapan untuk di Padang nanti. Yang ngumpul mungkin yang umurnya antara 25 - 50 an tapi soal guyon/becanda nggak kalah ama yg muda.

Sayang saya nggak bisa ikut.

Djoko H.


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: hijjau on July 13, 2007, 10:38:41 AM

Aduh maaf beribu maaf sebelumnya, sepertinya saya 'nggak bisa ke cibodas tgl 14 ini.
Memang rencana sebelumnya ingin sekali kesana dgn berbagai alasan.
Namun rencana tinggalah rencana, ternyata masih ada Sang Pengatur Rencana.

Insya Allah lain waktu dan kesempatan saya bisa ketemu dan kumpul bareng rekan2 di komunitas forum gappala ini.

Sekali lagi saya minta maaf


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: djoko on July 13, 2007, 03:49:41 PM

Bang Hijjau yang baik, bang Gendon , Ade yg baik , Mas Jenggot yang kritis. Dziel, Ewin dll yg juga menyenangkan. Kayaknya saya perlu ambil cuti bentar dari Forum.

Menyenangkan sekali di Forum ini. tapi saya pengin cuti dulu. Sorry ya ( dan sayang ) kalau kemarin-kemarin saya agak nggak fair, terlalu banyak menimba dan mendapat/mengambil ilmu dari forum ini tanpa saya bisa memberikan sesuatupun yang ada manfaatnya untuk teman-teman yang baik. Juga rasanya gaya bahasa/penulisan saya yg terlalu open apa adanya mungkin bisa menjadi agak sulit diterima. Kelemahan/keburukan etika saya itu semoga tidak mengganggu teman-teman yang baik.

Saya cuti bentar ya. Semoga 2-3 hari saya bisa kembali lagi bergabung. Selamat bekerja , selamat berkreasi. Thanks atas semuanya.

Bravo Gappala !!


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: dZIEL on July 13, 2007, 04:06:33 PM

Menyenangkan sekali di Forum ini. tapi saya pengin cuti dulu. Sorry ya ( dan sayang ) kalau kemarin-kemarin saya agak nggak fair, terlalu banyak menimba dan mendapat/mengambil ilmu dari forum ini tanpa saya bisa memberikan sesuatupun yang ada manfaatnya untuk teman-teman yang baik. Juga rasanya gaya bahasa/penulisan saya yg terlalu open apa adanya mungkin bisa menjadi agak sulit diterima. Kelemahan/keburukan etika saya itu semoga tidak mengganggu teman-teman yang baik.

Bravo Gappala !!

BRAVO JUGA BUAT OM Djoko...
ga ada yang ga FAIR koq om, malah kita2 banyak dapet pelajaran dr berbagai pengalaman om...
smoga EVERYthings its ok om..

Btw,met cuti om,,, jng lupa..'oleh oleh.... ;D :D (dasar dziel.. bzanda aza,,, ;D)


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: GENDON on July 13, 2007, 04:11:35 PM

Ojo suwe-suwe Om ...
Sampean iku ngangeni ...
Matur sembah nuwun atas segala info, tips, ilmu yang telah Om berikan kepada kita semua ...
Dan itu pasti berguna bagi kita semua ...


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: adien on July 14, 2007, 01:32:00 AM

ane juga mo berbelasungkawa atas meninggalnya beberapa murid dari smpn 67 jkt....
memang yang namanya kawah berbahaya bangget aplg pas msim ujan hawa kawah jd lebih berbahaya karna tercampur dgn zat asam yang ad pd air hujan mangkenye kl bisa jgn nge camp dkt kawah sprti apa yang sudah dikatakan oleh bpk.Dziel...

wah kynye enak nich mo pd ktmuan dicibodas,,,,kr2 ane boleh ikut ga???kl ga?
ya.............kbngetan kaleeeeeee,......


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: toge on July 14, 2007, 02:41:26 PM

wah dien lo ikut aja datang yach...kalo gw tau dach dateng pa kaga...lagi ada hajatan nih...
kalo ngga bisa mungkin lain waktu bisa kali yee..beribu kali maaf yach tuk semuanya...


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: koko on July 13, 2008, 12:08:20 PM

APA YANG SEBAIKNYA KITA LAKUKAN JIKA BERADA DISEKITAR KAWAH ( SUMBER ) GAS BELERANG ?

01 Rule terbaik adalah menghindari ( tidak mendekat ) area tsb.
02 Kalau terpaksa ( mendaki gunung yg punya kawah / sumber gas belerang ) perhatikan jam/waktu pendakian. Itu sering berkaitan dengan pola arah angin. Hindari pendekatan disaat angin mengarah ke route anda. DENGARKAN ( ikuti ) nasehat penduduk setempat. Mereka sudah memiliki "kebijakan lokal" ( sense ) terhadap lingkungannya.
03 Bawa kacamata plastik untuk pendaki/outdoor atau kacamata sepeda motor yang menutup penuh mata. Ada band/tali yg bisa dilingkarkan kekepala/topi/balaclava/helmet. Kacamata ( awak ) "tank" juga OK. "Kaca" plastiknya bening tapi ada yg bisa diganti/dilapis plastik hitam untuk anti glare/silau. Pakai ( siapkan ) terpasang dikepala ketika mendekati wilayah yg diduga ada sumber gas belerangnya.
04 Bawa masker. Pilih masker yg tepat ( untuk gas belerang ). Ada banyak masker yg elementnya bisa diganti-ganti. Masker kimia untuk industri bisa di pakai. Ada bermacam element untuk bermacam bahan / gas kimia. Pilih yang tepat.
05 Kalau misinya lama ( penelitian dsb ) tentu saja masker dan tabung oxygen punngung lebih sesuai. Tapi untuk kegiatan "lintasan sesaat", masker hidung & mulut aja sudah OK. Kacamata yg disebut diatas dipakai terpisah diatas masker gas belerang.
06 Ada juga masker pernapasan yg jadi satu dgn kacamata ( model mask/topeng ).
07 Apa yg harys anda lakukan jika pendakian/perjalanan anda , anda tidak membawa/memiliki perlengkapan diatas ? Kalau anda menengarai sedang memasuki area yg mungkin ada sumber gas belerangnya, basahi saputangan anda ( tourniquet bisa juga dipakai ). Kalau ada , pakai lebih dari 1 lapis penutup hidung & mulut yg basah tsb. Ingat , penutup darurat tsb. bukan solusi terbaik. gas masih bisa tembus, tapi selama cukup basah , penutup tsb cukup mereduksi sementara. Jika teridentifikasi ada bau belerang, segera tinggalkan tempat dengan tetap memakai penutup basah tsb.
08. Kendalikan perasaan/emosi ( takut/panik ) anda. Emosi ketakutan anda bisa mempercepat detk jantung dan tarikan/hembusan napas dan sedotan kuat itu bisa jadi malapetaka.
Atur/stabilkan napas anda dan bernapaslah dengan lebih pelan ( kendalikan !! ) dan segera tinggalkan tempat.

Djoko Haryono/A-008
Tul,saya kira rules no satu adalah:"memperhatikan dan memperhitungkan kapan arah angin berbalik!" Seperti di traking terakhir menuju puncak Mahameru,seringkali para pendaki yg hanya bermodalkan kenekatan menemui celaka,bahkan ajal karena tak memperhitungkan arah angin yg berbalik atau badai pasir yg biasanya membuat rombongan menjadi terpencar-pencar.


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: cow on August 27, 2008, 11:30:18 AM

ha... haa ngguyu dise' (ketawa dulu)
Dasar wong om- om
berita belasungkawa masih ja becanda
:D :D :D ;D ;D :P


Title: Re: Terjebak di Kawah Ratu Gunung Belerang Bogor
Post by: liar on August 27, 2008, 03:05:58 PM

ha... haa ngguyu dise' (ketawa dulu)
Dasar wong om- om
berita belasungkawa masih ja becanda
:D :D :D ;D ;D :P


necch tread perasaan da dari tahun yang lalu dech ??? ;D ;D


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar yang temen-teman berikan, semoga bermanfaat bagi kita bersama. Salam dari Gappala

 
Site Support : Komunitas Archive Gappala | Komunitas Petualang Indonesia
Copyright © 2013. Gappala Unity - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gappala
Proudly powered by Blogger